MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
iklan banner
MASIGNCLEANSIMPLE101

Tips Belajar yang Efektif dan Menyenangkan

Tips Belajar yang Efektif dan Menyenangkan – Dalam menemukan metode dan juga cara belajar yang efektif serta menyenangkan ini memang perlu proses. Tak semua individu mempunyai cara atau pun tips belajar yang efektif dan menyenangkan yang sama dengan individu yang lain. Diperlukan pengamatan dan sekaligus kemampuan analisa untuk ketahui metode belajar yang paling pas bagi seseorang. Akan tetapi, ada beberapa tips mudahnya yang dapat Anda lakukan agar dalam belajar Anda bisa lebih efektif pada saat menyerap ilmi. Penasaran? Langsung saja simak tips – tipsnya di bawah ini.

Tips Belajar yang Efektif dan Menyenangkan

Tips Belajar yang Efektif dan Menyenangkan

Membuat sesuatu yang Anda pelajari tampak menarik

Sesulit apapun pelajarannya, apabila Anda mampu buatnya terasa menarik tentunya akan lebih efektif diserap. Misalnya saja saat mempelajari berbagai fenomana dan rumus – rumus listrik mata pelajaran fisika, coba untuk langsung cari contoh aplikasi mengenai arus listrik, daya, tegangan, efisiensi, dan lain – lain.

Siapkan makanan camilan saat proses belajar

Makanan camilan, sepanjang tak buat Anda terlalu kenyang tak jadi masalah, bahkan hal ini terbukti ampuh untuk tingkatkan daya konsentrasi belajar Anda. Oleh sebab itulah selalu sediakan saja snack dan juga berbagai makanan ringan untuk temani belajar Anda. Saat Anda sudah mulai bosan dan konsentrasi belajar Anda menurun, ambil segenggam snack dan luarkan waktu 1 hingga 2 menit untuk menyantapnya. Bila sudah Anda pasti akan merasa lebih fresh dan dapat konsentrasi kembali untuk belajar.

Mencari tempat yang paling nyaman

Belajar di tempat yang bersih, nyaman, dan juga terbebas dari suara – suara berisik. Hal yang demikian ini akan membantu Anda untuk lebih fokus pada subjek pelajaran, dan secara otomatis materi akan dapat Anda serap lebih efektif lagi. Jangan pernah memaksakan diri Anda untuk belajar jika kondisi kamar atau ruang belajar Anda berantakan dan ada banyak benda – benda yang berserakan. Bila memungkinkan, Anda bisa mencoba untuk membersihkannya, tapi bila tidak, Anda bisa berpindah tempat belajar yang lebih kondusif lagi.

Belajar ketika dalam kondisi paling bugar

Coba belajar pada saat kondisi Anda paling bugar. Ketika baru bangun tidur, setelah tidur di siang hari, atau pun sehabis mandi. Saat tubuh Anda masih bugar dan segar, maka secara otomatis pikiran Anda pun akan lebih fresh serta materi yang Anda pelajari akan lebih mudah diserap. Dalam kondisi tubuh yang optimal, suatu hal yang menurut Anda biasanya 3 hingga 4 kali baca sebelum akhirnya Anda bisa memahaminya, kini bisa Anda pejarai yang lebih cepat lagi.

Membagi periode belajar ke dalam beberapa sesi

Cara yang satu ini juga sangat penting sekali, tapi sering dilupakan sebab kondisi waktu yang sudah terlalu mepet. Dalam pola belajar yang ideal, Anda tak diperbolehkan menghadapi buku yang terlalu lama tanpa diselingi dengan aktifitas apapun. Coba untuk istirahat dan beri jeda antara 15 hingga 30 menit di setiap kali Anda belajar selama 45 menit. Hal tersebut terbukti efektif dibandingkan belajar 2 jam secara berturut – turut tanpa jeda sama sekali.

Minum air putih yang cukup

Air putih mempunyai fungsi alami untuk buat tubuh Anda jadi segar, apalagi setelah berkonsentrasi lama untuk mempelajari sesuatu. Sediakan saja air putih ketika Anda belajar. Ketika Anda merasa sudah mulai kehilangan konsentrasi, bosan, atau pun mata lelah, silakan teguk segelas air putih. Selain berguna untuk kembalikan konsentrasi, air putih ini juga bisa buat Anda lebih sehat dan segar kembali.

Demikian informasi tentang tips belajar yang efektif dan menyenangkan, yang bisa kami bagikan. Semoga manfaat.
Share This Article :
5437595235581986538