3/15/2017

5 Cara Simpel Mengatasi Rasa Malas Saat Belajar

5 Cara Simpel Mengatasi Rasa Malas Saat Belajar | Belajar merupakan kewajiban kita sebagai siswa yang bersekolah. Walaupun ada yang belajar hanya saat akan diadakan ujian saja, ada yang setiap hari, ada yang semaunya saja bahkan ada yang tidak suka belajar. Ada yang tidak suka belajar karena kebiasaan tidak belajar. Ada yang rajin belajar karena ingin menguasai pelajaran tersebut. Ada yang belajar jika akan ujian saja atau sering disebut SKS (Sistem Kebut Semalam), biasanya mereka berkata “takutnya lupa lagi kalau dipelajari dari hari-hari sebelumnya”. 

5 Cara Simpel Mengatasi Rasa Malas Saat Belajar

Dengan belajar kita mendapatkan pangetahuan yang lebih luas. Semakin dalam mempelajari ilmu, kita akan merasa semakin bodoh. Belajar juga merupakan hal yang menyenangkan sekaligus membosankan. Itu tergantung pendapat masing-masing. Menyenangkan karena pelajaran yang disukai, guru yang asyik, atau memang hobi belajar. Tidak menyenangkan bisa saja karena suasana saat belajar, tempat belajar atau malas belajar. 

Malas belajar memang penyakit anak sekolah. Ada banyak penyebab siswa malas belajar. Misalnya mood, guru yang tidak asyik, pelajaran yang tidak disukai, tempat belajar dan lain-lain. Berikut adalah tips mengatasi rasa malas ketika belajar.

1. Kembali pada niat awal

Ketika rasa malas itu datang, kita harus mengingat niat awal kita dalam belajar. Pasti niat kita belajar untuk meraih cita-cita bukan? Jika kita mengingat niat tersebut pasti kita akan termotivasi untuk semangat belajar kembali.

2. Harus memiliki partner 

Ini penting bagi kita untuk saling memotivasi, mengingatkan dan membantu satu sama lain. Carilah partner yang benar-benar ingin bekerjasama dengan Anda. Pilihlah partner yang membuat kita nyaman dengannya. Karena jika tidak nyaman, kita juga akan merasa canggung dan malas jika belajar dengannya.

3. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Suasana belajar juga penting untuk membangkitkan semangat belajar kita. Jika suasana saja sudah tidak nyaman dan mendukung, otomatis rasa malas itu pasti melekat. Maka ciptakan suasana belajar yang nyaman bagi Anda.

4. Ketahui pola belajar Anda

Pola belajar setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang visual, auditorial, dan kinestetik. Kita perlu mengetahui pola belajar kita sendiri. Setelah itu gunakan gaya belajar Anda tersebut. 

5. Sering membaca pengalaman orang sukses

Dengan ini, kita dapat lebih termotivasi. Kita bisa mencari informasi tentang pengalaman ilmuwan dan orang sukses lainnya. Kita juga akan lebih tertarik dan ingin mengikuti perjuangan mereka. 

5 Cara Simpel Mengatasi Rasa Malas Saat Belajar

Teruslah mencoba melawan rasa malas tersebut. Karena tidak ada yang sekali mencoba langsung berhasil. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat dan dapat memotivasi kita semua.

5 Cara Simpel Mengatasi Rasa Malas Saat Belajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MotivasiBelajar.com

0 komentar:

Posting Komentar