3/07/2017

Trik Belajar yang Asyik dan Menyenangkan

Trik Belajar yang Asyik dan Menyenangkan | Setiap orang punya cara sendiri untuk belajar dengan asyik. Berbagai cara yang membuat belajar menjadi mudah dan menarik. Jika seseorang menyukai belajar dengan suasana tenang, seseorang yang lain mungkin lebih suka belajar dengan suasana santai. Meskipun demikian, tidak ada salahnya belajar dari orang lain karena terkadang kita pun belum menemukan cara belajar paling efektif untuk diri kita sendiri. Dengan mencoba, setidaknya kita semakin mendekati peluang menemukannya. Betul? Berikut ini adalah beberapa cara belajar efektif berdasarkan pengalaman pribadi penulis.


Pertama, rapikan catatan. Dalam mencatat hal-hal penting, kita harus menuliskannya dengan rapi. Tuangkan tulisan dengan perasaan tulus. Tidak harus bagus dan indah. Yang terpenting “rapi”. Catatan seperti ini tidak akan membuat kita pusig membacanya. Bila mungkin, gunakan ballpoint warna-warni. Mata tidak akan cepat bosan. Selain itu belajar menjadi lebih asyik dan menyenangkan loh. Jika tidak ada ballpoint warna warni, cukup kita selang-selingkan warna biru dan hitam. Monoton banget kalau dari kelas satu sampai kelas tiga kita pakai warna hitammmm melulu. Atau biruuu melulu. 

Kedua, buatlah tabel, diagram/grafik, dan bagan kreatif. Seringkali kita terpaku pada apa yang terdapat di buku. Padahal tidak harus. Di buku mah bentuknya itu-itu aja. Nah, bentuk yang ada dapat lebih kita kreasikan. Kreasi sendiri membuat kita mudah paham. Buatlah bentuk unik seperti berbentuk pohon, tangga-tangga langit, kayu bergantung, dan kreasi lain sesuai imajinasi kita. Selain belajar, kita juga berlatih mengembangkan imajinasi. (siiip deh)

Ketiga, gambarlah. Rasa bosan sering menyergap dapat diatasi dengan cara ini. Sedikit mengurangi rasa bosan. Gambarlah apa yang sedang kamu catat. Misalnya saja kamu sedang mencatat soal ekonomi tentang elastisitas antara permintaan dan penawaran penjualan ayam. Nah, gambarlah ayam di samping soal tadi. Gambar ini dapat membantu kita lebih mudah mengingat catatan. Tapi ingat. Jangan menggambar kala guru menjelaskan ya...!

Keempat, pahamilah dan jangan hapalkan. Banyak orang berpikir menghapal akan membuat pelajaran selalu lengket. Tidak, tidak selalu. Dengan memahami, akan menjadi lebih mudah. Begini, menghapal al-quran akan lebih mudah dan cepat jika kita tahu maknanya. Nah, yang pertama berarti memahami kan? Bila paham, dengan sendirinya pelajaran menjadi mudah lengket. Sementara itu menghapal tanpa paham, butuh waktu lama dan rawan hilang nantinya sebab kita hanya hapal tapi tidak paham.

Kelima, kerjakan soal-soal. Mungkin tidak semua dari kita suka yang satu ini. Tapi pengalaman penulis membuktikan cara ini efektif. Mengerjakan soal membuat kita semakin sering membolak-balik halaman. Semakin sering, semakin banyak yang akan kita hapal. Bahkan nanti tanpa sadar kita akan hapal letaknya. Soal pilihan ganda baik untuk latihan sebagaimana soal ujian. Ada pun soal isian dan essay, baik untuk pemahaman.

Keenam, sediakan buku coret-coretan. Tadi katanya harus rapi? Kenapa sekarang harus ada buku coretan? Gini nih. Nggak semua yang diucapkan guru itu sempat kita catat. Apa lagi kalau penjelasannya selaju kereta api. Wusss!!! Bisa bablas sia-sia. Untuk kita yang merasa tidak cukup hanya mendengarkan dan takut hilang dari otak, catat secara singkat penjelasan tersebut. Dan ingat! Catat sembari mendengar dan memperhatikan. Nggak etis kalau guru menjelaskan sementara mata kita melototi buku. Tangan kita asyik menari.

Ketujuh, kembangkan rangkuman. Terkadang kita hanya memiliki waktu singkat untuk belajar. Kalau sudah begitu maka jalan tengah adalah mempelajari rangkuman. Rangkuman mencakup seluruh isi pelajaran. Dalam mempelajari rangkuman, kita juga harus lebih kreatif sendiri. Kembangkan rangkuman tersebut. Pemahaman kamu akan menjadi lebih mendalam ketimbang membaca seluruh isi buku sehingga memakan banyak waktu.

Kedelapan, dengarkan musik. Nggak enak banget kan jika saat belajar ada suara-suara yang cukup menganggu. Jangan khawatir. Pakai headset. Putar lagu yang kita sukai. Nanti suatu saat, kala kita mendengarkan lagu ini, secara tidak langsung memori otak kita akan memutar ulang peristiwa belajar. Secara tidak langsung pula otak akan mengingat apa yang kita pelajari sekarang.


Nah, semoga tips-tips di atas bisa membuat kita semua belajar lebih efektif. Jadilah remaja cerdas dan bermanfaat bagi bangsa dan negara. Selamat belajar.

Trik Belajar yang Asyik dan Menyenangkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MotivasiBelajar.com

1 komentar:

  1. Hey there, You've done an incredible job. I'll definitely digg it and personally suggest to my friends. I'm sure they will be benefited from this web site. gmail sign in

    BalasHapus