MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Bagaimana Agar Terbiasa Tak Malas Dalam Belajar

Belajar memang sangat menjenuhkan bila metode belajarnya begitu begitu saja. Yang bikin malas selain dari diri sendiri adalah akibat kesalahan metode belajar yang tidak baik. Bisa diambil contoh, sistem belajar kebut semalam, adalah contoh teknik belajar yang salah.

Bagaimana Agar Terbiasa Tak Malas Dalam Belajar

LALU BAGAIMANA METODE BELAJAR YANG BAIK ITU?

Metode belajar yang baik harus mengetahui terlebih dahulu susunan belajarnya. Contohnya, kita harus mengutamakan pekerjaan rumah terlebih dahulu sebelum belajar yang lain.

MEMILIH WAKTU BELAJAR
Bila belum terbiasa belajar diwaktu pagi disaat shubuh, tak mengapa belajar di waktu malam. Yang penting tidak terlalu larut, sehingga apa yang sudah di hafal malah lupa karena ketiduran.

SISTEM MENGULANG-NGULANG
Otak butuh proses latihan untuk mengingat sesuatu. Apalagi mengingat pelajaran atau rumus-rumus tertentu. Itulah sebabnya, mengulang-ngulang akan membantu daya ingat lebih tajam lagi. Jadinya kita bisa hafal diluar kepala.

DIMULAI DARI YANG PALING MUDAH
Untuk mempelajari sesuatu hendaklah belajar dari yang termudah ke yang tersulit, dan jangan sampai terbalik. Kenapa musti seperti itu? Sebab, otak butuh pemanasan untuk mengolah data yang kita pelajari. Bila langsung belajar yang tersulit, otak langsung berkontraksi dengan keras, sehingga kita akan jadi capek, pusing dan jenuh. Coba deh, belajar dari pelajaran yang disukai.

JANGAN MEMAKSAKAN KEHENDAK
Apabila tubuh sudah letih, coba lah untuk beristirahat sejenak. Semakin tubuh dan otak ditekan dengan banyak materi, maka belajarnya tidak akan efektif. Jadi, agar stamina belajar tidak mudah capek, sebaiknya sediakan air putih dan jangan duduk terlalu lama, sekali-kali berdiri dan melakukan olahraga ringan.

TETAP DISIPLIN PADA JADWAL
Melanggar jadwal belajar sama dengan merusak metode belajar itu sendiri. Patuhi jadwal belajar yang sudah dibuat, dan berikan hukuman pada diri sendiri jika melanggarnya. Disiplin akan membantu belajar kita menjadi lebih mudah, dan akan membiasakan kita lebih senang untuk belajar.

Bagaimana? Mudah bukan, agar terbiasa tak malas dalam belajar. Kesimpulannya, walaupun sudah memiliki metode belajar yang baik, hendaklah setiap sebulan atau seminggu sekali diubah metode belajarnya. Tentu saja agar kita tidak bosan dalam menjalankannya. Tetap pertahankan disiplinitas dan tanggung jawab penuh akan tugas, dan terus konsisten mengulang-ngulang pelajaran.
Share This Article :
5437595235581986538