MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Anak

Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Anak – Mengapa sih anak-anak kurang suka belajar ya bund, bermain saja seharian? Mungkin saja pertanyaan ini juga mewakili apa yang selama ini Anda pertanyakan.

Percayalah Anda bahwasanya kehidupan sejati kita manusia adalah seroang pembelajar. Akan tetapi kita sering sekali memberikan perlakuan yang tak menyenangkan pada saat anak belajar atau secara tak sadar, bahkan dulu kita pun mungkin saja diberikan stimulasi yang salah, sehingga belajar itu adalah hal yang sangat tidak menyenangkan.

Contohnya saja pada saat anak kita bayi dan juga berusia 1 tahun, ia ingin memasukkan semua barang yang bisa ia pegang dalam mulutnya. Nah, kebanyakan orang lakukan saat itu adalah berkata “Jangan, itu kotor, tak boleh”, sembari berteriak – teriak dan menarik barang tersebut. Sebetulnya cara ini adalah perilaku yang dasar yang ada pada saat seorang anak belajar.

Lalu pada saat ia sudah mulai bisa berjalan, mulai ingin tahu yang lebih banyak lagi mengenai lingkungan di sekitarnya, maka pastinya akan semakin banyak pula larangan yang dikeluarkan orangtua atau pun pengasuh. Mungkin saja dikarenakan lelah menjaga anak seharian, sehingga ada banyak sekali larangan yang dikeluarkan. Padahal yang demikian ini adalah keinginan mereka untuk tahu atau belajar lebih banyak, isi database di otaknya yang masih kosong dan harus diisi.

Semestinya sebagai orangtua yang baik Anda tak melakukan hal tersebut, akan tetapi Anda juga harus mengawasi anak Anda, untuk menghalau terjadinya sesuatu yang tak diinginkan. Terlepas dari hal tersebut, berikut ini akan kami bagikan cara menumbuhkan semangat belajar pada anak yang harus Anda simak terlebih dulu.

Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Anak

Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Anak

Jadi teladan yang baik bagi anak

Orangtua merupakan contoh bagi anak – anaknya. Tak heran bila mereka sering sekali menirukan apapun yang akan dilakukan oleh orangtuanya. Nah, sebelum akhirnya Anda meminta anak – anak untuk lakukan sesuatu yang Anda inginkan, lebih baik Anda berikan contoh terlebih dulu pada mereka. Contohnya saja Anda anak Anda kelak jadi pecinta buku, maka Anda harus gemar membaca. Ajak anak Anda membaca bersama meskipun hanya 1 jam di setiap harinya. Dengan cara tersebut maka secara perlahan – lahan anak Anda akan menganggap bahwasannya ini adalah rutinitas kesehariannya.

Pancing anak untuk mengeluarkan pendapatnya

Sudah bukan jamannya lagi orangtua yang selalu cerewet pada anak – anaknya. Sekarang waktu untuk lebih mendengarkan pendapat anak – anak, dan memberikan alternatif solusi atas masalah yang lagi mereka hadapi. Sederhananya saja, ajukan saja pertanyaan yang sederhana pada anak Anda, sehingga nantinya ia bisa mengeluarkan pendapatannya tersebut.

Selalu menyisakan waktu untuk bermain

Pulang sekolah selalu jadi waktu yang paling dinanti – nantikan oleh anak – anak Anda. Sapalah anak Anda pada saat sampai di rumah dan berikan waktu mereka untuk bermain dengan teman – teman sebayanya. Hal yang demikian ini bisa membantu dalam menjaga hubungan social anak dan teman – temannya serta melepas penat dari rutinitas belajarnya. Sehingga di esok harinya ia mempunyai energy yang cukup untuk menerima pelajaran lagi.

Nah, itulah tadi yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya tentang cara menumbuhkan semangat belajar pada anak. Selain hal itu, jangan lupa juga untuk memberikan pujian – pujian kecil apabila anak Anda melakukan sesuatu yang positif. Semoga informasinya bermanfaat ya.
Share This Article :
5437595235581986538