MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Cara Mendidik Anak Agar Mudah Berbagi

Cara Mendidik Anak Agar Mudah Berbagi – Pada saat anak Anda sudah mulai masuk ke sekolah pertamanya, maka banyak perasaan bahagia yang menyelimuti orangtua. Perasaan bahagia dan senang tatkala tak terasa anak Anda sudah mulai bertumbuh jadi besar dan tampak lucu dengan baju sekolahnya, yang pastinya perasaan bahagia dan senang tersebut dikarenakan anak Anda akan mulai bersosialisasi dengan teman – teman baru sebayanya.

Dan pastinya Anda akan lebih senang lagi saat pulang ia bercerita sudah memiliki teman baru yang baik, bermain bersama – sama, belajar bersama dan pastinya berbagi bersama. Ya, anak yang tak mempunyai kesulitan dalam berkomunikasi tentu akan lebih mudah mempunyai teman yang dapat dijadikannya sebagai tempat saling berbagi. Dia juga bisa saja saling merasakan berbagi bekal makanannya bersama teman sebayanya, atau pun pulang dengan saling bertukar sepatu. Ya, itu manfaat anak yang senang berbagi pastinya ia akan cepat mendapat seorang teman.

Tapi, tak semua anak mempunyai sifat yang mudah atau pun senang berbagi, masih ada banyak anak yang cukup kesulitan dalam berbagi dengan teman – temannya. Lantas, bagaimana peranan orangtua dalam menyikapi hal tersebut? Berikut ini adalah beberapa cara mendidik anak agar mudah berbagi yang mungkin saja bisa membantu atasi masalah Anda.

Cara Mendidik Anak Agar Mudah Berbagi

Cara Mendidik Anak Agar Mudah Berbagi

Berbicara dengan anak Anda

Anak yang sudah masuk ke sekolah taman kanak – kanak sebenarnya sudah cukup untuk dapat diajak berbicara. Jadi, ajak anak Anda untuk berbicara tentang masalah – masalah di sekolah serta berikan solusi yang dapat disepakati bersama. Pastinya gaya bicara yang disesuaikan dengan usia anak Anda. Berikan juga gambaran pada anak Anda bahwasannya berbagi itu bisa memudahnya untuk mempunyai banyak teman, dan berikan gambaran juga betapa indahnya apabila ia mempunyai banyak teman.

Jangan hukum anak Anda karena ia pelit

Hukuman justru akan memicu rasa benci pada anak Anda dibandingkan menjadikannya bermurah hati. Sangat disarankan sekali untuk memberi dorongan positif dibandingkan hanya sekadar teguran atau pun hukuman. Terus berikan dorongan yang positif supaya anak Anda mau berbagi dan saat ia berbagi, jangan lupa untuk memberikan pujian.

Beri contoh

Cara terbaik untuk ajari anak Anda agar lebih bermurah hati adalah dengan memberi contoh. Jadi, Anda jangan segan – segan untuk berbagi ice cream dengannya, tawarkan juga pertolongan pada saat ia sulit menggunakan sepatu dan lain – lain. Jadi, berbagi itu memang tampak oleh sih anak dari hal – hal yang orangtuanya lakukan terhadapnya, sehingga ia pun akan merasakan betul enaknya ia di bagi ice cream oleh bundanya, betapa jadi mudahnya menggunakan sepatu jika dibantu oleh bundanya, dan lain – lain. Jadi, pada saat Anda berbagi dengan sih kecil maka pastikan ia merasakan manfaat dari berbagi itu sendiri, akan tetapi bukan menjadikan sih kecil jadi manja.

Mengajari mana yang tak boleh untuk berbagi

Apabila Anda sudah mulai memberi kemajuan tentang berbagi, jangan lupa juga untuk ajari hal – hal apa saja yang tak boleh berbagi dengan temannya. Ini sangat penting sekali untuk memberi pelajaran mana yang boleh dan juga mana yang tak boleh. Jangan lupa untuk memberikan alasan mengapa sikat gigir tak boleh berbagi penggunaannya, dan lain – lain.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mendidik anak agar mudah berbagi. Semoga saja manfaat.
Share This Article :
5437595235581986538