3/09/2017

8 Tips Mudah Belajar Efektif [Ala Pelajar Ilham Kurniawan]

8 Tips Mudah Belajar Efektif [Ala Pelajar Ilham Kurniawan] | Sepertinya uda jadi hal yang biasa bagi kita – kita para pelajar kalau belajar materi pelajaran sangat susah masuk ke otak alias mumet. Hal tersebut terjadi karena banyak faktor, bisa Factor Internal (Faktor dalam diri) ataupun Faktor Eksternal (Faktor di luar atau lingkungan).


Dari pada loe–loe semua pada bingung mari kita kupas habis masalah pelajaran yang susah masuk itu. Gue punya beberapa TIPS Belajar Efektif. Ini dia :
  1. Tips yang pertama dari gue adalah belajar pake multimedia seperti belajar sambil dengerin musik, belajar denga tutor bergambar, Belajar sambil nonton film edukasi, dan berbagai multimedia lainnya. Mengapa demikian ? loe pasti akan nanya seperti itu. Jawabannya adalah menurut penilitian otak kita akan cepat bosan atau mudah lelah. mengapa demikian ? karena dalam belajar kita hanya menggunakan sebelah dari otak kita yaitu kita hanya menggunakan otak kiri kita sedangkan otak kita bila tidak seimbang akan mudah bosan dengan menggunakan multimedia dalam belajar kita bisa menyeimbangkan kerja otak sehingga otak tidak mudah bosan dan informasi atau materi yang kita pelajari akan mudah untuk diterima.
  2. Tips yang kedua dari gue adalah belajar sambil ngemil. Loh kok pake ngemil segala ? yaiyalah dalam belajar energy yang kita gunakan sangat banya makanya dalam belajar tubuh kita akan cepat lelah dan kondisi tubuh yang lelah ini membuat informasi yang akan kita rekam atau kita masukan dalam otak kita akan susah masuk. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya kita sambil ngemil atau makan – makanan agar energy yang kita butuhkan dalam belajar tercukupi.
  3. Tips ketiga dari gue adalah banyak mengerjakan soal. Hahaha kalau yang ini mungkin orang banya melakukannya. Dengan banyak berlatih atau ngerjakan soal kita juga dapat sambil beljar missal bila kita ada soal yang tidak mengerti kita akan mencarinya. Nah dengan mencari itu kita dapat sambil belajar dan tentunya dengan demikian materi mudah dipahami.
  4. Tips keempat dari gue adalah jangan pernah kita mengahafal pelajaran, materi atau informasi yang akan kita masukan dalam otak. Loh kenapa gag boleh di afalin ? yak karena menurut penilitian dan pengalaman saya sendiri kalau diafalin materi yang kita terima akan cepat hilang dikarenakan materi yang kita terima dengan menghafal masuk kedalam slot ingatan pendek yang sangat terbatas. Maka kita harus siasati dengan menghafal juga memahaminya. Dengan memahami berarrti materi atau informasi yang kita terima telah masuk kedalam slot ingatan permanen yang kita bisa di ambil lagi atau di review kembali.
  5. Tips kelima dari gue adalah banyak – banyaklah loe nulis atau buat resume (Rangkuman) tentang pelajaran (materi) yang loe pada pelajari. Cara ini harus loe lakuin karena dengan membuat resume atau rangkuman kita bisa belajar sambil nulis. Knp bisa belajar ? bisalah , karena dengan menulis resume kita harus membaca dan kemudian kita tulis dengan cara inilah kita dapat memahami materi yang kita pelajari dan juga resume yang kita buat dapat kita gunakan jika sewaktu – waktu ada ulangan atau tugas atau lomba atau acara lainnya kita dapat menggunakan resume kita yang mencakup poin – poin materi tersebut . praktis dan menyenangkan bukan.
  6. Tips keenam dari gue adalah menantang teman, sahabat, pacar, dan lainnya buat aduan nilai. Wah. Asyik ni, karena dengan menanntang Teman loe, Menantang Sahabat loe, Menantang Juara Kelas lo, dan bahkan menantang pacar loe buat adu nilai bisa bikin loe dan kalian semua termotivasi buat belajar, dengan termotivasinya kita maka kita akan berusaha untuk mendapat nilai terbaik, bahkan otak kita pun akan semangat dan akan lebih mudah untuk menyerap pelajaran yang akan kita pelajari. Mungkin cara ini lebih menantang karena yang kita tantang adalah orang yang pintar tapi pada dasarnya setiap manusia itu sama maka dari itu keyakinan akan membuat semuanya berubah. Cara ini sering saya lakukan dan hasilnya sangat memuaskan, saya dapat mengalahkan pesaing saya yang sangat pintar padahal saya orang yang biasa – biasa saja. Kalian pasti bisa.
  7. Tips ketujuh dari gue adalah banyak – banyaklah berolahraga dan makan – makanan yang bergizi dan hindari dari Narkoba, Narkotika, Psikotropika, Minuman Keras dan makan – makanan yang diralang lainnya, mengapa karena dengan olahraga tubuh kita menjadi sehat dan kondisi tubuh jadi baik sehingga dapat menerima pelajaran dan otak pun dapat menerima informasi dengan baik, begitu pun dengan makanan sehat dapat membuat kondisi tubuh menjadi baik, tapi Narkoba, Miras dll malah dapat membuat tubuh hancur dan kita tidak dapat belajar dengan baik.
  8. Tips kedelapan dari gue adalah banyan beribadah, berdoa dan berbuat amal baik, karena dapat memotivasi kita untuk berbuat baik bahkan dapat mempengaruhi otak dalam menerima informasi. Sehingga kita dapat belajar dengan baik.

Demikian 8 Tips Mudah Belajar Efektif [Ala Pelajar Ilham Kurniawan]. Mungkin bisa membantu kalian semua dalam belajar. Jika ada salah kata pada penulisan artikel ini mohon maaf.

8 Tips Mudah Belajar Efektif [Ala Pelajar Ilham Kurniawan] Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MotivasiBelajar.com

0 komentar:

Posting Komentar