6 Tips Belajar Efektif yang Perlu diTerapkan Dalam Keseharian Kita

6 Tips Belajar Efektif yang Perlu diTerapkan Dalam Keseharian Kita
6 Tips Belajar Efektif yang Perlu diTerapkan Dalam Keseharian Kita | Belajar sama dengan menuntut ilmu. Banyak belajar berarti banyak pula ilmu yang didapatkan. Banyak sekali pelajar yang belajar tetapi mereka tidak paham apa yang mereka pelajari. Padahal lebih baik belajar sebentar tetapi mengerti daripada belajar berjam-jam tetapi nihil hasilnya. Itulah yang disebut dengan belajar efektif.


Dengan belajar kita bisa bertambah wawasan, menambah ilmu dan sadar bahwa diri kita itu bodoh. Tetapi dengan meninggalkan belajar apa yang kita dapat? Nol besar hasilnya.

Dulu orang tua sering berkata : “Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu dan belajar sesudah dewasa bagai mengukir di atas air”. Dari pesan orang tua diatas bermakna belajar diwaktu kita masih kecil itu penting karena ilmu yang diberikan akan lebih mudah dicerna otak tetapi belajar ketika dewasa akan sangat sulit dipahami karena pikiran sudah bercampur banyak hal.

Dari beberapa pengalaman yang didapat, ada beberapa tips-tips dalam belajar agar menjadi efektif dan tentunya mengerti apa yang kita pelajari sehingga walaupun tidak terlalu lama belajar tetapi hasil yang didapat sangat bermanfaat. Berikut ini adalah tips-tips agar belajar efektif

Pilih Waktu Belajar yang Tepat

Waktu belajar haruslah disesuaikan dengan keadaan kita. Jika kita lebih cocok dengan belajar malam ya belajarlah pada malam hari tetapi ingat jangan terlalu malam, khawatir kita akan kesiangan ketika berangkat sekolah besok. Sebenarnya ada waktu yang sangat baik ketika kita belajar, waktu yang pada saat itu kita belajar akan sangat mudah sekali bagi kita untuk memahami pelajaran. Waktu itu adalah pagi hari karena pada pagi hari otak dan badan masih fresh sehingga pikiran pun masih jernih.

Buatlah Nyaman dalam Belajar

Jika suasana gaduh atau berisik pasti pelajaran yang dipelajari tidak akan bisa dipahami. Oleh karena itu aturlah agar suasana belajar menjadi tentram dan nyaman. Jika memang suka mendengarkan musik, pilihlah musik-musik klasik karena akan membuat nyaman dan tentram ketika belajar.

Fokus

Belajar haruslah fokus. Fokus disini adalah pikiran tertuju hanya pada satu permasalahan saja yaitu pelajaran yang kita sedang pelajari. Jangan ketika kita belajar ada sesuatu yang mengganggu seperti sms masuk lalu kita balas sms itu. Itu sama saja seperti kita tidak fokus dalam belajar.

Aturlah Lamanya Waktu Belajar

Belajar tidak perlu lama-lama, cukup 1-2 jam saja dan setiap 30 menit istirahatlah sekitar 3-5 menit agar otak tidak terlalu berat berpikir. Dengan begini belajar pun bisa tetap menyenangkan.

Ulangi Pelajaran yang Dijelaskan Guru Dirumah

Sesudah pulang sekolah usahakan gunakan waktu sekitar 30-60 menit untuk mengulang pelajaran yang dijelaskan di sekolah. Waktu-waktu seperti ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas.

Berdo’a

Berdo’a juga penting, sebelum kita belajar hendaknya kita berdo’a terlebih dahulu agar kita dapat dengan mudah memahami ilmu yang ada atau yang diberikan oleh guru. Dan sesudah kita belajar kita juga harus berdo’a agar ilmu yang didapat bisa bermanfaat dan juga selalu tertanam di otak kita.


Itu tadi sobat sekalian, 6 Tips Belajar Efektif Yang Perlu diTerapkan Dalam Keseharian Kita. Semoga informasi kali ini ada manfaatnya untuk kita para pelajar.
Share This :