MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Motivasi Anak Untuk Belajar Mengenai Uang di Usia 3 – 5 Tahun

Motivasi anak untuk belajar mengenai uang di usia 3 – 5 tahun – Salah satu hal yang wajib diajarkan oleh orangtua kepada anaknya adalah cara atur keuangan. Tampak jadi topic yang cukup berat untuk diajarkan kepada anak Anda. Akan tetapi tak berarti Anda selaku orangtua bisa abaikan masalah terpenting tersebut, sebab bagaimana pun skill atur keuangan akan dibutuhkannya pada saat dewasa kelak. Beth Kobliner adalah seorang penulis buku best seller “Get a Financial Life” dan sekaligus member “President’s Adcisory Council on Financial Capability” mengatakan dalam situs forbes.com bahwasannya anak kecil mulai usia 3 hingga 5 tahun sudah bisa diajarkan atau pun diberi motivasi mengenai konsep menabung dan juga menggunakan uang.

Penelitian di University of Cambridge Commissioned by the United Kongdom’s Money Advice Service juga sebutkan bahwasannya kebiasaan anak kenal dan gunakan uang ini sudah terbentuk sejak usia 7 tahun. Itu kenapa Beth Kobliner berkata bahwa semakin dini anak dikenalkan dan juga diajarkan mengenai uang, maka akan jadi semakin baik pula. Nah, untuk memberi motivasi anak untuk belajar mengenai uang di usia 3 – 5 tahun, ini yang bisa orangtua lakukan.

Motivasi Anak Untuk Belajar Mengenai Uang di Usia 3 – 5 Tahun

Motivasi Anak Untuk Belajar Mengenai Uang di Usia 3 – 5 Tahun

Anak harus tunggu untuk bisa beli apa yang anak Anda inginkan

Anak di usia 3 – 5 tahun ini juga harus tahu bahwasannya tak semua yang mereka inginkan akan langsung mereka dapatkan. Mereka juga harus tahu bahwasannya harus kumpulkan dan juga menabung uang terlebih dulu sebelum akhirnya bisa mendapat barang yang mereka inginkan. Contohnya saja pada saat pergi ke sebuah supermarket, katakan saja padanya seperti ini “Kita pergi ke sini untuk beli barang A, kita tak akan beli apa pun untukmu sebab kita tak ke sini untuk beli barang lain”. Dengan mengatakan hal yang seperti itu secara jelas dan juga mudah dimengerti, maka ia pastinya akan lebih paham maksud Anda dengan sendirinya.

Memberi Latihan

Selain hal yang sudah kami sebutkan di atas bahwasanya secara sederhananya, berikan saja kotak yang sudah diberikan label “Tabungan” setelah itu silakan Anda kenalkan saja kepada anak Anda dengan konsep menabung. Pada saat anak Anda ulang tahun, selesai mengerjakan pekerjaan rumah atau pun berbuat baik yang lainnya, berikan saja ia uang koin untuk hargai pekerjaannya tersebut. Apabila ia memang inginkan sesuatu dan harganya lebih mahal, maka anak Anda bisa menabung uang mereka terlebih dulu supaya bisa membeli barang – barang yang diinginkannya tersebut. Nah, dari sini juga anak Anda akhirnya akan termotivasi untuk terus belajar menghargai uang.

Belanja Bersama Anak

Memotivasi anak untuk belajar tentang uang juga bisa jadi bagian dari rutinitas rumah tangga, misalnya saja dengan pergi ke toko kelontong. Katakan saja dengan bijaksana pada anak Anda, bahwaasnnya membeli permainan yang sekiranya tak terlalu penting bisa ditunda setelah kebutuhan Anda tercukupi. Anda di sini bisa ajak anak Anda terlebih dulu ke tempat – tempat yang jadi kebutuhan Anda, setelah itu ke tempat permainan.

Nah, itulah tadi yang dapat kami informasikan kepada Anda semuanya tentang motivasi anak untuk belajar mengenai uang di usia 3 – 5 tahun. Semoga saja bisa manfaat.
Share This Article :
5437595235581986538