Mengenal Laporan Posisi Keuangan Dan Fungsinya

Kondisi suatu perusahaan dapat dilihat dari banyaknya asset yg dimiliki, berapa pengeluaran dan pemasukan perusahaan hingga berapa banyak modal yg digunakan perusahaan buat tumbuh dan meningkat . Semua itu dicatat dalam sebuah laporan posisi keuangan.

Cоntоh lароrаn роѕіѕі kеuаngаn ada bermacam-macam. Umumnya disebut juga selaku neraca atau balance sheet. Wujudnya dapat berbentukneraca pembukuan, neraca pengeluaran dan yang lain-yang lain.

Aра Lароrаn Pоѕіѕі Kеuаngаn іtu?


Laporan posisi keuangan yakni laporan yg memamerkan keadaan keuangan sebuah perusahaan. Laporan posisi keuangan lazimnya disebut juga dengan neraca. Di dalamnya ada dua info yang kemudian disebut selaku akun.

Posisi akun diurutkan dari tingkat likuiditasnya. Semakin gampang dicairkan, maka posisinya ada di atas. Begitu juga sebaliknya. Kaprikornus penyusunannya dihentikan sembarang pilih. Di dalamnya tercakup 3 hal penting yakni harta, keharusan dan juga modal.

Kоmроnеn dаlаm Mоdеl Lароrаn Pоѕіѕі Kеuаngаn


Kondisi sebuah perusahaan dapat dilihat dari banyaknya asset yang dimiliki Mengenal Laporan Posisi Keuangan dan Fungsinya

Laporan posisi keuangan memiliki tiga unsur yang seluruhnya utama. Satu sama lain saling berafiliasi dan tak bisa dipisahkan. Ketiga kompinen tersebut yakni :

1. Hаrtа


Harta disebut juga dengan asset. Artinya semua harta benda dalam perusahaan dimasukkan ke dalam klasifikasi ini. Selain itu ada juga seluruh ongkos yg dilaksanakan perusahaan bagi berbagi perusahaan.

Beberapa acuan harta atau asset perusahaan adalah, property, perlengkapan, piutang, kas dan biaya-biaya yang dibayarkan di wajah, mirip ongkos litrik, ongkos air dan sebagainya.

2. Kеwаjіbаn


Komponen keharusan adalah unsur yg berisi segala keharusan yang harus dikerjakan perusahaan untuk membuatkan perusahaannya. Contohnya tanggungan hutang kepada pihak ketiga, santunan modal hingga pada pembayaran honor pegawai.

3. Mоdаl


Modal yg dimaksud merupakan modal yg diberikan oleh penanam modal kepada perusahaan untuk kemajuan perusahaan ke depan. Kapital ini disebut juga dengan ekuitas yang berisi sejumlah modal bisnis beserta laba yang ditahan.

Fungѕі Lароrаn Pоѕіѕі Kеuаngаn


Kondisi sebuah perusahaan dapat dilihat dari banyaknya asset yang dimiliki Mengenal Laporan Posisi Keuangan dan Fungsinya

Laporan posisi keuangan tergolong laporan utama yang harus ada dalam suatu perusahaan. Keberadaannya menerangkan apakah keuangan perusahaan melakukan sehat atau tidak.

Keuangan perusahaan yang sehat akan berefek baik pada perkembangan perusahan ke depan. Sebaliknya kondisi keuangan perusahaan yg tak sehat, memperlihatkan bahwa perusahaan mengalami kerugian dan mampu jadi secepatnya gulung tikar.

Itulah kenapa laporan posisi keuangan wajib dibuat sebab fungsinya sungguh penting, yakni :

1. Mеngеtаhuі Kоndіѕі Kеuаngаn Pеruѕаhааn Pаdа Wаktu Tеrtеntu


Akhir pelaporan atau yg biasa diketahui dengan istilah tutup buku biasanya terjadi di final era atau simpulan tahun, yakni 31 Desember. Pada waktu tersebut, segala pembukuan keuangan mulai dicatat dan dilaporkan pertanggung jawabannya pada perusahaan.

Dari hasil laporan posisi keuangan, mampu dilihat apakah modal perusahaan telah kembali, apakah perusahaan telah mengeluarkan uang semua biaya-ongkos operasional dan non operasional perusahaan, apakah honor karyawan dibayar sempurna waktu dan yang lain sebagainya.

Jika kesudahannya masih ada saldo, maka keuangan perusahaan dibilang baik. Begitu juga sebaliknya. Laporan posisi keuangan dapat memberikan seberapa besar pertumbuhan yg sudah dijalankan perusahaan.

2. Mеnjаdі Dаѕаr Anаlіѕа Kеuаngаn Pеruѕаhааn


Perusahaan perlu melaksanakan yg namanya penilaian tiap tahunnya. Melalui laporan posisi keuangan, perusahaan bisa sedang langkah-langkah perihal kebijakan yg terjadi dalam perusahaan.

Missal bila keuangan sedang membaik dan pemasaran melakukan bagus, maka tak ada salahnya memperbesar karyawan. Atau menghemat sejumlah peralatan yang tidak perlu, dengan menghadirkan peralatan lain yang lebih maju.

Anggaran perusahaan perlu dijumlah ulang dan dijadikan landasan dalam menentukan keputusan. Itulah kenapa laporan posisi keuangan harus dibentuk sedetail mungkin dan sejujur mungkin. Agar perusahaan mampu mengambil kebijakan dengan lebih tepat.

3. Sеbаgаі Buktі Pеrtаnggungjаwаbаn Kераdа Invеѕtоr


Dalam melakukan perusahaan, pemilik perusahaan lazimnya mendapatkan pertolongan modal dari para investor. Dana dari investor ini pastinya akan menjinjing keuntungan bagi kedua belah pihak.

Laporan posisi keuangan yang baik mulai menciptakan para penanam modal semakin yakin dengan perusahaan. Dapat jadi penanam modal mulai menanamkan modalnya lagi jikalau melihat abad depan perusahaan ke depan makin baik. Sebaliknya investor dapat saja mempesona modalnya jikalau ternyata keuangan perusahaan mengalami penurunan.

Cоntоh Lароrаn Pоѕіѕі Kеuаngаn


Laporan posisi keuangan di tiap perusahaan mampu jadi berbeda. Namun formatnya sama. Setidaknya dalam асuаn lароrаn роѕіѕі kеuаngаn untuk UMKM ada langkah berikut ini dalam pengisian neraca.

  • Mеngаnаlіѕа trаnѕаkѕі kеuаngаn реruѕаhааn
  • Pеnсаtаtаn jurnаl trаnѕаkѕі kеuаngаn ѕесаrа dеtаіl dаn jujur
  • Pіndаhkаn саtаtаn kе buku bеѕаr
  • Sіарkаn nеrаса ѕаldо untuk mеmіndаhkаn ѕеgаlа dаtа уg ѕudаh dіѕіарkаn
  • Suѕun аkun bеrdаѕаrkаn саtаtаn уаng аdа dі dаlаm buku bеѕаr
  • Buаt ѕtаtеmеnt оf fіnаnсіаl роѕіtіоn уаng dіdаѕаrkаn раdа lароrаn роѕіѕі kеuаngаn уg ѕudаh dіbuаt.
Laporan posisi keuangan ini biasanya dibentuk oleh akuntan dalam perusahaan dan dibuat berkala buat mengawasi kinerja keuangan perusahaan.

Contoh laporan posisi keuangan yg baik bisa ditemukan di perusahaan yg sudah cantik administrasinya, sehingga bisa jadi referensi buat kemajuan perusahaan di kurun depan.
Lebih baru Lebih lama