9/04/2017

Cara Sederhana Memotivasi Anak Untuk Belajar Disiplin

Cara Sederhana Memotivasi Anak Untuk Belajar Disiplin – Mendidik anak atau pun memotivasi anak untuk belajar disiplin memang sangat penting sekali untuk dilakukan bagi para orangtua. Dengan memotivasi anak belajar disiplin seperti ini, hal tersebut artinya Anda telah mempersiapkannya untuk terjun ke dunia luas yang bisa dibilang cukup keras. Apabila anak Anda sudah terbiasa dimanjakan dan juga sering berleha – leha, maka suatu saat ia akan alami shock ketika harus berkecimpung di dunia social secara langsung. Nah, di bawah ini ada beberapa cara sederhana memotivasi anak untuk belajar disiplin dan mengatasinya pada saat mereka melawan seperti yang kami lansirkan dari laman WebMD.

Cara Sederhana Memotivasi Anak Untuk Belajar Disiplin

Cara Sederhana Memotivasi Anak Untuk Belajar Disiplin

Berikan hadian setelah ia lakukan sesuatu yang baik 

Apabila ia tiba – tiba berinisiatif membersihkan halaman depan rumah Anda atau pun membereskan kamar tidurnya sendiri, coba Anda berikan pujian, Anda dapat lakukannya dengan mengatakan “Wah, sekarang halaman depan rumah jadi tampak bagus dan indah ya sayang, terima kasih”. Hal yang demikian tersebut tentunya akan menjadikannya merasa sangat dihargai dan kemungkinkan besar akan ulangi hal itu lagi. Memberikan pujian untuk kebaikan yang telah ia lakukan lebih efektif untuk memotivasi anak untuk belajar disiplin dibandingkan Anda menghukumnya pada saat ia salah.

Membuat aturan secara jelas

Dengan memberi aturan secara jelas seperti ini maka Anda nantinya akan bisa secara langsung memperingatkannya apabila ia memang melakukan kesalahan. Berbeda halnya bila Anda tak membuat peraturan tersebut, maka anak Anda pastinya juga tak tahu tentang hal itu dan Anda juga tak mempunyai wewenang yang kuat untuk salahkan anak Anda dan buat ia belajar disiplin sebab ia memang tak tahu akan hal tersebut.

Hindari perdebatan

Apabila anak Anda ingin membela dirinya pada saat Anda menyalahkannya, coba untuk buat jawaban yang tak menjadikannya merasa terpojok. Di sisi lainnya, silakan Anda coba bertindak dengan cara mempertimbangkan yang ia rasakan. Seandainya ia berteriak, dan berkata “Ini tak adil” maka Anda bisa coba mengatakan yang seperti ini “Ya, bunda mengerti”. Dengan begitu, Anda selaku orangtua tak akan terkesan ingin menang sendiri dan anak Anda pun pastinya akan merasa lebih dimengerti serta tak mendebat lagi.

Menenangkan diri Anda pada saat emosi

Pada saat anak Anda ingin lakukan sesuatu yang menurut Anda salah atau pun tak baik, dan membuat Anda sedikit marah, silakan Anda coba untuk pergi sebentar saja dan tenangkan diri Anda. Mungkin saja Anda bisa mengatakan yang seperti ini “Sepertinya bunda kurang setuju, nanti akan bunda beritahu jika sudah bunda pertimbangkan”. Setelah Anda tenang, coba Anda ajak anak Anda untuk berbicara dan mengatakan pendapat Anda serta memberitahu ia konsekuensi dari apa yang telah ia lakukan. Anda tak perlu marah – marah, cukup menjadikan hal tersebut permasalahan yang harus dihadapi oleh anak Anda.

Disiplinkan diri Anda

Dan satu cara yang bisa dibilang paling mudah dilakukan untuk memotivasi anak untuk belajar disiplin adalah mendisiplinkan diri Anda terlebih dulu. Orangtua merupakan yang paling sering mereka temui dan amati di hampir setiap harinya. Itulah kenapa perilaku anak tak akan pernah jauh – jauh dari orangtuanya. Maka dari itulah, coba Anda berikan contoh yang baik, buatlah diri Anda disiplin lebih dulu sebelum akhirnya mendisiplinkan anak Anda.

Demikian tadi sekilas informasi tentang cara sederhana memotivasi anak untuk belajar disiplin. Semoga saja manfaat.

Cara Sederhana Memotivasi Anak Untuk Belajar Disiplin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MotivasiBelajar.com

0 komentar:

Posting Komentar