Cara Ampuh Mencegah Rasa Jenuh Dalam Belajar

Cara Ampuh Mencegah Rasa Jenuh Dalam Belajar
Cara Ampuh Mencegah Rasa Jenuh Dalam Belajar | Tentu setiap pelajar pernah mengalami yang namanya kejenuhan di waktu belajar.Tak bisa dipungkiri bahwa kejenuhan adalah faktor utama yang menyebabkan banyaknya pelajar malas dalam melanjutkan pelajarannya.Biasanya kejenuhan disertai dengan kebosanan menimbulkan rasa malas dalam belajar.


Mengapa kejenuhan menyebabkan seseorang malas dalam melanjutkan pelajarannya? Karena ketika pelajar tersebut mengalami kejenuhan maka pikirannya biasanya mengalami depresi atau popular disebut dengan kebuntuan pikiran.

Nah apa itu kebuntuan pikiran? Buntu pikiran adalah keadaan yang mencerminkan daya pikir seseorang yang sedang lemah serta sulit berfikir keras,yang disebabkan oleh kejenuhan dan kebosanan yang menimbulkan rasa malas dalam melanjutkan apa yang akan dia lakukan.

Buntu pikiran memiliki banyak dampak yakni menurunkan produktifitas pikiran kamu,menurunkan kinerja otak kamu,dan menghambat jslannya kreatifitas kamu..

Kejenuhan dan kebosanan adalah suatu kesatuan yang bila sudah diderita oleh seorang pelajar maka akan menimbulkan rasa malas pada aktifitas yang sedang dijalaninya.Bila kamu mudah terserang jenuh,maka kamu juga akan mudah terserang oleh rasa malas.

Orang-orang pemalas adalah orang-orang yang selalu mengikuti rasa jenuhnya,sehingga bila kita dapat menaklukkan rasa jenuh kita dapat menyingkirkan segala kebosanan,dan berdampak pula pada kemampuan kita untuk menaklukkan rasa malas.

Tahukah kamu mengapa seseorang dapat menyerah?Karena ia mengikuti rasa jenuhnya.Ya, kejenuhan itu datang kepada siapa saja yang mau bersungguh-sungguh untuk belajar. Jadi,bila kamu mau menemukan cara yang nyaman dan efektif untuk belajar ada kalanya kamu harus menemukan cara menaklukkan rasa jenuh itu terlebih dahulu. Karena dengan begitu, kamu dapat belajar dengan tenang dan dan penuh percaya diri untuk menang.Kita ibaratkan rasa jenuh itu sebagai sebuah virus.Lalu bagaimana kah cara kita untuk menaklukkan virus jenuh yang nakal itu?

Penulis memiliki trik-trik yang ampuh dan jitu untuk menaklukkan rasa jenuh.Dan trik-trik ampuh tersebut dibagi dalam 2 bagian yakni menaklukkan rasa jenuh ketika kita sudah mengalaminya (mengobati) dan sebelum mengalaminya (mencegah). Sesuai pepatah,”lebih baik mencegah dari pada mengobati”,maka ada baiknya kita bahas trik-trik ampuh mencegah rasa jenuh.Mau tau? Silahkan di simak.


Cara ampuh mencegah rasa jenuh, ialah:

Sebelum kamu belajar persiapkan segala sesuatunya ,jangan biarkan dirimu jenuh karena kurangnya persiapan.

Sebelum memulai belajar berdolah,apapun yang mau kamu pelajari berdoalah,sertakan Tuhan dalam setiap perkara-perkara mu dan dalam setiap langkahmu.

Tetapkanlah tujuanmu : Contohnya ketika kamu mau belajar Matematika,tetapkanlah dahulu target yang harus kamu capai ,seperti kamu harus mampu menyiapkan dan memahami 3 bab pelajaran dalam hari ini.Mengapa kamu butuh menetapkan tujuan?Karena bila kamu sudah memiliki tujuan kamu pasti berusaha sedapat-dapatnya meraih tujuan itu.

