3/11/2017

Membangkitkan Semangat Belajar Dengan Mencintai Pelajaran Apapun

Membangkitkan Semangat Belajar Dengan Mencintai Pelajaran Apapun | Didalam kegiata belajar disekolah, tak jarang kita jumpai hal yang kita tidak sukai atau tidak kita senangi. Baik itu dalam pelajaran atau yang lainnya. Umumnya dari kita tidak menyukai pelajaran ‘Matematika’ . Banyak dari kita membenci pelajaran tersebut dikarenakan rumitnya pelajaran tersebut. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menyukai pelajaran tersebut.


Cara yang pertama untuk mencintai pelajaran tersebut adalah dengan percaya diri bahwa “kita pasti bisa”. Kata-kata tersebut merupakan motivasi dari dalam diri untuk membangkitkan semangat kita dalam belajar. Segala sesuatu harus diawalai dengan niat sebagaimana Sabda rasulullah SAW “innamal a’malu binniats” yang artinya segala sesuatu berasal dari niat. Apabila niat kita telah bulat, tidak ada satu rintanganpun yang tak dapat kita lewati. Setelah kita membulatkan niat untuk sungguh-sungguh dalam mencintai pelajaran tersebut, maka kita haru melakukan cara yang kedua, yaitu kenali, pahami, dan cintai keindahan pelajaran tersebut.

Hal ini adalah salah satu cara yang terpenting dalam kita mencintai pelajaran yang tidak kita cintai. Kita harus mengenal pelajaran tersebut dengan secara menyeluruh. Proses pengenalan tersebut bisa dengan hal yang sangat sederhana yaitu dengan mencari tahu fungsi pelajar tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Contoh, ketika kita memasuki suatu wilayah yang tidak kenal kita dapat menggunakan ilmu sosiologi. Pada saat kita menghitung uang saku kita perhari, kita menggunakan matematika. Sesuai kata pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang, Tak Sayang Maka Tak Cinta”. Apabila telah mengenal dan memahami pelajaran tersebut maka tanamkanlah rasa cinta dalam hati kita terhadap pelajaran tersebut.

Cara lain yang dapat kita terapkan dalam pelajaran yang tidak kita sukai contohnya matematika ialah dengan cara mengerjakan latihan soal-soal. Hal ini adalah proses pendalaman tentang belajar dan termasuk proses memahami. Latihan soal berguna untuk kita memantapkan dalam pelajaran tersebut serta membantu kita dalam pendalaman ilmu.

Cara terakhir yaitu dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kita diberikan kemudahan dalam proses belajar serta pemahanan kita dalam pelajaran tersebut. Cara ini harus kita terapkan sehari-hari sebelum belajar maupun setelah belajar. Apabila kita melupakan cara ini maka ilmu yang kita dapatkan menjadi tidak berkah. Maka dari itu kita harus rajin berdoa dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Apabila semua cara telah dilakukan maka kita harus bersabar dan jangan putus asa dalam mencintai pelajaran tersebut. Sesuatu butuh proses, apabila kita tidak bersabar dalam mencintainya maka kita tidak dapat mencintai pelajaran tersebut. Sama halnya dengan surat Al-baqarah ayat 153 yang artinya “Sesungguhnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar”. Setelah melakukan semua cara diatas, saya yakin pasti kita dapat mencintai pelajaran tersebut sama halnya kita mencintai orang tua kita.

Membangkitkan Semangat Belajar Dengan Mencintai Pelajaran Apapun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MotivasiBelajar.com

0 komentar:

Posting Komentar