MotivasiBelajar.com - Pusat Informasi Motivasi dan Inspirasi Pembelajaran Pendidikan Siswa Siswi dan Mahasiswa di Indonesia.

Trik Jitu Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa

Trik Jitu Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa – Memang benar sekali  bahwa cara tingkatkan minat dan motivasi belajar siswa ini bukan perkara yang mudah dilakukan, akan tetapi apabila hal tersebut berhasil diaplikasikan, maka akan sangat besar sekali pengaruhnya pada prestasi belajar siswa. Bagaimana pun juga, baik itu buku dengan harga yang mahal, video pembelajara yang berkualitas, teknik mengajar yang baik, dan lain – lain apabila motivasi belajar siswa ini tak ada, maka semuanya itu tidak akan pernah ada pengaruhnya sama sekali. Motivasi belajar siswa ini merupakan salah satu hal terpenting dan utama saat ingin tingkatkan prestasi belajar siswa. Berikut ini adalah trik jitu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa yang bisa Anda coba.

Trik Jitu Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa

Trik Jitu Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa

Memberikan siswa kesempatan untuk ambil keputusan dan control

Pada saat sebuah instruksi jadi sesuatu terpenting untuk menjaga motivasi dan belajar siswa, silakan Anda berikan kesempatan pada siswa untuk pilih beberapa pilihan serta control pada apa yang terjadi di kelas sebetulnya merupakan salah satu cara paling tepat yang bisa dilakukan guru supaya siswa terlihat dalam pembelajaran. Misalnya saja memberi kesempatan pada siswa untuk pilih jenis tes apa yang diharapkan atau materi jenis apa yang ingin dipelajarinya pada saat pembelajaran. Hal tersebut setidaknya bisa memberi motivasi belajar bagi siswa.

Memberikan sebuah instruksi secara jelas

Siswa akan teramat sangat frustasi sekali apabila diberikan tugas yang tak ada kejelasan akan tugas tersebut, dan yang pasti hal ini akan semakin menyurutkan motivasi belajarnya sebab ketidakfahaman pada tugas yang telah diberikan. Di setiap awal tahun, sebisa mungkin guru untuk memberi instruksi, peraturan, dan juga harapan pada siswanya secara jelas supaya kedepannya siswa bisa paham dengan maksud serta tujuan gurunya.

Menciptakan lingkungan kelas yang bebas dari ancaman

Kadang kalanya ada guru yang sangat menekankan sebuah konsekuensi jika ada siswa yang melanggar, guru tersebut akan terus mengingat dan juga mengulang – ulang pembahasan ini di setiap pertemuan. Pastinya ini akan memberi image negative siswa pada gurunya. Mereka akan beranggapan bahwasannya gurunya tersebut sudah tak pernah lagi percaya pada mereka. Padahal daripada membahas hal tersebut, sebaiknya memberi motivasi dengan cara memberi kepercayaan pada siswanya.

Mengubah suasana belajar 

Kelas adalah tempat yang paling bagus untuk belajar, tapi apabila dilakukan yang terlalu sering, maka akan menimbulkan perasaan bosan pada diri siswa. Untuk hindari hal yang demikian ini dan untuk tingkatkan ketertarikan siswa dalam mempelajari suatu materi, silakan Anda berikan kesempatan pada siswa untuk belajar di luar kelas. Guru dapat melakukannya dengan cara membuat suatu kunjungan lapangan, datangkan pembicara, atau yang lain – lain. Hal tersebut pastinya akan jadikan otak siswa lebih fresh, dan hal – hal baru yang didapatkannya pun akan jadikan siswa semakin termotivasi untuk belajar.

Menciptakan kompetisi yang positif

Persaingan dalam kelas tak akan selalu jadi hal yang buruk, bahkan bisa jadi sesuatu yang positif apabila diterapkan untuk sesuatu yang positif pastinya. Bahkan lebih dari itu, kompetisi dalam kelas juga bisa tumbuhkan motivasi siswa untuk bekerja lebih keras dan ekstra. Menciptakan suasana di dalam kelas supaya bisa tumbuhkan persaingan yang positif mungkin saja dapat melalui permainan kelompok yang terkait dengan materi maupun suatu kesempatan yang dapat memamerkan pengetahuan mereka.

Demikian informasi tentang trik jitu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Semoga saja bisa manfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Trik Jitu Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa

0 comments:

Posting Komentar