Pupuklah semangat yang sebesar-besarnya untuk mencapai tujuan itu.Karena dengan semangat kamu dapat membenamkan rasa jenuh kalau-kalau dia datang ketika kamu belajar.Belajarlah dengan semangat,dengan keadaan yang segar,karena kelemahan dari rasa jenuh adalah semangat.Itulah kuncinya.Kamu juga perlu membuat hukuman bagi dirimu sendiri bila kamu berhenti sebelum target tersebut tercapai.

Kamu harus percaya diri sebelum memulai belajar,sebelum rasa jenuh itu datang,katakana lah pada dirimu :”Apa yang kita pelajari sekarang adalah kunci utama untuk membuka pintu kesuksesan dan apapun yang menghadangku untuk belajar, baik itu rasa jenuh,rasa malas,rasa bosan,tak kan aku hiraukan.Aku akan terus belajar sedapat yang aku bisa.”

Ucapkan itu dengan penuh percaya diri,lalu bangkitkan semangatmu hingga menyala-nyala.

Belajarlah dengan santai, senangi pelajaran tersebut agar jenuh jangan sampai jadikan pikiran kamu buntuk

Nah,tadi kamu sudah menyimak cara-cara ampuh mencegah rasa jenuh,sekarang kita akan membahas cara –cara ampuh mengobati rasa jenuh.

Cara-cara ampuh mengobati rasa jenuh

Ketika rasa jenuh itu datang pasti kamu mengalami dilema.Apakah akan menutup buku pelajaran atau melanjutkannya. Bila kamu dalam kondisi seperti itu berpikirlah dengan tenang.Jangan lah langsung menyerah. Di saat itulah kamu butuh mempraktekkan cara ini.Ada 1 cara yang paling ampuh versi penulis sendiri, yang digunakan untuk memerangi rasa jenuh. Caranya? Ingat dan bayangkanlah orang-orang yang kamu cintai dan menyayangimu.Ingat mereka, kenang wajah mereka, lalu dalam hati ucapkan: “Aku harus belajar dan meraih prestasi demi membahagiakan mereka ,dan bila aku menyerah karena rasa jenuh ini aku sudah menyia-nyiakan kasih sayang mereka untukku. Aku harus belajar,aku harus terus belajar,sampai tujuanku terwujud”.Ucapakan dengan nada seyakin-yakinnya.Niscaya kamu pasti bisa semangat kembali untuk melanjutkan pelajaran.

Berdoalah,yakinkanlah diri kamu bahwa bila iblis dapat membuat kamu jenuh,mengapa Tuhan tidak bisa membuat kamu bersemangat?Kalahkan kejenuhan itu dengan bersandar pada keyakinan mu dari pada-Nya,bahwa dengan berdoa kamu dapat meraih kekuatan dari pada-Nya untuk mengalahkan kejenuhan itu

Bila 2 cara di atas belum juga bisa membuatmu meraih tenaga untuk menaklukkan kejenuhan,cobalah kecam dirimu.”Ayo kita harus belajar,bila kita berhenti sekarang,semuanya akan sia-sia, kita bukan pecundang,kita pemenang,ayo kita lanjutkan,dan kalahkan kejenuhan ini”.Kecam dirimu dengan fokus pikiran yang mendalam,kalahkan kejenuhan dengan semangat dan kesadaranmu.

Bila kamu memang benar-benar jenuh,lakukanlah jeda belajar sebentar.Isi lah waktu istirahat kamu dengan kegiatan yang berguna.Penulis sendiri mengisi waktu-waktu jeda sebaik-baiknya dengan hal-hal; positif yang dapat membangkitkan semangat belajar.Contohnya dengarkanlah MP3,putarlah lagu-lagu penambah semangat yang dapat membuat dirimu segar kembali.


Semoga cara-cara ampuh itu bermanfaat bagi kamu,karena penulis yakin bila kamu dapat menguasai cara-cara tersebut,niscaya kamu mampu menjadi pelajar yang tangguh dan berprestasi.Menaklukkan kejenuhan,menjemput kemenangan.

