MotivasiBelajar.com - Pusat Informasi Motivasi dan Inspirasi Pembelajaran Pendidikan Siswa Siswi dan Mahasiswa di Indonesia.

Tips Belajar Di Rumah Agar Lebih Menyenangkan

Tips Belajar Di Rumah Agar Lebih Menyenangkan – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai target belajar sesuai yang ditetapkan. Salah satunya selain cara belajar yang intensif, membuat rumah jadi lebih nyaman untuk belajar juga bisa diterapkan.

Siapa sih yang tidak ingin punya rumah yang nyaman untuk belajar, siapa saja juga pastinya ingin mendapatkan rumah yang nyaman untuk belajar. Dan pada kesempatan kali ini kami akan berikan informasinya bagaimana tips belajar di rumah agar lebih menyenangkan yang bisa Anda terapkan. Mari kita cek informasi lengkapnya di bawah ini. Dengan cara ini dijamin rumah Anda akan menjadi suatu tempat yang benar – benar nyaman untuk belajar.

Tips Belajar Di Rumah Agar Lebih Menyenangkan

Tips Belajar Di Rumah Agar Lebih Menyenangkan

Kita semua tentu sudah tahu bahwa tempat belajar yang menyenangkan di rumah tidak bisa datang dengan sendirinya.  Berikut ada beberapa tips belajar di rumah agar lebih menyenangkan yang bisa dilakukan, diantaranya :

Tempat belajar yang nyaman

Ruang belajar yang bersih, tertata rapi dan nyaman memang akan membuat pikiran jadi senang dan hati juga akan sangat nyaman. Bahkan semangat belajar juga akan timbul. Siswa juga akan betah dalam membaca buku pelajaran. Dengan begitu pikiran juga akan mudah menangkap setiap apa yang sudah Anda baca dan Anda pelajari.

Lampu belajar

Di ruang belajar, ada baiknya Anda coba gunakan lampu yang tidak terlalu redup atau terlalu terang. Lampu yang terlalu redup tentu akan menimbulkan rasa malas belajar dan bahkan Anda bisa ngantuk. Namun terlalu terang lampu belajar akan membuat mata merasa lebih cepat lelah. Karena itu gunakan bola lampu tabung atau lampu LED karena akan sangat cocok untuk belajar Anda.

Siapkan alat dan bahan belajar

Segala keperluan belajar Anda ada baiknya dipersiapkan lebih dulu. Misalkan pena, rol dan buku pelajaran. Kebiasaan untuk mencari buku atau peralatan yang diperlukan dalam belajar sering membuang waktu belajar. Akhirnya konsentrasi Anda tidak pada pelajaran yang akan dipelajari. Karena itu sebelum belajar, siapkan alat dan bahan belajar. Jangan sampai nantinya konsentrasi Anda terpecah karena alat dan bahan belajar yang tidak lengkap.

Ruangan belajar yang nyaman

Agar anak bisa belajar dengan nyaman, berikan ruangan belajar yang sesejuk mungkin. Jika memang cuaca terlalu gerah, Anda juga bisa gunakan kipas angin dengan kecepatan putar yang sedang. Jika putaran kipas angin terlalu cepat tentu akan bisa menimbulkan bunyi sehingga hal ini akan mengalihkan perhatian Anda dari belajar.

Akan tetapi jika memang sudah dilakukan setting tempat belajar yang seperti itu akan tetapi rasa malas pada anak tetap saja terjadi, berikut ada beberapa cara atasi rasa malas pada anak yang bisa dilakukan, diantaranya :

Berikan hadiah yang mendidik

Sesekali Anda rasanya perlu memberikan hadiah yang menarik kepada anak supaya ia bisa rajin membuat dan mengerjakan PRnya. Misalkan berikan buku bacaan kesukaan anak jika memang ia berhasil membuat PR atau mau belajar tekun di rumah. Atau Anda bisa berikan hadiah makanan kesukaan anak ketika ia belajar rajin dalam kurun waktu yang sudah Anda tentukan. Cara ini juga bisa membuat anak lebih semangat belajar. Tetapi jangan keterusan, ketika memang ada waktu berikan kesadaran bahwa belajar ini untuk mencapai cita – citanya bukan semata meminta hadiah.

Sediakan snack dan makanan ringan

Jika memang Anda ingin anak belajar dengan tekun, coba Anda sediakan snack dan makanan ringan. Dengan begini anak juga akan bisa jauh lebih nyaman dan lebih semangat belajar ditemani snacknya. Atau Anda bisa berikan warning lebih dulu agar anak lebih fokus pada pelajaran yang tengah dipelajari bukan hanya pada snacknya saja.

Itulah beberapa tips belajar di rumah yang tepat Anda terapkan. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Belajar Di Rumah Agar Lebih Menyenangkan

0 comments:

Posting Komentar