Metode Untuk Menghilangkan Rasa Malas Ketika Belajar

Metode Untuk Menghilangkan Rasa Malas Ketika Belajar
Metode Untuk Menghilangkan Rasa Malas Ketika Belajar | Belajar merupakan suatu aktifitas seseorang yang dapat merubah diri seseorang dari yang tidak mengerti menjadi mengerti dan dari tidak bisa menjadi bisa, hingga seseorang itu dapat mencapai sesuatu yang diinginkan selama hidupnya. Belajar bagi setiap pelajar merupakan kewajiban yang harus dilakukan dan juga merupakan salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi.

Metode Untuk Menghilangkan Rasa Malas Ketika Belajar

Namun kenyataan sampai sekarang masih banyak pelajar yang bermalas – malasan untuk melakukan kegiatan tersebut, mereka cenderung memilih untuk bermain HP, menonton televise, begadang hingga larut malam atau mungkin hal lain yang tidak ada manfaatnya.

Memang Benar” ketika terlihat setumpuk buku didepan mata yang harus kita pelajari, kita baca, dan kita hafalkan, kita terasa malas bhakan tak ingin rasanya kita membukanya apalagi membacanya. Namun apa gunanya setiap hari kita pergi ke sekolah, kalau diri kita masih saja bermalas – malasan untuk belajar, “Kapan Kesuksesan akan kita raih?

“Kemalasan” merupakan suatu penyakit kebiasaan pada diri seseorang karena itu, penyakit malas harus segera ditangani dengan cepat, seperti halnya dengan penyakit kanker, apabila hanya dibiarkan saja dan tidak segera diobati maka kanker itu akan mengkar ke seluruh tubuh hingga akhirnya menyebabkan kematian. Begitupun dengan penyakit malas, apabila kita membiarkannya saja tentu akan menjadi penyakit kebiasaan yang abadi dalam hidup kita yang akhirnya akan menyebabkan kematian dan kehancuran dalam masa depan kita.

“Rasa malas akan datang kapan saja, SO......... tentunya ketika hendak belajar, untuk itu menghilangkan rasa malas dalam diri kita, tidak cukup sesekali paksakan saja, namun harus beberapa kali atau bahkan seterusnya.

Kita pun harus selalu siap siaga untuk melawan kemalasan, kapan pun kemalasan itu datang. Sebagai seorang pelajar, tugas utamanya adalah belajar perlu kita ingat belajar adalah kunci dari kesuksesan. Disetiap kemalasan itu datang kita harus mampu melawannya dengan sebuah kemauan yang keras dam paksakan diri kita untuk bebas dari rasa malas.

Setiap pelajar tentu memiliki sebuah impian yang tentu dengan harapan impian itu dapat diraihnya. Mungkin saat ini impian itu hanyalah angan – angan dan khayalan saja. Tapi apabila dalam diri kita terdapat kemauan yang keras tentu kita akan senantiasa mampu melawan kemalasan, akan selalu optimis, dan akan selalu semangat untuk terus belajar, hingga suatu saat nanti sebuah impian akan diraihnya dengan mudah.

Metode Untuk Menghilangkan Rasa Malas Ketika Belajar
Friends ........ di sini ada beberapa tips “ Cara Menghilangkan Rasa Malas Ketika Belajar “, diantaranya yaitu :
1. Berdoalah ketika kita sudah hendak belajar dan seusai belajar, agar materi yang kita pelajari bermanfaat.

2. Berwudhulah ketika kita sudah merasa jenuh, dengan berwudhu wajah kita akan fresh kembali.

3. Perlu kita mengubah posisi saat belajar, agar tidak cepat mengatuk dan lelah misalnya dari posisi duduk, kemudian berdiri, atau sambil berjalan – jalan disekitar tempat belajar, atau mungkin kalian dapat merubah posisi apa saja yang menurut kalian nyaman, namun ini yang perlu kita ingat “Jangan sampai kita merubah posisi menjadi berbaring, karena sudah sudah pasti posisi tersebut dapat membuat kita terlelap”

4. Saat kita belajar, tentu kita akan terasa bosan, untuk itu kita dapat berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

5. Dalam diri kita terdapat dua pilihan “ Semangat dan Malas “. Pikirkan cita – cita yang akan kita target, jika kita bermalasan – malasan  kapan cita – cita akan terealisasi.

6. Cemilan perlu disamping kita saat belajar, karena dengan mengemil kita dapat bertambah konsentrasi dan semangat ketika belajar.

7. Akan lebih asyik “jika kita belajar sambil mendengarkan radio, menoton televisi, atau bahkan belajar di tempat ramai seperti Mall atau tempat ramai lainnya”. Itu pendapat sebagian orang. Namun saya pribadi lebih sukabelajar dalam suasana dan tempat sepi. Karena dengan suasana sepi tersebut saya dapat menyerap dan memahami materi dengan lebih mudah. Namun itu semua tergantung kenyamanan diri kalian masing – masing saat belajar.

8. Ketika kita merasa BT saat belajar, tutuplah buku sejenak dan ajaklah keluarga untuk ngobrol bersama, setelah itu bukalah buku kembali.

9. Saat kita mulai mengantuk, minumlah susu atau kopi panas agar mata dan otak kita segar kembali.

Metode Untuk Menghilangkan Rasa Malas Ketika Belajar

Pada intinya paksakan diri kita untuk keluar dari rasa malas, paksakan diri kita untuk bebas dari kemalasan, buatlah suasana senyaman mungkin saat belajar.
Setiap orang pasti memiliki gaya belajar yang berbeda – beda “ Ibarat Pepatah” Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya.
Share This :