MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Bagaimana Agar Semangat Dalam Belajar?

Ada masa-masa dimana kita semangat dalam belajar dan ada saat dimana kita malas belajar. Sebenarnya, malas itu terjadi karena kebiasaan, bukan karena kebetulan. Untuk mengetahui kenapa kita bisa malas belajar, lihat apa saja penyebabnya yang membuat belajar jadi lemah.

Bagaimana Agar Semangat Dalam Belajar?

APA SIH PENYEBAB MALAS BELAJAR ITU?
Hampir semua murid pernah terjangkit rasa malas, lemah, lesu, dan sebagainya. Apalagi banyak yang mencari alasan untuk tidak belajar, entah itu pelajarannya sulit, entah itu tak punya buku pendukungnya, atau malas bimbel karena hujan lebat. Berbagai alasan itu,bila tidak segera diatasi akan menjadi kebiasaan yang berbahaya kedepannya.

Oleh sebab itu, pada hakikatnya tak ada penyebab malas, yang ada hanyalah kebiasaan negatif yang dilakukan secara berulang-ulang.

CARA MENGATASI MALAS BELAJAR?
Apabila sudah mengetahui jikalau penyebab malas adalah kebiasaan buruk, berarti untuk mengatasi rasa malas sangat mudah!! Yaitu menghilangkan kebiasaan buruk sebelum belajar.

Ada beberapa tips agar semangat belajar lebih kuat:

a. TIDUR ATAU ISTIRAHAT YANG CUKUP DAN SESUAI WAKTUNYA
Tidur yang tidak tepat waktunya, dan tidur yang terlalu berlebihan atau kurang akan berdampak pada energi tubuh dan otak. Otak dan tubuh jadi lemah, bila tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat.

b. MENGKONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN YANG SEHAT
Makanan dan minuman mempengaruhi semangat belajar lho? Apabila asupan vitamin kurang, tentu tubuh akan menjadi lemas dan tak bergairah.

c. MELAKUKAN OLAHRAGA RUTIN DI WAKTU PAGI
Pernah tidak, sebelum melakukan aktifitas didahului dengan berolahraga? Tentu sedikit yang menjawabnya. Olahraga sangat penting untuk kebugaran tubuh, apalagi dengan berolahraga, racun-racun dalam tubuh yang bikin badan lemas akan hilang dengan berolahraga. Jadi, bikin jadwal untuk berolahraga ya?

Dengan melakukan ketiga tips diatas, dan membiasakan setiap hari, pasti semangat kita dalam belajar atau aktifitas apapun lebih berenergi. Dan yang paling penting, otak jadi fresh, mudah untuk mencerna ilmu pengetahuan dari guru, ataupun dari hasil belajar sendiri.

Kesimpulannya, apabila malas sudah melanda, ingatlah kebiasaan buruk apa yang biasanya dilakukan. Bila sudah mengetahui kebiasaan buruk tersebut, bertekadlah untuk mengubah, dengan melakukan aktifitias yang positif. Otak tidak hanya cerdas, dan tubuh tidak hanya sehat, tetapi kita bisa menjadi orang yang berprestasi untuk agama dan bangsa.
Share This Article :
5437595235581986538