Cerita Menarik Dari Pelajar Tentang “Belajar Efektif”

Cerita Menarik Dari Pelajar Tentang “Belajar Efektif”
Cerita Menarik Dari Pelajar Tentang “Belajar Efektif” | Teman-teman, kakak-kakak dan adek sekalian dimanapun berada, perkenalkan nama saya trisaulia. Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya kepada teman-teman semua tentang cara belajar yang saya lakukan. Belajar itu bagi saya merupakan suatu kebutuhan bagi seorang pelajar.


Saya ceritakan sedikit tentang pengalaman saya

Dulu waktu saya duduk di bangku kelas 1 SMK, saya seorang yang sangat-sangat enggan buat belajar, sekalipun buat membuka buku pun saya berat sekali. Mungkin terpengaruh pergaulan saya yang dulu menurut saya agak kurang positif. Setiap malam di suruh belajar, saya sering mengelak. Saya lebih sering bermain bersama kawan-kawan saya. Sehingga waktu buat belajar saya terganggu.

Nah pas pengumuman kelas 2, Alhamdulillah saya bisa naik kelas. Tetapi ada satu hal yang sangat mengganjal di hati, yaitu nilai raport saya jelek. Tapi orang tua saya memberikan kesempatan kepada saya supaya di kelas 2 ini saya harus bisa jadi lebih baik.

Akhirnya, kenaikan kelas ini saya memutuskan untuk menjauhi teman-teman saya itu. Dan saya berfikir, dengan menjauhi mereka saya akan bisa jadi lebih baik. Kelas 2 saya punya teman-teman yang tidak seperti dulu, teman-teman saya sekarang lebih giat belajarnya.

Dan di kelas 2 ini saya tekadkan hati dan pikiran saya untuk belajar. Berikut saya kasih tips buat semua pembaca siapa tau bisa berguna & bermanfaat. Tips ini berdasarkan pengalaman yang saya alami :
  • Pada saat pas pulang sekolah, saya luangkan waktu untuk membuka buku mata pelajaran yang di bahas di sekolah tadi, hal ini saya lakukan supaya besoknya saya tidak lupa dengan pelajaran yang bapak/ibu guru sampaikan tadi di sekolah.
  • Setelah itu, saya tidur siang untuk menenangkan pikiran saya. Supaya bisa konsentrasi pas nanti malam ketika hendak belajar.
  • Jangan biarkan ketika belajar perut kita dalam keadaan kosong. Jika hal itu terjadi, bisa jadi ketika kita belajar tidak masuk dalam otak kita.
  • Pada malam harinya saya membaca pelajaran yang besoknya akan di bahas, supaya ketika guru menerangkan saya tidak bingung.
  • Perbanyak berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya kita dilancarkan jalan dan proses belajar dalam mencari ilmu, dan juga dilancarkan jalannya dalam meraih cita-cita.
  • Mintalah bantuan orang tua atau kakak dalam proses belajar jika ada yang perlu di tanyakan.
  • Tanyakan juga kepada guru jika ada pelajaran yang kurang kita pahami.
  • Jangan pernah bosan untuk mengulang dan mengulang dalam membaca, belajar dan membuka buku.
  • Pelajari apa saja semua pelajaran yang kalian suka ataupun tidak seberapa kalian sukai.
  • Jangan gunakan waktu kalian untuk keseringan bermain HP.
  • Terakhir, jangan terlalu memikirkan masalah yang tidak penting. Tetapi pikirkan masa depan kalian kelak.


Itulah beberapa tips yang saya pakai selama ini. Alhamdulillah sampai sekarang saya jadi tidak malas dan menjadi giat dalam belajar. Yang paling utama, bulatkan tekad dan niat kalian dulu, supaya apapun yang kita baca bisa berguna.
Share This :