3/13/2017

Belajar Adalah Suatu Kewajiban "Jangan Pernah Malas

Belajar Adalah Suatu Kewajiban "Jangan Pernah Malas | Seperti yang telah kita ketahui dan tak dapat di pungkiri lagi bahwa belajar adalah sebuah kewajiban semua manusia di dunia ini, kita tak dapat menghindar dari aktifitas ini. 

Belajar Adalah Suatu Kewajiban "Jangan Pernah Malas

Kehidupan adalah proses belajar.  Bahkan bagi sebagian orang belajar adalah suatu kebutuhan. Akan tetapi, karena belajar adalah suatu kewajiban, sebagai siswa yang masih harus belajar di suatu lembaga sekolah, terkadang kita sering merasakan bahwa belajar adalah beban yang sangat berat. Apalagi jika di tambah dengan mood kita yang sedang jelek, maka belajar akan terasa membosankan, akhirnya malaslah yang akan menemani belajar kita. Kalau sudah malas, belajar itu akan terasa hambar dan tidak menyenangkan dan alhasil kita tidak akan menyerap pelajaran yang sedang di pelajari.

Untuk menghadapi rasa malas di dalam kelas saat dalam proses belajar, kita harus tau apa yang harus kita lakukan untuk memacu semangat belajar kita. 

Berikut ini tips tips yang dapat saya bagi dengan anda mengenai cara mengatasi rasa malas saat belajar

1. Bila malas datang saat kita akan menuju sekolah, maka yang biasanya saya lakukan adalah dengan sarapan dengan menu atau makanan kesukaan saya, walaupun cuma berupa makanan ringan, itu akan membangkitkan semangat kita. Minimal suasana hati akan menjadi senang, maka aktifitas selanjutnya akan jadi terasa menyenangkan. Namun jika, makanan itu juga belum bisa membangkitkan semangat belajar saya, maka biasanya saya akan diam sejenak untuk merenungkan tentang semua hal, lebih tepatnya sih melamun, karna bagi saya melamum itu bisa me-refresh otak sejenak, sehingga kadang semangat untuk berubah (menjadi lebih bersemangat) datang, tapi harus diatur waktu juga, biasanya paling lama aku melamun untuk me-refresh otak itu sekitar 15 menit, jadi biar gag nyia-nyiain waktu. 

2. Bila malas datang saat sampai di sekolahan maka biasanya saya akan langsung masuk ke kelas, menaruh tas dan bawaan saya, ya biar gag ada beban di punggung, karena biasanya saya malas belajar karena bawaan dalam tasnya berat. Kalau dengan cara itu masih malas, biasanya saya mecari teman yang asyik, seru buat bercanda, dan yang bisa bikin lelucon yang lucu, karena menurutku dengan tertawa dapat membuat semangat kembali. Nah, bila temenku itu juga lagi males buat lelucon, terkadang saya lebih suka mengobrol dengan teman tentang topik-topik yang aku sukai. 

3. Bila malas belajar datang pas lagi pelajaran, maka saya biasanya akan bilang ke guru yang sedang memberikan materi bahwa saya sedang tidak bersemangat belajar saat itu, karena biasanya guru akan memberikan solusi dengan memberikan sedikit selingan berupa games atau dengan alunan nada pendamping belajar. Bila tidak, terkadang saya memberikan usul kepada guru tersebut supaya mengganti tempat belajar, contohnya pindah ke aula, musholla, halaman, atau mungkin taman, karena suasana juga mempengaruhi semangat belajar. Owh iya, usulkan juga pada guru pengajar apabila siswa mendapatkan nilai baik dan tinggi saat ulangan maka guru akan memberikan hadiah, itu juga akan memacu semangat belajar murid. Dan usulkan juga di sela-sela jam pelajaran dalam satu bulan di selingi juga dengan kegiatan nonton film atau pembelajaran outdoor. 

