MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Trik Ciptakan Suasana Belajar Menyenangkan Di Rumah

Trik Ciptakan Suasana Belajar Menyenangkan Di Rumah – Sebagai orang tua, Anda tentu ingin agar anak – anak Anda menjadi anak yang cerdas. Untuk mendukung anak dalam belajar agar bisa menjadi anak yang cerdas, dapat Anda lakukan dengan berbagai cara.

Selain mengajak anak untuk selalu belajar, Anda juga bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan tentu saja anak akan lebih mudah berkonsentrasi hingga pada akhirnya Anda bisa mengajak anak mencapai target pembelajaran sesuai keinginannya. Untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, berikut trik ciptakan suasana belajar menyenangkan yang bisa dilakukan.

Trik Ciptakan Suasana Belajar Menyenangkan Di Rumah

Trik Ciptakan Suasana Belajar Menyenangkan

Optimalkan pencahayaan

Pencahayaan memang punya peran yang sangat penting dalam menjaga konsentrasi dan fokus dalam belajar. Coba pikirkan energi yang Anda rasakan ketika berada di musim cerah atau betapa muramnya ketika musim hujan datang.

Intinya satu yang Anda harus tahu bahwa suasana hati selalu dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitar. Karena itu di dalam ruang belajar Anda upayakan berikan sisi cahaya yang kuat. Berikan sisi cahaya yang baik artinya tidak terlalu redup dan juga tidak terlalu terang. Kalau cahayanya terlalu redup bisa membuat ngantuk dan sakit mata. Sementara kalau cahayanya terlalu terang bisa membuat Anda lebih mudah lelah ketika belajar.

Beberapa hal yang juga perlu dipertimbangkan untuk membuat sistem cahaya lebih baik diantaranya :
  • Gunakan tiga sumber cahaya sekaligus dari sudut yang berbeda.
  • Tempatkan lampu diatas dan arahkan lampu ke tempat Anda bekerja atau belajar.
  • Perhatikan kekuatan cahaya lampu belajar Anda. Lampu LED bisa jadi pilihan yang tepat dengan konsep lampu LED dengan pelindung.

Luaskan pandangan mata

Ruang yang kecil memang tidak akan bisa nyaman. Dan merubah ruangan ini agar lebih luas secara instan juga tidak mudah. Tapi Anda bisa mengupayakan agar jauh lebih luas dengan mengubah posisi meja atau kursi belajar Anda. Yang paling penting juga adalah Anda ciptakan ilusi bahwa ada area terbuka di hadapan Anda. Jika memang rumah memiliki jendela, letakkan meja belajar di dekat jendela atau arahkan kursi menghadap ke arah jendela. Dan jika meja belajar menghadap ke tembok, letakkan sebuah poster atau  gambar pemandangan yang alami dan berukuran besar. Anda juga bisa letakkan sebuah cermin besar di dekat area belajar.

Singkirkan benda yang mengundang interaksi

Tidak seperti di sebuah cafe atau perpustakaan, barang – barang di rumah, berpotensi sangat besar untuk mengganggu konsentrasi anak atau Anda. Misalkan membuat interaksi dengan benda – benda ini. Coba Anda pindahkan paling tidak sejauh 1,5 meter barang – barang yang tidak diperlukan ketika belajar. Misalkan seperti telepon genggam, komputer, televisi, mainan dan sebagainya.

Ciptakan sebuah area belajar yang ergonomis

Jangan pernah Anda hanya asal dalam memilih sebuah kursi dan meja. Tetapi coba pilih kursi dan meja yang memang ergonomis atau Anda bisa merasa nyaman ketika menggunakannya. Beberapa hal yang juga harus diperhatikan ketika memilih perabotan ini adalah apakah tinggi meja sudah sesuai dengan kursi. Dan juga coba perhatikan suhu di ruangan apakah terlalu dingin atau terasa panas. Sesuaikan semuanya sebelum Anda akan belajar.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda coba untuk fokus belajar dan punya waktu belajar yang menyenangkan. Semoga informasi tentang Trik Ciptakan Suasana Belajar Menyenangkan Di Rumah bermanfaat.
Share This Article :
5437595235581986538