Seperti Apakah Guru Yang Baik Itu

Seperti Apakah Guru Yang Baik Itu
Seperti Apakah Guru Yang Baik Itu | PAHLAWAN TANPA TANDA JASA, sebutan ini sudah tak asing lagi bagi kalangan pelajar dan masyarakat. Ya betul sebutan ini adalah sebutan untuk guru, tapi saat ini sebutan ini sudah tak berguna lagi, sebutan I I adalah sebutan pada zaman dahulu, tapi sekarang sebutan untuk guru telah diganti dengan sebutan PEMBANGUNAN INSAN CENDEKIA.


Kenapa dikatakan demikian, bahwa guru pada zaman dahulu dengan zaman sekarang jauh lebih berbeda dibandingkan dengan zaman dahulu, perbedaan untuk guru zaman dahulu dengan zaman sekarang adalah hasil dari keringat mereka.

Guru pada zaman dahulu ia memberi semua ilimu ilmu mereka untuk kalangan pelajar supaya mereka menjadi manusia yang berguna untuk bangsa dan Negara, tapi mereka takkan mengeluh dengan apa yang mereka lakukan untuk kalangan pelajar.

Berbeda sekali dengan guru pada zaman saat ini, ya mereka juga membagi ilmu ilmu mereka pada kalangan pelajar, tapi mereka akan mengeluh kepada pemerintah jika mereka tak di kasih imbalan, apalagi sampai imbalan telat. Apakah itu yang dinamakan guru sebagai PAHLAWAN TANPA TANDA JASA.

Itulah guru – guru kita pada saat ini berbeda sekalikan sama guru pada zaman dahulu, makanya kita sekarang masih pelajar juga harus meneliti bagaimana guru – guru kita, bukan guru – guru yang yang selalu meneliti kita, tapi kita juga harus meneliti guru kita sifat, tingkah, dan cara cara mengajarnya.

Ya seperti itulah guru zaman sekarang, tapi tak semua guru seperti itu. Dan guru juga harus memberi yang terbaik untuk murid – muridnya, dan guru juga harus menunjukkan sifat – sifat, perilaku cara mengajar di luar maupun di dalam kelas. Dan seperti apakah guru yang baik itu ? ya memang kita sulit untuk mencari guru yang baik itu seperti apa, disinilah q akan memberi tahu kalian bagaimana guru yang baik itu. Adapun menurut saya guru yang baik itu seperti berikut.

Guru yang baik adalah guru yang mampu mengajar, guru yang tahu bagaimana cara mengajar, guru yang kreatif dalam menciptakan suasana belajar yang baik (tidak monoton), guru yang dapat menjadi teladan bagi murid – muridnya, guru yang dapat memotivasi murid – muridnya, guru yang bijaksana, guru yang mau memberi kritik dan saran membangun unutk kebaikan siswa – siswanya bukan malah menjatuhkan.

Guru yang melakukan sesuatu yang terbaik untuk muridnya, memberikan penjelasan yang mudah dipahami, tidak sering marah – marah dan yang terpenting adalah guru harus memiliki sifat penyabar terhadap muridnya.

Guru yang baik guru yang dapat memberi penyatun bagi muridnya, mampu menjadi inspirator bagi muridnya juga dan mau membagikan ilmunya kepada orang lain.

Guru datang tepat waktu, menjelasakan materi dengan baik, dan sabar tapi tegas dan serius dalam cara mengajarnya.

Guru yang akan mengerti keadaan muridnya, maksudnya dalah jika muridnya sama sekali tentang pelajaran apa yang disampaikan maka guru wajib mengulang pelajaran tersebut sampai muridnya mengerti tentang pelajaran tersebut.

Mengerti akan sejauh mana muridnya mengerti pelajaran yang ia ajarkan.

Mampu memahami karakter muridnya, yang peduli dan menasehati serta mengarahkan murid ke rah yang baik.

Mencontohkan diri dan perilakunya sebagai teladan muridnya, mampu menerangkan dengan baik sehingga murid mampu menerimanya dengan baik pula.

Saat muridnya dalam keadaan capek, guru juga harus menegerti akan tugas tidak membebani murid dengan banyak tugas, ada juga unutk saat refresing, jadi ikatannya seperti orang tua dalam sekolah dan juga bisa curhat tentang kesah keluh kita yang kita alami.


Itulah beberapa pesan yang harus guru – guru lakukan atau perhatikan pada siswa siswinya, supaya kelak nanti mereka bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia.
Share This :