Unik And Fun For Study

Unik And Fun For Study
Unik And Fun For Study | Hai para sahabat pelajar indonesia! Di tahun 2012 ini sudah banyak prestasi yang digapai oleh generasi muda indonesia baik di bidang akademik maupun non akademik. Untuk memperoleh pencapaian tersebut pastinya mereka sudah bekerja keras dan belajar dengan giat. Namun, bagaimanakah dengan kita ? Menurut kamus besar Bahasa Indonesia belajar dapat didefinisikan sebagai usaha untuk memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku, atau tanggapan yang disebabkan pengalaman.


Seperti yang kita ketahui, belajar itu terkadang membuat kita bosan dan jenuh sehingga kita menjadi malas untuk belajar. dan hal tersebut membuat kita menjadi pusing dalam memikirkan bagaimana caranya kita dapat belajar semaksimal mungkin agar guru senang dan prestasi meningkat.

Banyak faktor yang mempengaruhi malas belajar : Pertama, mood kita yang kadang-kadang mau dan tidak mau belajar. Kedua, lingkungan dan pergaulan yang kurang baik. Ketiga, tergantung pada niat atau kemauan dari awal untuk belajar. Keempat, proses pembelajaran didalam kelas yang membosankan. Kelima, situasi belajar.

Nah, teman-teman banyak sekali faktor-faktor yang membuat kita malas untuk belajar. Sekarang tinggal bagaimana caranya kita dapat mengubur dalam-dalam rasa malas tersebut. Jika kita jarang untuk menstimulasikan pikiran maka akan terjadi penyusutan pada otak. Sehingga pola pikiran kita dalam menangkap pelajaran itu sedikit lambat.

Dan hal tersebut kadang-kadang yang membuat kita menjadi kesal dalam memahami sebuah pelajaran tersebut. Padahal, itu adalah kesalahan yang kita buat sendirinya. Mulai dari terus membuang-buang waktu, malas untuk membuka buku, dan tidak memperdulikan pelajaran tersebut. Dan pada akhirnya kita dibuat repot karena hal tersebut.

Mungkin sudah banyak contoh dari teman-teman disekitar kita yang malas belajar. Pastinya mereka dijauhi oleh teman-teman yang rajin belajar karena mereka yang malas tersebut sudah terbiasa untukbergantung kepada orang lain. Dan akan tumbuh rasa minder dihati mereka karena mereka terus berfikiran negatif dan tidak percaya diri pada mereka sendiri seperti “saya tidak pernah bisa “,” saya takut untuk mencoba”. Nah, pikiran-pikiran tersebut yang telah menghantui otak mereka sehingga terdorong untuk tidak mau belajar dan hanya terus-menerus menyaksikan prestasi orang lain. Dari contoh diatas pastinya kita tidak mau seperti itu banyak hal yang dapat kita lakukan dalam mengurangi rasa malas belajar seperti : Membuat jadwal belajar dirumah, Kursus privat dirumah, Membuat main map untuk mempermudah memahami pelajaran, Membuat tim belajar kelompok,

Belajar dengan cara chat, webcam,dan email. Selalu meminta tugas pada guru setiap berakhirnya pelajaran untuk melatih diri, Membuat poster-poster rumus di kamar agar mudah memahami dan mengingatnya, Membuat lagu tentang pelajaran. Dan selalu membuat motto setiap satu minggu sekali serta membuat grafik pembelajaran agar kita dapat mengetahui dudah sampai mana proses pembelajaran yang kita jalani. Jika hal tersebut sudah dilakukan maka lakukanlah perefresan otak dengan cara menonton film pendidikan moral sehingga pola pikir kita tidak diistirahatkan utuk hal yang sia-sia. Selain, itu kita mendapat wawasan baru.

Lalu, jangan pernah membiasakan diri untuk terus-terusan menyia-nyiakan waktu, karena itu adalah awal dari bibit rasa malas belajar. usahakan selalu membaca disaat waktu kosong atau melakukan hal-hal yang bermanfaat saja. Jangan pernah mengatakan “ saya tidak bisa” karena didunia ini tak ada yang tak mungkin, orang yang tak mampu saja dapat menjadi orang yang besar karena usaha dan niat yang mereka lakukan. Belajarlah dari pengalaman orang lain yang dulunya pernah malas belajar dan kini menjadi orang sukses.

Bacalah buku yang menginspirasi untuk belajar dan mencapai kesuksesan dan selalu ingat kata-katanya yang diucapkan dalam buku tersebut, sehingga dapat memotivasi jiwa dan pikiran kita untuk selalu belajar dan dapat menjadi sosok orang tersebut ataupun kita dapat menjadi lebih dari mereka. Selalu berkonsultasi kepada orang tua, guru, dan teman-teman terdekatmu mengenai pembelajaran yang telah kamu lakukan selama satu minggu ini dan mintalah komentar mereka tentang hal tersebut. Selalu berdoa pada Tuhan dan meminta padanya rasa semangat dalam belajar dan mencapai kesuksesan.

Nah, teman-teman banyak sekali hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menghapus rasa malas dalam kehidupan kita. Percayalah malas itu hanya sifat dalam diri kita yang dapat kita ubah dan sampai kapanpun sifat malas tersebut akan membuat kehancuran bagi kita dimasa depan seperti kita akan selalu menyalahkan Tuhan karena pola pikir kita yang kurang, kita juga akan selalu bergantung pada orang lain karena rasa percaya diri kita yang kurang, kita akan selalu dalam rasa terkucilkan karena pengetahuan dan wawasan kita kurang dibandingkan dengan orang lain karena kita yang dimasa lampau malas untuk membaca.


Kita akan selalu dihantui rasa penyesalan karena kurangnya belajar dimasa lampau. Bayak sekali kerugian yang kita peroleh dari malas belajar sehingga pada akhinya itu menjadi beban tersendiri bagi kita. Marilah kita pelajar indonesia membuktikan pada dunia bahwa kita dapat memberikan karya terbaik dari ide-ide dan gagasan yang telah kita buat dengan kerja keras. Dan jadikanlah generasi muda selanjutnya menjadi generasi yag unggul, berkepribadian mandiri, bermoral tinggi, dan berahlak baik. Sehingga usaha yang kita lakukan selama ini tidak terbuang sia-sia. Tingkatkanlah belajar demi kebaikan bangsa kita. Belajar adalah kunci kesuksesan. Manjadda wajjadah “ Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dapatlah Iya”.
Share This :