Mengatasi Rasa Malas Ketika Sedang Belajar

Mengatasi Rasa Malas Ketika Sedang Belajar
Mengatasi Rasa Malas Ketika Sedang Belajar | Malas adalah suatu perasaan dimana seseorang merasa enggan untuk melakukan sesuatu, karena dalam pikirannya sudah memiliki pemikiran negatif atau tidak adanya keinginan untuk melakukan sesuatu.


Pada saat ini, malas adalah hal yang harus kita perangi, karena malas akan menyebabkan terhalangnya suatu keberhasilan. Generasi muda saat ini sangat tidak menghargai waktu, mereka menggunakan waktu mereka hanya untuk bersenang-senang saja, padahal itulah yang akan menyebabkan kehencuran masa depan.

Sebagai seorang pelajar tentunya jangan sampai memiliki sifat malas, karena malas itu jahat dan berbahaya. Sifat malas itu timbul akibat kurangnya menghayati dan memahami keutamaan ilmu (Ta’lim Muta’alim, 2006).

Pelajar memang akan lebih muda merasa malas dan bosan akan suatu hal yang berhubungan dengan belajar.Jika sudah malas,kita akan lebih mudah untuk lupa. Tidak hanya malas yang menyebabkan seseorang mudah lupa,ada beberapa hal yang menyebabkan seeorag lupa yaitu :

Seringnya Berbuat Maksiat dan Dosa

Ketika seseorang berbuat maksiat, tentu dia akan merasa keasikan dan akan melupakan kewajiban atau pekerjaannya.

Sering Merasa Prihatin

Jika seseorang sering merasa bahwa dirinya adalah orang-orang yang prihatin, baik dalam hal ilmu atau harta, maka ia akan merasa bahwa dirinya tidak perlu lagi berusaha, dan munculah rasa malas yang menyeliputi dirinya.

Gelisah Karena Memikirkan Masalah Duniawi

Saat seseorang memiliki harta yang melimpah, atau memiliki suatu kelebihan dari pada orang lain, maka dia akan merasa bahwa dirinya adalah orang yang paling lebih diantara orang lain.Tentunya ia akan sibuk untuk membangga-banggakan dirinya.

Terlalu Sibuk Mengurusi Urusan Dunia

Jika seseorang terlalu terobsesi dengan urusan dunianya, dia akan cenderung berusaha untuk mengejarnya. Dan segala kewajibannya akan terbengkalai. ( Ta`lim Muta`alim, 2006 )

Jika sudah terjangkit oleh virus malas ini, untuk melakukan aktivitas saja kita akan merasa enggan, selalu menunda-nundanya dan kadang tidak terlaksana. Orang yang malas akan terlihat dari cara dia berpenampilan, cara dia berbicara dan dari cara dia berjalan.


Jika orang tersebut terlihat lesu tanpa semangat, itu bias dilihat bahwa orang tersebut malas, sebaliknya, jika dia terlihat ceria penuh semangat, maka dalam diri orang tersebu tidak ada rasa malas.

Meskipun tidak semua seperti itu, malas memang sangat relatif, setiap orang memiliki definisi yang berbeda tentang malas, ada yang mengatakan malas itu adalah selalu melakukan hal yang sama saja, atau malas karena tidak bisa melakukan hal tersebut.

Malas adalah salah satu penyakit kronis yang di derita manusia. Bayangkan saja, jika semua manusia itu rajin, tentunya syetan akan mengalami kegelisahan dan mereka akan kehilangan pekerjaan utama mereka yaitu merayu, menghasut manusia untuk malas.
Share This :