MotivasiBelajar.com - Pusat Informasi Motivasi dan Inspirasi Pembelajaran Pendidikan Siswa Siswi dan Mahasiswa di Indonesia.

Trik Cara Belajar Berkualitas yang Efektif Dan Efisien

Trik Cara Belajar Berkualitas yang Efektif Dan Efisien Hai siswa, sudahkah Anda belajar hari ini?

Sebagai seorang siswa Anda harus tahu bahwa belajar bagi siswa merupakan sebuah kewajiban. Kewajiban yang sangat melekat bagi seorang pelajar. Dan belajar juga menjadi sebuah tugas yang perlu dilakukan secara rutin setiap harinya. Belajar yang dilakukan tentu saja dimaksudkan untuk bisa mencapai target belajar sesuai yang ditetapkan.

Untuk mencapai target belajar yang sesuai ketetapan, tentunya belajar yang dilakukan siswa harus efektif dan efisien. Dengan trik cara belajar berkualitas dan efisien dijamin target belajar yang Anda inginkan akan mudah tercapai. Yang menjadi masalah, tak semua siswa tahu dan diajarkan bagaimana trik cara belajar berkualitas demi mencapai target belajar yang ditetapkan. Karena itu, kali ini kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda bagaimana trik cara belajar berkualitas yang cocok Anda terapkan.

Trik Cara Belajar Berkualitas yang Efektif Dan Efisien

Trik Cara Belajar Berkualitas

Berdoa sebelum dan sesudah belajar

Doa memang akan dapat menguatkan setiap jiwa dan juga akan memberikan ladang berkah pada usaha yang tengah dilakukan. Karena itu apapun usaha yang Anda jalankan jangan pernah lupa untuk berdoa sebelum berusaha. Berdoa sebelum belajar.

Tentukan tujuan belajar

Belajar untuk apa Anda lakukan dan belajar yang Anda lakukan untuk mencapai apa. Ini perlu Anda pikirkan sejak dini. Dengan menentukan tujuan belajar akan membuat belajar yang Anda lakukan lurus dan berada di jalur yang sebenarnya. Tentukan juga target dari belajar yang tengah Anda usahakan.

Buat jadwal belajar dan taati jadwal itu

Buat sebuah jadwal jam berapa saja Anda harus belajar dan berapa lama Anda belajar. Belajar yang terjadwal memang akan menjadi pedoman harian yang tepat untuk Anda. Berikan sanksi diri juga jika kalian melanggarnya. Misalkan dengan menggantinya di jam yang lain dengan durasi yang sama. Jadi belajar sesuai jadwal itu perlu.

Istirahat juga perlu dipikirkan

Istirahatlah Anda setelah belajar. Tetapkan waktu belajar yang tepat. Misalkan setelah belajar selama satu jam coba Anda istirahat selama 5 sampai dengan 10 menit. Lakukan kegiatan santai yang disukai. Atau jika memang Anda orang yang multitasking. Artinya bisa belajar dengan banyak kegiatan, Anda juga bisa belajar sambil mendengarkan musik syahdu dan sebagainya.

Tuliskan dan tandai

Tuliskan hal – hal penting dari apa yang dipelajari dari berbagai sumber belajar dalam buku catatan. Buat juga sebuah ringkasan atau kata kunci yang paling penting. Kunci dan selalu bisa Anda pelajari. Tuliskan hal penting ini dalam note kecil atau buku catatan kecil yang bisa Anda bawa kemana – mana. Jika Anda bawa kemana – mana tentu akan sangat lebih mudah belajar dimana saja dan kapan saja.

Kondisikan dan nikmati

Kondisikan ruang belajar Anda agar bisa nyaman untuk belajar. Coba atur sedemikian rupa sehingga nantinya meja, kursi, rak buku dan lampu pada posisi yang pas. Untuk mendukung kenyamanan belajar, berikan hiasan juga yang membuat Anda merasa nyaman. Anda bisa buat sebuah ruang belajar dengan warna yang cerah dan lembut. Berilah juga tanaman hijau yang segar untuk membuat Anda lebih nyaman didalam ruang belajar yang dikondisikan.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Trik Cara Belajar Berkualitas yang Efektif Dan Efisien. Terapkan cara belajar efektif diatas dan semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Trik Cara Belajar Berkualitas yang Efektif Dan Efisien

0 comments:

Posting Komentar