Belajar Adalah Suatu Kewajiban "Jangan Pernah Malas
4. Bila mungkin dengan menggati tempat belajar, tetap saja malas belajar maka biasanya saya akan meminta ijin kepada pengajar untuk di perbolehkan makan dan minum di dalam kelas saat pelajaran, karena dengan begitu suasana hati dan pikiran tidak akan terbebani dengan pernyataan bahwa belajar itu harus serius dan formal. Dengan keadaan relax dan santai maka belajar akan lebih menyenangkan dan lebih bersemangat. Tapi, semua itu (makan dan minum di dalam kelas) juga harus dengan ketentuan perhatian tetap terfokus pada pelajaran, dan sebatas makanan ringan saja.

5. Bila malas belajar di karenakan tidak suka dengan pengajarnya, maka biasanya saya  akan bilang kepada diri saya sendiri bahwa dia itu gag penting, yang aku perluin adalah materi yang di berikan, bukan orang yang memberikan materi itu. Bila memang udah nggak suka banget sama pelajarannya, gag usah liat mukanya liat aja papan tulisnya dan dengerin apa yang dia sampein tentang pelajaran itu. Dan jangan pernah tinggalin pelajaran karena tidak suka sama gurunya, karena itu akan merugikan diri sendiri. 

6. Bila malas belajar pada malam hari saat akan mengulangi pelajaran di sekolah tadi, maka biasanya saya akan makan malam dulu, sejenak mengobrol dengan keluarga, bisa juga membahas tentang belajar yang menyenangkan atau mungkin topik-topik yang menyenangkan atau mungkin tentang kejadian-kejadian yang lucu, untuk sementara relax kan pikiran sejenak. 

Jika malas sudah hilang dan sudah bersemangat belajar maka langsung ambil buku, karena jika kita tunda-tunda lagi maka semangat itu akan cepat hilang dan berganti dengan rasa malas lagi. Namun jika sudah mulai mengantuk maka, tidurlah dulu sejenak, tapi aturlah waktu terlebih dulu sebelum tidur, mungkin dengan menggunakan alarm handphone, nyalakan alarm untuk waktu 2 jam, atau mungkin yang susah bangun, mintalah orang lain untuk membangunkanmu. Dan setelah tidur itu pikiran akan lebih fress. Sebelum belajar ada baiknya sholat malam dulu, biar pikiran benar-benar dalam keadaan tenang. 

7. Bisa juga faktor dari malas belajar adalah kurangnya persiapan seperti, bangun kesiangan atau mungkin tugas dari sekolah belum di kerjakan, jadi sebelum kita tidur, sebaiknya menge-check semua tugas terlebih dulu, jadi apabila ada tugas yang belum di kerjakan masih ada waktu untuk mengerjakannya. Dan ada baiknya juga menyiapkan jadwal untuk besok pada malam hari sebelum tidur, jadi kalau pagi tidak akan terburu-buru. 

Belajar Adalah Suatu Kewajiban "Jangan Pernah Malas

Malas waktu belajar, itu suatu hal yang wajar sih, semua orang pasti pernah merasa malas dan bosan, tapi itu semua dapat diatur dengan pola pikir kita masing-masing. Keberhasilan tergantung dari seberapa besar keinginan kita untuk sukses. Keinginan untuk sukses itu juga harus didasari dengan seberapa kuat kita untuk menggerakkan diri kita melawan segala penghalang yang datang yang akan menggoyahkan semangat juang kita itu, terutama rasa malas. 

“Tanamkanlah dalam diri kita bahwa orang yang malas dan dia menuruti kemalasannya itu dia nantinya tidak akan berhasil dan sukses. Semua yang akan ditabur pasti akan di tuai, maka tetaplah semangat dan terus belajar, agar semua cita dapat diraih. Perubahan besar dimulai dari diri sendiri. Paksalah dirimu untuk bersusah-susah dahulu, dan yakinkan bahwa setelah kesulitan itu pasti kamu akan dapatkan kebahagiaan.” 

Tetap semangat, kejarlah impianmu, karena impian tidak akan berlari menjauh darimu, ia akan tetap menunggumu menggapainya 

Belajar Adalah Suatu Kewajiban "Jangan Pernah Malas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MotivasiBelajar.com

0 komentar:

Posting Komentar