3/07/2017

Berbagai Cara Untuk Mengatasi Rasa Malas Ketika Belajar

Berbagai Cara Untuk Mengatasi Rasa Malas Ketika Belajar | Melihat dari realita, semakin berkembangnya zaman dan globalisasi serta semakin canggihnya tehnologi dalam dunia pendidikan sehingga dapat mempengaruhi cara belajar siswa serta banyak menimbulkan dampak positif dan negatif.

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan dan penumbuhan karakter bagi setiap individu, terutama bagi perkembangan bangsa dan negara. Sehubungan dengan itu, pendidik perlu dipersiapkan dan dilatih agar berkompeten dan memiliki wawasan yang luas serta memupuk dan mengembangkan bakat dan kreativitas siswa seaca optimal, namun hal itu akan sia – sia saja apabila siswa memiliki rasa malas ketika belajar .

Seringkali, perkembangan teknologi dan informasi yang diciptakan oleh manusia untuk membantu mereka dalam memenuhi aspek– aspek dalam kehidupannya. Namun, sebagian manusia tidak dapat menguasai alat tehnologi dan informasi tersebut ( memanfaatkannya dalam hal positif saja) tetapi justru, alat tehnologi dan informasi itu yang menguasai kehidupan manusia.

Sedikit–sedikit tergantung pada internet . Walaupun ada tugas dari guru langsung download di internet tanpa diawali dengan usaha sendiri terlebih dahulu. Pengaruh globalisasi merupakan salah satu penyebab rasa malas untuk belajar.

Malas adalah suatu perasaan dimana seseorang akan enggan melakukan sesuatu karena dalam pikirannya sudah memiliki penilaian negatif atua tidak adanya keinginan untuk melakukan hal tersebut.

Dampak orang yang malas belajar yaitu:
  1. Banyak waktu yang terbuang sia- sia;
  2. Banyak tugas yang tidak selesai;
  3. Banyak pelajaran yang tidak ia ketahui;
  4. Selalu mendapat nilai rendah ;
  5. Tidak diakui;
  6. Selalu diejek dan di remehkan oleh orang lain;
  7. Tidak percaya diri ;
  8. Selalu mengharapkan bantuan orang lain;
  9. Kurang disiplin; dan
  10. Suka menyontek ( tidak jujur )
TIPS MENGATASI RASA MALAS KETIKA BELAJAR


Ada 4 tips yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa malas ketika belajar yaitu :

Menciptakan suasana belajar

Menciptakan suasana belajar yang baik dan nyaman merupakan salah satu cara yang baik untuk mengatasi rasa malas ketika belajar . Misalnya, mendengarkan musik sambil belajar jika itu membuat Anda nyaman silahkan lakukan , tetapi jangan dengarin musik ketika guru sedang menjelaskan Karena dapat mengganggu konsentrasi dan tidak mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru karena lagi asyik dengarin musik . Mendengarkan musik sambil belajar dapat kita lakukan ketika belajar sendiri.

Memiliki motivasi yang kuat

Memiliki motivasi yang kuat merupakan salah satuh cara untuk menjadi orang sukses, karena ketika muncul keinginan yang kuat maka seseorang akan mengerahkan segenap kemampuannya dan kekuatannya untuk melakukan apa yang tadinya tidak mampu ia lakukan , akhirnya mampu ia lakukan karena memiliki motivasi yang kuat .

Atur jadwal kesibukan ( disiplin waktu)
Pengaturan waktu merupakan salah satu cara yang baik untuk diterapkan agar rasa malas dapat diatasi.

Ada 3 jadwal yang harus dipersiapkan yaitu :
  1. Membuat jadwal kerjaan . Tuliskan hal – hal yang kamu lakukan , kemudian putuskan apa yang harus kamu kerjakan sekang, apa yang dikerjakan nanti, dan apa pekerjaan yang dapat ditunda dulu pengerjaannya.
  2. Membuat jadwal harian/ mingguan .Misalnya waktu belajar, waktu membantu orang tua, waktu les, waktu istirahat, dan waktu tidur.
  3. Merncanakan jadwal jangka panjang . Sebaiknya, Anda menggunakan jadwal bulanan untuj merencanakan kegiatan yang akan Anda lakukan. Jadwal ini juga dapat membuat waktu luang Anda lebih nyaman.
Dengan membuat jadwal, Anda dapat menyadari bahwa banyak waktu yang dapat Anda manfaatkan tetapi selama ini Anda hanya menghabiskan waktu dengan sia- sia.

Berlatih , berlatih dan terus berlatih

Berlatih dan terus berlatih tanpa mengenal putus asa merupakan salah satu cara yang baik diterapkan dalam kehidupan sehari – hari . Kadang kala, seseorang yang telah gagal dalam suatu usaha langsung putus asa, tindakan ini merupakan yang buruk .

Sebagaimana pepatah mengatakan “ Kegagalan merupakan awal keberhasilan “. Jadi, apabila Anda telah mengalami sebuah kegagalan janganlah putus asa tetapi tetaplah berlatih , berlatih dan terus berlatih agar apa yang Aanda cita – citakan dapat terwujud.

Berbagai Cara Untuk Mengatasi Rasa Malas Ketika Belajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MotivasiBelajar.com

0 komentar:

Posting Komentar