MotivasiBelajar.com - Pusat Informasi Motivasi dan Inspirasi Pembelajaran Pendidikan Siswa Siswi dan Mahasiswa di Indonesia.

Tips Motivasi Semangat Anak Mengerjakan PR di Rumah

Tips Motivasi Semangat Anak Mengerjakan PR di Rumah – Memang bukanlah hal asing lagi bila anak – anak yang sekolah sering sekali diberikan pekerjaan rumah atau PR oleh guru mereka di sekolah. Tidak lain dan tidak bukan, tujuan diberikan PR ini adalah semata – mata sebagai tugas tambahan untuk control supaya anak tetap bisa belajar, ya setidaknya mengingat kembali pelajaran yang baru saja dibahas di sekolah. Namun sangat disayangkan sekali, tumpukan tugas dari sekolah tersebut sering sekali menjadikan anak – anak merasa sangat tertekan dan stress jika tak ada dukungan serta pemahaman yang tepat pada anak – anak. Hal inilah yang pada akhirnya memicu anak – anak tidak mau menyelesaikan PR nya. Lantas, seperti apa sih memotivasi semangat anak agar mereka mau menyelesaikan PR nya tersebut? Berikut adalah beberapa tips motivasi semangat anak mengerjakan PR di rumah yang harus Anda tahu.

Tips Motivasi Semangat Anak Mengerjakan PR di Rumah

Tips Motivasi Semangat Anak Mengerjakan PR di Rumah

Memberikan suasana yang nyaman

Tugas yang menumpuk bisa jadi sudah sangat membebaninya. Apabila ditambah dengan suasana di rumah yang tidak menyenangkan, seperti gaduh di mana – mana, ibu yang berteriak – teriak atau pun yang lain – lain, maka sudah pasti hal tersebut justru akan semakin menjadikan anak Anda lebih tertekan lagi dan hasilnya anak justru akan semakin menunda – nunda menyelesaikan PR nya, alasannya sudah terlebih dulu lelah dengan tugas yang diberikan gurunya di sekolah. Solusinya adalah sebisa mungkin upayakan supaya anak Anda mendapat suasana rumah yang lebih menyenangkan lagi.

Jangan membiarkan anak belajar saat perut kosong

Salah satu faktor stress dan juga kesulitan belajar yang ada pada diri anak Anda ini juga bisa dipengaruhi karena perut anak Anda dalam keadaan kosong. Untuk itu, sewaktu Anda mendapatkan ekspresi anak Anda yang tertekan saat belajar, maka mintalah anak Anda untuk segera beristirahat sejenak dan makan. Ingatkan anak untuk isi perutnya supaya semangat mereka dapat kembali hadir, sehingga kegiatan mengerjakan PR di rumah ini bisa jadi lebih tenang dan nyaman.

Jangan pernah menyatpami anak Anda

Hanya dikarenakan Anda ingin pastikan bila anak Anda dapat menyelesaikan PR nya tersebut dengan baik dan sempurna, lantas Anda terus berdiri di sepanjang anak Anda mengerjakan PR dengan melipat tangan di dada yang seolah – olah seperti seorang satpam atau pun petugas. Percayalah bukan menjadikan anak Anda bisa lebih mudah dalam menyelesaikan PR nya, hal yang demikian ini justru akan menjadikan konsentrasi anak Anda buyar sebab merasa tegang.

Tengok sesekali saja

Dalam rangka pastikan bila anak Anda mengerjakan dan juga menyelesaikan PR nya dengan baik, maka tak ada yang salah bila Anda menengok anak Anda sesekali saja. Tapi, ingat jangan yang terlalu sering ya, atau pada akhirnya Anda akan berakhir seperti poin yang sudah kami singgung di atas, dengan menyatpami anak Anda.

Memberikan pujian atas pekerjaan dan kerja keras anak Anda

Memuji pekerjaan anak dan kerja kerasa mereka dalam mengusahakan sesuatu yang menjadikan mereka seolah – olah lebih dihargai dengan baik. Pada saat anak Anda merasa lebih dihargai, maka secara otomatis mereka akan berusaha lebih keras lagi. Untuk itu tak ada salahnya saat anak Anda mendapat nilai ujian atau pun quis yang baik, tempelkan saja nilai ulangan tersebut di depan pintu kulkas atau pun puji anak Anda atas kerja kerasnya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips motivasi semangat anak mengerjakan PR di rumah. Semoga saja manfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Motivasi Semangat Anak Mengerjakan PR di Rumah

0 comments:

Posting Komentar