MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Tips Mengenalkan Angka dan Huruf Pada Balita

Tips Mengenalkan Angka dan Huruf Pada Balita – Perlu Anda tahu nih bahwasannya pada masa balita biasanya juga dikenal dengan istilah golden age, yang mana kemampuan otak anak tentu saja akan sangat berpotensi untuk menangkap informasi yang didapatkan di lingkungannya, sehingga akan sangat penting sekali untuk memberikan pengawasan guna terhindar dari pengaruh buruknya lingkungan. Anad Di sini juga bisa memperkenalkan angka serta huruf di usia balita dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan pastinya.

Walaupun hingga sekarang ini pembelajaran membaca menulis dan juga berhitung tersebut masih jadi perdebatan jika diajarkan yang terlalu dini, apalagi pada usia balita, akan tetapi jika Anda bisa memperkenalkannya dengan cara yang lebih menyenangkan malah akan jadi kebiasaan yang sangat baik sekali bagi anak Anda nanti. Ada baiknya Anda memang tak harus memaksa kemampuan anak Anda pada usia balita jelang balita sebab pada usia yang satu ini memang jauh lebih ditekankan untuk memperkenalkan bahwasannya belajar angka dan juga huruf tersebut menyenangkan, sampai tak meninggalkan depresi pada diri anak Anda.

Di bawah ini adalah beberapa tips mengenalkan angka dan huruf pada balita dengan cara – cara yang lebih menyenangkan, yang bisa Anda coba.

Tips Mengenalkan Angka dan Huruf Pada Balita

Tips Mengenalkan Angka dan Huruf Pada Balita

Lakukan permainan jari

Cara yang satu ini sangat berguna sekali untuk latih anak Anda belajar dalam mengenal angka dan juga huruf, yakni bisa dilakukan dengan menggunakan permainan. Anda nanti bisa ajak anak Anda untuk lakukan permainan jari, pertama – tama silakan Anda lakukan jari – jari di bagian depan posisi telapak tangan bawa anak Anda, dengan demikian pula Anda lalu memulai belajar berhitung dari angka 0 hingga 10 untuk perkenakan awal terlebih dulu. Ajak anak Anda untuk tunjuk satu per satu dari mulai ibu jari kemudian menuju ke kelingking, sembari mengucapkan angka – angka tersebut. Sementar itu untuk mengajak anak Anda bermain huruf, Anda bisa melakukan permainan yang sama, yakni memulai sebutkan huruf dan pada saat berakhir hingga huruf tertentu, contohnya saja huruf L, maka Anda bisa sebutkan nama – nama sayuran seperti lobak, labu, dan lain – lain.

Menggunakan kertas karton pada dinding

Anda juga bisa gunakan kertas karton yang ditempelkan di dinding, lalu Anda bisa tuliskan huruf besar serta meminta anak Anda untuk tirukan contoh tersebut. Pada pertama kalinya mungkin saja anak Anda bisa menulis dengan tulisan yang kurang baik, namun ada baiknya Anda tetap memberikan pujian atau pun motivasi untuk dorong keinginan menulis pada anak Anda. Dengan begitu anak Anda akan dapat belajar berlatih sehingga berulang – ulang dalam menghafal huruf maupun angka serta mampu menuliskan dengan baik.

Kartu – kartu dari kertas kartun

Anda juga bisa menuliskan huruf atau pun angka di sisi kertas kartun secara acak, lalu kartu tersebut Anda perkenalkan satu per satu pada anak Anad. Dalam jumlah yang terbatas silakan Anda perkenalkan huruf misalnya saja Anda tuliskan huruf A, B, C, D, yang mana masing – masing dalam 6 kartu. Cara bermainnya pertama kali Anda bisa ambil satu huruf, misalnya saja A. setelah itu Anda bisa meminta anak Anda untuk kumpulkan huruf A tersebut. Permainan satu ini akan membantu anak Anda untuk kenal huruf dengan lebih mudah.

Demikian tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan tentang tips mengenalkan angka dan huruf pada balita. Semoga saja manfaat.
Share This Article :
5437595235581986538