MotivasiBelajar.com - Pusat Informasi Motivasi dan Inspirasi Pembelajaran Pendidikan Siswa Siswi dan Mahasiswa di Indonesia.

Teknik Belajar Seru dan Menyenangkan yang Nggak Mudah Bikin Stress

Teknik Belajar Seru dan Menyenangkan yang Nggak Mudah Bikin Stress – Sering sekali merasa stress sebab belajar atau pun mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah? Pada saat – saat tertentu Anda pastinya sudah pernah merasa tertekan atau pun stress pada saat sedang belajar. Mencoba pahami sebuah materi pun kadang kalanya terasa begitu sulit dan menyiksa. Lantas, apa sih yang seharusnya Anda lakukan supaya tidak mudah stress pada saat belajar? Mari simak  beberapa teknik belajar seru dan menyenangkan yang nggak mudah bikin stress berikut ini.

Teknik Belajar Seru dan Menyenangkan

Teknik Belajar Seru dan Menyenangkan yang Nggak Mudah Bikin Stress

Mencatat dengan menggunakan tangan

Kami lansirkan dari situs huffigtonpost.com bahwa ada beberapa cara sukses supaya bisa belajar dengan lebih mudah. Dua orang professor di St. Louis ini merangkum teknik sukses belajar yang didasarkan kepada jurnal – jurnal ilmiah yang telah dipublikasikan selama beberapa tahun belakangan ini dalam sebuah buku dengan judul “Make it Stick : The Science of Successful Learning”. Dan teknik atau tips yang pertama adalah mencatat dengan tangan. Menulis dengan tangan ini akan menjadikan Anda berpikir yang lebih keras lagi mengenai materi yang Anda tulis. Berbeda halnya dengan mengetik, menulis dengan menggunakan tangan tersebut akan terasa lebih lambat dan ini memberikan kesempatan buat Anda untuk mencerna apa yang Anda tulis lebih seksama.

Jangan dipelajari akan tetapi dipraktekkan

Tidak perlu membaca materi yang sama selama 10 kali. Dalam salah satu penelitian yang dilakukan Roediger ini bahwa orang – orang yang mengerjakan sebuah tes atau pada saat mempelajari sesuatu bisa kerjakan tes berikutnya dengan lebih mudah lagi. Latihlah otak Anda untuk praktekkan informasi yang baru saja Anda terima. Salah satu caranya adalah mengerjakan soal – soal atau pun langsung mempraktekkan apa yang baru Anda  pelajari. Mempraktekkan sesuatu akan menjadikan otak Anda berlatih untuk ingat sesuatu dan mendapatkan kembali infroasi yang sudah pernah dipelajari.

Memberi jeda waktu

Mempelajari semua hal ke dalam satu waktu secara bersamaan akan menjadikan Anad Lebih mudah lupa akan semua hal yang sudah Anda pelajari tersebut. Roediger juga menyarakan untuk memberi jeda waktu belajar sebab cara yang satu ini dapat membantu Anda untuk mengingat kembali sesuatu dalam jangka waktu yang lebih lama lagi.

Pelajari berbagai subjek per hari

An da akan ujian fisika dan juga biologi di akhir pekan ini. Dan waktu yang tersisa tinggal 3 hari saja. Roediger sarankan untuk luangkan waktu di setiap harinya untuk pelajari setiap subjek – subjek bukan satu hari untuk belajar hanya untuk satu subjek saja. jadi dalam satu harinya, Anda bisa meluangkan waktu untuk belajar fisika dan biologi, bukannya seharu untuk belajar fisika kemudian sehari lagi belajar biologi.

Buat soal sendiri

Apabila Anda sudah mempelajari sesuatu, silakan Anda buat soal – soal atau pun ujian untuk diri Anda sendiri. Cara yang satu ini ternyata jauh lebih ampuh dibandingkan hanya sekadar baca materi yang sama secara berulang – ulang kali. Belajar seharusnya menjadi aktifitas yang menyenangkan sebab Anda jadi bisa tahu banyak hal yang baru. Tapi bila kegiatan tersebut jadi hal yang menjadikan Anda tertekan dan depresi, maka Anda dapat mencoba untuk lakukan teknik seru seperti yang sudah kami rangkukan tersebut.

Demikian informasi tentang teknik belajar seru dan menyenangkan yang nggak mudah bikin stress. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teknik Belajar Seru dan Menyenangkan yang Nggak Mudah Bikin Stress

0 comments:

Posting Komentar