3/08/2017

Belajar Itu Sangat Menyenangkan

Belajar Itu Sangat Menyenangkan | Menyenangkan adalah saat dimana kita merasakan sesuatu yang dapat membuat kita merasakan kenyamanan. Kita sebagai seorang remaja sering kali menginginkan banyak waktu yang kita lewati dengan menyenangkan. Dan untuk mendapatkan hal-hal yang menyenangkan itu kita menjadi sering menghabiskan waktu untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting bagi kita seperti shopping, jalan-jalan ataupun bermain. Dan akhirnya kita lupa dengan kewajiban kita sebagai pelajar yang harus tetap belajar.


Memang kegiatan seperti shopping, jalan-jalan, dan bermain itu tidak salah namun akan sangat merugikan jika kita menghabiskan waktu hanya untuk berfoya-foya dan bersenang-senang saja. Nah, untuk itu kita sebagai pelajar harus bisa lebih pintar dalam membagi waktu dan menghabiskan waktu yang menyenangkan dengan kegiatan yang lebih positif contohnya saja belajar.

Sebagai seorang pelajar biasanya ketika baru mendengar kata belajar saja sudah merasa malas dan bosan untuk melakukannya. Namun jika kita bisa membuat waktu belajar menjadi menyenangkan maka rasa malas itu akan berubah menjadi semangat untuk belajar.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat waktu belajar kita jadi menyenangkan

Yang pertama adalah belajar sambil mendengarkan musik. Sebenarnya belajar sambil mendengarkan musik itu tidak akan mengganggu konsentrasi kita untuk belajar. Malah dengan musik itu akan membuat kita merasa lebih rileks dan nyaman pada saat belajar. Karena jika kita belajar dengan suasana yang terlalu serius malah akan membuat kita menjadi tegang dan inilah yang akan merusak konsentrasi kita.

Yang kedua adalah ciptakan suasana yang kondusif. Kondusif disini adalah suasana yang tidak menimbulkan kekacauan ataupun keramaian. Jika kita belajar diantara orang-orang yang sedang berteriak-teriak atau sedang berkelahi pasti semua yang kita pelajari tidak akan dapat dicerna oleh otak kita karena konsentrasi yang kita miliki telah hilang. Dan biasanya suasana yang seperti itu akan menimbulkan emosi didalam diri kita. Emosi tersebut ada karena ketidaknyamanan yang kita rasakan saat proses belajar dan itu akan berdampak buruk bagi kita. Contoh suasana yang tidak kondusif adalah suasana kelas yang ribut ketika tidak ada guru. Maka dari itu jika suasana didalam kelas sudah tidak kondusif jangan dipaksakan untuk belajar disana. Tapi pergi dan carilah tempat yang lebih kondusif seperti perpustakaan. Yang ketiga adalah buatlah sebuah kelompok belajar. Kelompok belajar bukan hanya akan memperkaya ilmu yang kita miliki namun juga akan menciptakan suasana dan waktu yang menyenangkan untuk belajar.

Didalam kelompok belajar kita tidak hanya bisa saling bertukar informasi tentang pelajaran yang kita pelajari tetapi juga bisa saling sharing tentang pengalaman masing-masing. Dan pastinya kegiatan belajar kelompok akan diselingi oleh canda dan tawa yang menghibur.

Hal ini akan berpengaruh penting bagi proses belajar, karena dengan begitu kita tidak akan merasakan kejenuhan dalam belajar dan pelajaran pun akan mudah untuk dicerna. Dan yang keempat adalah cari metode lain untuk belajar. Metode yang dimaksud ini adalah metode belajar yag tidak biasa contohnya metode belajar dengan games.

Gaya belajar yang itu-itu saja biasanya akan menimbulkan kejenuhan dalam belajar dan memubuat waktu belajar tidak menyenangkan. Tapi bila kita belajar dengan metode games kita pasti akan lebih mudah mengerti dan akan menjadi menyenangkan. Dan yang kelima adalah dengan mencari tempat yang indah dan inspiratif. Contoh dari tempat yang indah dan inspiratif misalnya taman dan alam terbuka lainnya. Jika kita belajar ditaman ataupun dialam terbuka lainnya maka kita akan merasakan kenyamanan karena ditempat itu kita tidak hanya akan terpaku pada buku-buku yang kita bawa untuk dipelajari. Tetapi juga akan menikmati keindahan yang ada disekeliling kita.

Hal itulah yang akan membuat pelajaran yang kita pelajari akan lebih mudah untuk dicerna dan sekaligus kita dapat merefresh otak kita kembali. Otak kita membutuhkan ruang untuk bersantai dan tidak dieksploitasi untuk terus menerus bekerja.


Itu adalah cara-cara yang dapat kita lakukan untuk membuat waktu belajar menjadi lebih menyenangkan. Namun diantara keempat hal diatas ada cara yang lebih ampuh yaitu dengan cara mencintai pelajaran yang akan kita pelajari. Karena dengan kita mencintai pelajaran itu maka apapun yang akan kita lakukan dengan pelajaran itu akan menjadi hal yang menyenangkan. Sama halnya ketika kita menyukai seseorang pasti apapun yang akan kita lakukan bersama orang itu akan membuat waktu kita menjadi menyenangkan.

Semoga semua yang dituliskan disini dapat memberikan manfaat untuk pelajar yang lainnya. Perubahan adalah hal yang dituntut oleh kehidupan globalisasi seperti sekarang ini. Untuk itu jangan sampai kita terpuruk dikehidupan ini.

Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikuti perubahan namun juga dapat mengontrol diri agar tidak salah dalam melangkah. Kehidupan yang lebih baik ada ditangan kita bukan ditangan orang lain. Karena itu jangan buang waktumu untuk kegiatan yang tidak penting. Carilah kegiatan positif dan buatlah waktu belajarmu menjadi menyenangkan.

Belajar Itu Sangat Menyenangkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MotivasiBelajar.com

0 komentar:

Posting Komentar