3/05/2017

Tips Mengatasi Rasa Malas Saat Belajar

Tips Mengatasi Rasa Malas Saat Belajar | Menurut sumber yang di lansir dari laman ahzami.wordpress.com mengatakan, ada beberapa hal yang menyebabkan kita merasa malas dalam belajar yaitu :


Komunikasi yang tidak Efektif

Komunikasi yang tidak efektif ini bisa antara orang tua dan anak, atau antara siswa dan gurunya. Jika komunikasi antara anak dan orang tua tidak efektif, maka kita sebagai anak akan merasa tidak diperhatikan oleh orang tua, itu menyebabkan kita berfikir bahwa kita tidak perlu belajar lagi, karena orang tua kita tidak akan peduli dengan itu.

Jika komunikasi antar guru dan murid yang tidak efektif, maka murid akan merasa bahwa dia tidak perlu bertanya tentang kesulitan belajarnya pada guru yang bersangkutan, karena ia akan merasa malas terhadap pelajaran itu.

Tak Terbantah kan

Maksudnya yaitu jika orang tua kita menentukan target nilai yang harus kita capai dalam setiap mata pelajaran, tentunya kita akan merasa terkekang dengan tuntutan itu, kalau saja kita memang menyukai pelajaran tersebut, tentu tidak akan susah kita untuk memenuhinya, namun jika mata pelajaran tersebut adalah mata pelajaran yang paling tidak kita sukai, tentulah itu yang akan menjadi beban buat kita, dan kadang akan menimbulkan
rasa malas.

Target yang Tidak Pas

Kadang karena target nilai yang ditentukan tidak sesuai dengan kemampuan kita, tentu akan menurunkan semangat belajar kita, apalagi jika nilai kita lebih tinggiatau rendah dari nilai target maka kita akan merasa malas untuk belajar.

Aturan dan Hukuman yang tidak Mendidik

Karena adanya target nilai, kadang orang tua tidak hanya menentukan target nilai saja, namun juga reward dan punishmen yang akan diberikan, kadang reward yang diberikan tidak sesuai dengan keinginan kita maka kita akan cenderung malas belajar, begitu juga dengan punishment yang akan didapat jika target nilai tak terpenuhi.

Ada juga faktor-faktor yang menyebabkan kita malas untuk belajar, diantaranya adalah :

Faktor Internal

Faktor internal ini akan menyebabkan kita malas dalam hal belajar, karena faktor ini yang berasal dari dalam diri kita sendiri. Faktor Internal ini meliputi Kesehatan, Intelegensi, Minat dan Motivasi, dan Cara belajar kita.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal ini juga mempengaruhi semangat belajar kita, karena pengaruh eksternal ini meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat di lingkungan sekitar kita menurut beberapa ahli hal-hal yang bisa mengatasi rasa malas pada saat kita belajar, diantaranya yaitu:

Berwudhu’lah

Karena ketika kita berwudhu, maka secara tidak langsung kita akan membasuh wajah kita dan menyegarkan kembali pikiran dan aura wajah kita yang tadinya ngantuk.

Menghirup

Udara lewat hidung dan menghembuskannya lewat mulut dengan cara berdiri untuk mengembalikan dan menambah kesegaran dan ketenangan kita.

Memulai dengan membaca Ta’awudz dan Basmalah

Di dalam Islam diperintahkan untuk memulai segala sesuatu itu dengan membaca Basmalah, agar diberi kemudahan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Ada saat untuk Mengubah Posisikita

Jika awalnya kita belajar dengan duduk, bisa saja kita mengganti posisi dengan berdiri, karena posisi belajar yang cenderung sama akan lebih cepat membuat kita merasa bosan.

Berpindah dari ruang satu keruang lainnya

Hal ini bisa dilakukan jika kita belajar di rumah, kalau pada saat kita belajar di sekolah kita tidak bisa seenaknya berpindah tempat.

Buat sesuatu yang Menyegarkan

Saat malas mulai menyerang, kita bisa membuat sesuatu yang menyegarkan seperti makanan kecil, minuman atau lain-lain. Jika kita berada di sekolah, pada waktu istirahat kita bisa membeli camilan atau minuman.

Ucapkan Hamdalah dan Berdo’a kepada Allah

Ketika kita selesai melakukan suatu kegiatan, kita harus mengucapkan hamdalah karena pekerjaan kita selesai dan berdo’a kepada Allah semoga apa yang kita kerjakan ini memberi manfaat bagi kita untuk hari esok dan yang akan datang.

Ada juga hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi malas yaitu:

Melibatkan Diri dalam Kegiatan-kegiatan yang Positif

Jika kita melibatkan diri padahal-hal yang positif, tentu rasa malas itu akan sedikit demi sedikit terkikis karena keaktifan kita dalam kegiatan tersebut

Usahakan Meningkatkan Motivasi

Kita perlu meningkatkan motivasi diri kita, karena jika kita tidak mempunyai motivasi maka kita tentu tetapakan malas dan tidak akan ada kemajuan dalam diri kita.

Bergaulah dengan Orang-orang Rajin

Kita tentu harus memilih teman bergaul yang tepat untuk kita, karena teman juga akan menentukan keberhasilan dan sikap kita. Jika kita memilih teman yang rajin, tentu lambat laun kita juga akan ikut-ikutan rajin. Namun sebaliknya, jika kita salah memilih teman dan bergaul dengan 0rang-orang yang malas, tentu tidak pelak lagi kita akan menjadi malas juga.


Itulah Tips-tips yang bisa dijadikan alternative untuk para pembaca dalam mengatasi rasa malas. Mungkin ini bukanlah hal yang sempurna, namun semoga saja ini dapat bermanfaat bagi kita.

Tips Mengatasi Rasa Malas Saat Belajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MotivasiBelajar.com

0 komentar:

Posting Komentar