9/03/2017

Metode Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien

Metode Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien – Belajar di pagi hari bagi siswa adalah sebuah kewajiban, kewajiban yang akan melekat erat pada predikat yang disandangnya, yakni pelajar, pelajar = belajar. Pelajar yang baik memang harus belajar dengan baik, belajar yang baik merupakan belajar yang hasilkan peningkatan pengetahuan, sikap dan juga keterampilannya. Belajar yang baik ini semestinya belajar yang bias dukung pencapaian tujuan – tujuan jangka pendek dan juga jangka panjang yang berguna bagi kehidupannya kelak.

Belajar berkualitas bagi pelajar adalah belajar yang efektif dan juga efisien. Belajar yang tak bermutu sama dengan membuang – buang energy. Buang – buang energy pastinya hanya kesia – siaan saja yang akan didapatkan. Lantas, bagaimana metode belajar berkualitas yang efektif dan efisien tersebut?

Metode Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien

Metode Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien

  • Berdoa sebelum dan juga sesudah belajar, doa ini nantinya akan menguatkan jiwa serta memberi keberkahan pada usaha, sebab itulah jangan pernah dilupakan, usaha di dunia tetapi berpahala di akhirat.
  • Menentukan tujuan belajar, belajar untuk apa, untuk capai apa, untuk kuasai apa, atau pun yang lainnya? Menentukan tujuan dalam belajar ini akan menjadikan belajar Anda bisa lurus pada jalurnya.
  • Menentukan target hidup yang akan dicapai dari hasil belajarnya tersebut, contohnya saja nilai ulangan tinggi, nilai raport yang memuaskan, atau pun lulus dengan prestasi. Tentukan target hidup akan memberikan motivasi supaya belajar terus bersemangat, jika memang diperlukan Anda bisa menuliskan target hidup Anda sebagai cita – cita dan tempelkan saja di tempat yang dapat Anda lihat di setiap harinya.
  • Buat jadwal belajar dan silakan Anda taati jadwal tersebut. Buat jadwal jam berapa saja Anda harus belajar dan berapa lamanya Anda belajar. Belajar yang terjadwal dengan baik ini pastinya akan jadi pedoman harian buat Anda untuk tetap belajar di setiap hari tanpa absen. Selain itu, berikan saja sanksi diri apabila Anda melanggarnya, contohnya saja dengan menggantinya pada jam lain hari itu dengan durasi yang sama dan ditambahkan menghafal lima suku kata bahasa Inggris, dan lain – lain. 
  • Istirahat, berikan saja waktu istirahat bagi diri Anda sendiri dari aktifitas belajar, contohnya saja belajar selama 1 jam istirahat selama 5 hingga 10 menit dengan kegiatan – kegiatan santai yang Anda suka, sekadar minum, atau pun jalan – jalan sebentar. 
  • Silakan Anda jauhkan semua gangguan, jika memang tidak bisa, maka Anda yang harus menjauhinya, contohnya saja televisi yang terbaik yang ada kaitannya dengan televisi ini adalah adanya kesepakatan semua anggota keluarga, yakni dengan tak menghidupkan televisi di jam – jam belajar.
  • Selain itu Anda juga harus mengenali tipe belajar Anda, jika Anda suka belajar dengan symbol – symbol, gambar, dan juga visualisasi, maka silakan Anda belajar dengan melibatkan hal – hal visual tersebut yang akan membuat Anda tertarik, misalnya saja dengan memperhatikan gambar – gambar pada buku sumber, lalu menelaah penjelasannya, gunakan saja ilustrasi serta warna yang bervariasi di dalam buku catatan Anda supaya selalu berminat untuk mempelajarinya. Jika Anda suka belajar dengan cara mendengarkan suara, maka Anda juga bisa membaca sembari bersuara, atau pun mendengarkan suara lainnya yang Anda suka.
Demikian informasi tentang metode belajar berkualitas yang efektif dan efisien, yang bisa kami bagikan. Semoga manfaat.

Metode Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MotivasiBelajar.com

0 komentar:

Posting Komentar