Cara Terbaru Membuat Donat Yang Enak

Cara Terbaru Membuat Donat Yang Enak - Donat menjadi cemilan yang banyak menjadi buruan berbagai orang. Variasi pembuatan donat dan toping menghiasi menu pilihan dengan beragam sajian menarik. Tapi sayangnya untuk membuat donat dengan tekstur dan rasa yang diinginkan tidak sebanding mulus dengan harapan. Untuk itu bagi bunda di rumah yang berkeinginan membuat donat dari tangan sendiri, ada berbagai tips dan resep yang harus diketahui untuk cara membuat donat yang mudah dibuat dan enak dicoba. Untuk cara membuat donat seperti berikut ini.


Bahan Membuat Donat

Bahan Adonan Donat
  1. 75 gram tepung terigu
  2. 2 sdm mentega tawar
  3. 1 butir telur
  4. 1/2 sdt garam
  5. 85 ml susu cair
  6. Minyak secukupnya

Bahan Biang Donat
  1. 2 sdt gula pasir
  2. 100 ml susu cair hangat
  3. 25 gram tepung terigu
  4. 12 gram ragi segar

Bahan Toping Donat
  • 125 gram gula salju

Langkah Persiapan Membuat Donat

1. Langkah pertama untuk membuat donat, disini kalian harus menyiap seluruh peralatan dan bahan yang akan digunakan. Diantara peralatan tersebut merupakan baskom, loyang, wajan, dan piring saji. Berbagai peralatan ini, nantinya akan digunakan membuat adonan dari donat itu sendiri, untuk memasak atau mematangkan adonan donat yang masih mentah menjadi matang, serta piring yang berguna sebagai tempat penyajian dari donat. Jadi sebelum memulai tahap selanjutnya alangkah baiknya kalau kita persiapkan berbagai peralatan tersebut dan tak ketinggalan dengan bahan yang sudah disampaikan sebelumnya.

2. Setelah alat dan bahan sudah siap semua, mari kita ketahui langkah selanjutnya yaitu cara membuat wadah tidak lengket dengan donat. Untuk langkah ini jangan sampai kelewatan, karena jika wadah lengket dan menyatu dengan donat, dapat mengakibatkan adonan sulit diambil dan bisa menghancurkan bentuk aslinya. Untuk itu mari kita buat wadah adonan yaitu loyang dengan menaburi tepung terigu secara merata. Saat menaburi loyang jangan gunakan seluruh tepung tapi secukupnya saja.

3. Jika wadah sebagai tempat meletakkan adonan donat mentah sudah siap, kita melanjutkan ke pembuatan biang atau pengembang. Untuk langka cara membuat biang, disini kita dapat memasukkan ragi bersamaan dengan susu hangat. Setelah kedua bahan ini masuk, langsung saja kita aduk kedua bahan ini secara merata. Dan saat proses mengaduk jangan lupa untuk memberikan gula pasir yang ikut masuk dengan kedua bahan tadi. Aduk terus secara merata dan kalau dirasa sudah kita bisa mendiamkan adonan biang kurang lebih 20 menitan atau sampai adonan dari bahan ini berbusa.

Langkah Membuat Adonan Donat

1. Setelah ketiga persiapan dari peralatan alat, persiapan loyang, dan adonan biang sudah siap untuk digunakan, mari kita melanjutkan langkah ke pokok pembahasan yaitu membuat donat. Untuk pertama kalinya kita masukkan tepung terigu, susu cair, telur, dan bahan biang yang tadi dibuat kedalam wadah yaitu baskom. Jika sudah aduk seluruh bahan tadi sampai merata menjadi satu, disaat sudah menyatu jangan lupa untuk uleni adonan dengan tangan. Tapi sebelumnya jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan supaya tidak ada kotoran yang menempel di adonan.

2. Dan disaat itu yaitu menguleni adonan, berikan garam juga mentega tawar. Uleni kembali sampai bahan yang baru saja dimasukan tercampur merata dengan adonan. Apabila adonan ini sudah siap, biarkan dulu adonan selama 30 menit. Selama didiamkan, nanti adonan akan mengembang menjadi lebih besar dari sebelumnya.

