MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

5 Manfaat Pendidikan Budi Pekerti Untuk Siswa di Sekolah

5 Manfaat Pendidikan Budi Pekerti Untuk Siswa di Sekolah - Pendidikan budi pekerti merupakan usaha sadar yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai moral kedalam sikap dan perilaku peserta didik agar memiliki sikap dan perilaku yang luhur dalam kehidupan sehari-hari.

Kita tentu pasti tahu jika wujud dari moral, karakter, serta akhlak mulia, dan budi pekerti yang luhur merupakan tujuan dari pembangunan manusia Indonesia yang kemudian diimplementasikan ke dalam tujuan pendidikan nasional. Nah? Berikut ada beberapa daerah di Indonesia yang sudah mewajibkan pendidikan budi perkerti sebagai bidang studi muatan lokal sehingga tidak hanya melalui keteladanan, teguran, ataupun aturan tertulis/tak tertulis budi pekerti ditanamkan. Namun siswa dapat memperoleh pengetahuan tentang budi pekerti secara menyeluruh. 

5 Manfaat Pendidikan Budi Pekerti Untuk Siswa di Sekolah


Menanggulangi krisis moral
Jatuhnya moralitas bangsa membuat generasi saat ini mulai meninggalkan budaya ketimuran yang seharusnya menjadi jati diri bangsa ini. Globalisasi berdampak besar terhadap moral anak bangsa. Gaya hidup modern seperti konsumsi minuman beralkohol, seks bebas, sampai gaya berpakaian juga mengikuti budaya luar. Ranah hukum di Indonesia masih belum cukup memberikan efek jera bagi korban krisis moral, sehingga adanya deteksi dini dari semua pihak salah satunya adalah lembaga pendidikan sangatlah membantu untuk mencegah dan menanggulangi fenomena ini.

Persiapan menghadapi era globalisasi
Kita hidup di era globalisasi dimana batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit karena kemudahan interaksi, akses informasi, dan penyebaran teknologi yang begitu pesat. Banyak dampak positif yang dapat kita ambil, namun tidak sedikit juga dampak negatif yang sangat berbahaya apabila generasi bangsa tidak siap menghadapinya, terutama untuk anak usia sekolah. Mereka hanya sekedar menerima tanpa memfilter mana yang seharusnya diikuti dan mana yang harus dihindari. Disitulah pentingnya peranan pendidikan budi pekerti untuk mempersiapkan siswa dalam memfilter masuknya perubahan terkait dengan globalisasi.

Menjunjung tinggi budaya dan tradisi luhur bangsa
Dengan adanya pendidikan budi pekerti diharapkan siswa mampu mengamalkan nilai-nilai dan budi luhur dalam kehidupannya dengan baik dan benar, dan tidak terpengaruh budaya dari luar.

Mempererat komunikasi siswa dengan guru dan orang tua
Pendidikan budi pekerti berbeda dengan matematika dan IPA, pendidikan budi pekerti bersifat fleksibel dan tidak terikat dalam satu rumus pasti. Komunikasi merupakan kunci dari penanaman budi pekerti. Sehingga ketika budi pekerti diterapkan sebagai mata pelajaran di sekolah komunikasi guru dan siswa menjadi lebih intensif begitu juga tugas yang diberikan kepada siswa merupakan project dengan pantauan orang tua.

Membantu siswa memilih pergaulannya
Pergaulan anak sekolahan di jaman sekarang sangat berbahaya apabila anak tidak memiliki kontrol diri dan kecerdasan memilih lingkungan yang akan diikutinya. Pendidikan budi pekerti dapat membantu siswa memilih mana lingkungan yang baik dan mana lingkungan yang kurang baik berdasarkan nilai dan norma yang berlaku dimasyarakat.

Setidaknya dari gambaran diatas, kita juga bisa merenungkan dan memahami seperti apa cara penerapan budi pekerti yang baik untuk anak didik kita. Okey, semoga sedikit sharing dihalaman kali ini bermanfaat ya?
Share This Article :
5437595235581986538