Untuk memantapkan diri kamu mejadi pelajar yang tangguh dan berprestasi, berikut penulis memberikan 10 trik ampuh dan jitu belajar efektif. Yaitu:
  1. Persiapkan segala sesuatunya,mulai dari peralatan tulis,buku,catatan kecil, dan sebagainya yang kamu rasa perlu untuk dipersiapkan.
  2. Jauh-jauh hari kiranya kamu mengatur waktu belajar kamu,agar lebih efektif.Buat catatan/roster belajar kamu agar waktu belajar kamu lebih teratur.
  3. Sebelum belajar kiranya kamu pikirkan dahulu tempat yang kamu cocok sebagai tempat belajar yang tenang dan nyaman.Pemilihan tempat/lokasi belajar sangat diperlukan karena mempengaruhi mood kamu dalam belajar.
  4. Tetapkanlah tujuan kamu dalam belajar,agar diri kamu punya kemauan dan tekad serta usaha dalam mewujudkan impian itu.
  5. Berdoalah sebelum memulai pelajaran apapun yang akan kamu pelajari.Mintalah Tuhan membimbingmu sampai pada tujuanmu.
  6. Gunakanlah trik-trik ampuh dari penulis untuk menaklukkan rasa jenuh yang mungkin dapat kamu rasakan ketika belajar
  7. Di sekolah belajarlah dengan tekun dan sungguh-sungguh.Seusai sekolah pelajari pelajaran yang sudah kamu pelajari sebelumnya dan di malam hari ambil lah buku pelajaranmu untuk esok hari dan pelajarilah agar esok kamu dapat memahami pelajaran dan bisa lebih unggul dari teman-teman kamu lainnya.
  8. Manfaatkanlah waktu luang/santai kamu untuk pekerjaan yang menyenangkan namun positif.Seperti membaca buku cerita,menonton TV,mendengar radio,dan sebagainya.Isilah waktu luangmu dengan hal-hal yang dapat menambah wawasan,walaupun sedikit namun bermanfaat di kedepannya.
  9. Agar suasana belajar kamu lebih menarik ada baiknya juga membentuk kelompok belajar.Ajaklah teman-teman kamu untuk belajar kelompok bersama, selain kamu mendapat suasana yang berbeda,kamu juga dapat terbantu dengan kehadiran mereka.
  10. Belajar kamu selain lebih menyenangkan,juga lebih cerdas.Karena tujuan kita bukanlah untuk belajar lebih keras,namun belajar yang lebih cerdas.
Bila perlu ikutilah bimbingan belajar,untuk membantu kamu lebih memahami pelajaran yang ada di sekolah.Dan bimbingan belajar tersebut juga dapat mendongkrak prestasi kamu di kelas.

Nah,penulis sudah membagi cara-cara belajar efektif serta trik-trik ampuh mengatasi kejenuhan. Semoga kamu dapat memahaminya dan dapat menerapkan cara-cara ampuh tersebut dalam aktifitas belajar kamu.Harapan penulis sendiri semoga pelajar-pelajar di Indonesia dapat menjadi pelajar yang tangguh dan berprestasi.Terlebih dijenjang pendidikan yang lebih tinggi nantinya.

Penulis yakin kamu dapat menjadi pribadi yang berguna bagi nusa dan bangsa. Selalulah berpikir besar,berjiwa besar,dan bertindak besar,maka kamu akan menjadi orang yang besar.Jangan hanya berdiam diri saja,jangan berleha-leha dengan waktu,menanti masa depan dengan tangan kosong,namun wujudkanlah cita-cita, jadilah pribadi yang aktif dan kreatif,dan milikilah keterampilan dan skill yang cukup untuk menyongsong masa depan kelak.

Masa depan Bangsa Indonesia sekarang bergantung pada generasi muda berbakat seperti kamu.Penulis yakin lewat membaca artikel ini,akan ada pemikiran baru, pemikiran yang lebih baik untuk belajar,berusaha,dan menghasilkan hal-hal yang terbaik.

Semoga kamu dapat menjadi andil pendidikan yang berguna,bagi sesama,bagi Bangsa Indonesia.
Share This :