3. Apabila waktu yang diperlukan sudah mencukupi kita lanjutkan untuk mengolah bahan donat dengan menguleninya kembali supaya adonan ini jadi kecil atau kempes. Saat sudah menjadi kecil kita bisa melakukan takaran untuk dijadikan donat, takaran tersebut dapat dilakukan dengan menimbang adonan dengan masing-masing donat seberat 30 gram. Saat seluruh adonan sudah dilakukan penimbangan dengan berat yang disampaikan, maka buat bulatan pada setiap adonan dan diamkan sekitar 10 menit.

4. Jika sudah 10 menit, supaya bentuk donat dapat sempurna maka pipihkan adonan dan lubangi dibagian tengahnya. Supaya lupang yang dibuat dapat sempurna, kita dapat menggunakan benda sekitar seperti cetakan atau moncong untuk menutup botol. Sesudah bahan berhasil dibuat, diamkan kembali adonan yang sudah berbentuk tersebut selama 40 menit. Pendiaman ini dilakukan supaya adonan dapat mengembang sehingga tekture yang dihasilkan dapat renyah.

5. Setelah itu, jika adonan dapat dipastikan mengembang secara sempurna dan siap untuk proses pemasakan. Hidupkan kompor, persiapkan wajan dan minyak goreng, tunggu beberapa saat sampai minyak panas secara sempurna. Setelah siap, kita masukan adonan donat tadi untuk dijadikan adonan matang yang siap dirasakan. Ciri adonan matang, kita dapat melihat dari adonan yang berubah menjadi kuning ke coklatan. Jika warna asli dari donat berubah, itu menjadi suatu pertanda bahwa donat sudah matang dan siap diberi toping. Untuk topingnya kita bebas mengkreasikannya, disini karena menggunakan gula salju maka taburi saja donat tersebut dengan toping ini.

Kreasi Adonan dan Toping Donat

Bagaimana untuk cara membuat donat yang saya sampaikan pastinya mudah dilakukan dengan tangan sendiri, selain menjamin kesehatan dan hemat dikatong, membuat donat sendiri bisa menambah kemampuan memasak pada diri kita. Dan selain mengetahui cara membuat seperti cara diatas, ada berbagai kreasi lain yang dapat kalian buat untuk menambah varian.

Tenang saja, berbagai kreasi yang diperlukan untuk membuat donat sangat lah mudah. Dapat dikatakan hampir sama dengan cara diatas, hanya saja disini ada berbagai tambahan bahan seperti campuran buah atau membuat bentuk donat yang lebih imut dari biasanya. Bagaimana penasaran? Sebenarnya memang mudah, karena seperti membuat donat blueberry. Buah satu ini tentu menjadi andalan disetiap cemilan kekinian, dilain sisi dengan mencampurkan adonan dengan buah blueberry dapat menambah rasa manis dan sangat enak dicoba.

Selain itu ada kreasi lain yang juga dapat dibuat dan kali ini tidak menggunakan buah ataupun tambahan toping. Dan walau begitu rasa yang dihasilkan tidak akan hambar karena kali ini kita dapat mengkreasikan keju kedalam adonan. Rasa lezat dan aroma menyengat pada keju mampu menggugah selera bagi siapa yang menginginkannya.

Dan masalah toping tambahan, ada beragam toping yang cocok digunakan sebagai varian rasa untuk donat. Paling sering digunakan untuk toping hingga meedi favorit adalah coklat. Kita juga dapat menaggatikan toping dari gula salju dengan coklat apbila berkeinginan memiliki banyak rasa pada berbagai bahan donat yang dibuat tadi. Selain itu masih ada berbagai toping pilihan yang banyak menjadi pilihan, dan dari kreasi toping pilihan yang banyak disandingkan dengan toping coklat, banyak juga yang m,enyukai toping keju, kombinasi coklat keju, stroberi, seres, tiranitsu, coklat kadang, serta berbagai toping lain.

Jadi bagaimana berminat untuk mencoba membuat donat dengan kreasi baru atau hanya mau mencoba membuat ini saja. Tentu sayang kalau hanya berhenti mencoba, karena jika kita sudah berhasil meniorukan cara membuat donat yang saya sampaikan, ini bisa menjadi pertanda bahwa percobaan-percobaan selanjutnya dapat dilakukan dengan mudah. Jadi terus lah mencoba dan jangan takut gagal untuk membuat makan enak.

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama