3/16/2017

Menjadi Guru Tidak Semudah yang diBayangkan

Menjadi Guru Tidak Semudah yang diBayangkan | Siapa yang ingin bercita – cita menjadi seorang guru? Eits! Tunggu dulu, menjadi guru itu tidak semudah yang dipikirkan. Terutama kalau ada murid yang tidak menyukai kalian. Jangan menyalahkan murid jika dia tidak menyukaimu. Introspeksi diri, mungkin ada yang salah pada caramu mengajar. Ingin tahu cara menjadi guru yang baik? Sebelum menjadi guru yang baik dan disukai murid, simak dulu yang satu ini. Check it out!

Menjadi Guru Tidak Semudah yang diBayangkan

1. Selalu menyapa murid saat masuk kelas

Usahakan saat memasuki kelas, kamu langsung menyapa murid – muridmu. Jangan lupa memberikan senyuman saat menyapa, karena menyapa merupakan salah satu ciri seseorang yang ramah. 

2. Hindari kontak hanya pada satu murid

Guru harus selalu memperhatikan seluruh muridnya. Jadi, jangan terfokus pada satu kelompok siswa tertentu saja. Misalkan, di setiap kelas selalu ada anak yang aktif dan kurang aktif. Jangan terlalu memusatkan perhatian pada anak yang aktif saja, namun juga harus memperhatikan yang kurang. 

Selain itu, berkelilinglah ketika mengajar. Cara ini bertujuan untuk memantau kegiatan murid ketika proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) sedang berlangsung. Sebagai guru, wajib memantau apakah ada ‘acara di dalam acara’ selama jam pelajaran. 

3. Jangan terlalu serius

Serius perlu, namun harus melihat situasi dan kondisinya juga. Murid akan merasa tegang dan atmosfir disekitarnya akan berubah mendung, apabila guru yang datang memasang raut wajah yang terlampau serius. 

4. Menerangkan materi dengan jelas

Dalam mengajar, materi yang disampaikan harus dapat diserap oleh murid dengan mudah. Dalam menerangkan suatu materi, suara tidak pelan, namun tidak terlalu keras, minimal terdengar oleh seluruh murid. Jangan terlalu cepat, karena setiap murid tidak akan bisa mencerna perkataan gurunya yang terlalu cepat dan itu akan membuat murid kebingungan.

5. Selalu update to date

Masalah di masyarakat selalu berubah – ubah. Maka dari itu, kalian harus mengetahui topik yang sedang diperbincangkan. Cobalah sempatkan diri menonton televisi terutama tanyangan berita. Lebih dari itu, kuasailah teknologi, minimal yang paling sederhana. Selain menambah ilmu, juga supaya bisa dijadikan bahan untuk mendekatkan diri dengan murid. 

6. Berikan ulangan sesuai meteri yang diajarkan

Setelah menerangkan pelajaran, pasti ada ulangan sebagai penutupnya. Oleh karena itu, siapkan materi yang dapat dicerna oleh siswa dengan baik. Maksudnya, apa yang diterangkan, itu pula yang diulangankan. Jangan sampai soal ulangan yang diberikan, tidak sesuai dengan apa yang diterangkan ketika mengajar, terutama perlajaran eksak. Itu akan membuat murid kesulitan dalam mengerjakan ulangan tersebut. 

7. Jangan membenci murid

Dan yang terakhir dan yang terpenting, jangan membenci murid. Perasaan kesal pasti ada, apalagi jika menghadapi murid yang nakal, malas mengerjakan tugas, dan sebagainya. Namun sebagai guru yang baik, jangan terlalu menunjukkan bahwa kalian kesal terhadap murid tersebut. 

Jangan menunggu dicintai baru kamu mencintai, tapi belajarlah mencintai maka kamu akan dicintai. Tekan perasaan kesal yang kalian rasakan untuk sementara waktu dan bimbing murid itu dengan sabar. Jika perlahan murid itu berperilaku lebih baik, maka kalian sudah sukses menjadi guru yang baik dalam membimbing anak didiknya. 

VMenjadi Guru Tidak Semudah yang diBayangkan

Jangan menunggu contoh baru kamu bergerak mengikuti, tapi bergeraklah maka kamu akan menjadi contoh yang diikuti. Guru adalah orang tua kedua disekolah. Maka dari itu, guru selalu dijadikan contoh oleh murid – muridnya. Berikanlah contoh teladan yang baik kepada murid kalian kelak, sehingga contoh baik kalian akan diikuti oleh mereka. 

Cukup sekian tips – tips untuk menjadi guru yang baik. Semoga bermanfaat, terutama bagi para calon penerus bangsa yang bercita – cita menjadi guru di kemudian hari. Amin.  

Menjadi Guru Tidak Semudah yang diBayangkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MotivasiBelajar.com

0 komentar:

Posting Komentar