Rincian Biaya Servis dan Perawatan Avanza Terbaru

Rincian Biaya Servis & Perawatan Avanza : Bikin Kantong Kering?

Toyota Avanza menjadi salah satu mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) favorit keluarga untuk sarana transportasi, karena harganya yang terjangkau. Namun, untuk menjaga kinerja mobil agar tetap nyaman digunakan diperlukan perawatan.

Rincian Biaya Servis dan Perawatan Avanza Terbaru

Lalu, berapa rupiah yang harus dikeluarakan untuk servis & perawatan Toyota Avanza?, untuk mengetahuinya mari kita simak artikel di bawah ini.

Biaya Servis Avanza

Bagi  Anda pemilik kendaraan bermotor sebaiknya rutin melakukan servis, hal ini bertujuan agar mesin dapat bekerja secara maksimal dan mengurangi resiko kerusakaan jangka panjang. Secara umum, servis kendaraan bermotor dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Apabila Anda melakukan servis, maka akan dilakukan beberapa pengecekan dan perawatan, antara lain pengecekan kondisi mesin, pembersihan sistem pembakaran, dan penyetelan komponen.

Tetapi, jika kendaraan yang Anda miliki masih terasa nyaman digunakan, maka Anda cukup mengganti olinya saja. Karena oli berperan sebagai pelumas atau lubricating, yang membantu mengurangi gesekan pada mesin.

Berikut rincian biaya servis Toyota Avanza.

Servis                                     Biaya
Air Accu                                    Rp.7.500
Brake Cleaner                           Rp. 52.900
Cairan Wiper                             Rp. 33.000
Injector dan Engine Cleaner   Rp. 168.900
Oli 10W-40                                Rp. 92.500
Ciran Pembersih Cakram       Rp. 88.000
Filter Oli                                    Rp. 30.000
Gasket Oli Mesin                     Rp. 9000
Engine Flush                            Rp. 52.900

Namun, apabila Anda ingin melakukan servis tambahan seperti perawatan AC, Balancing, dan lain – lain, maka akan dikenakan biaya tambahan.

Berikut daftar biaya servis tambahan.

Jenis Perawatan            Biaya
Spooring                        Rp. 185.000
Engine Detailing            Rp. 275.000
Balancing                       Rp. 100.000
Perawatan AC                Rp. 217.500

Biaya Penggantian Accu (Aki) Avanza

Accu adalah salah satu komponen yang memiliki peranan terpenting, karena untuk mengeoperasikan komponen kelistrikan membutuhkan accu. Oleh karena itu, Bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor harus rutin melakukan pengecekan Accu agar supply listrik mobil terjaga.

Namun, jika acuu yang digunakan sudah lemah, atau bermasalah, maka Anda harus menggantinya. Ada 2 jenis accu yang bisa digunakan Toyota Avanza yaitu  accu basah dan accu kering.

Dari kedua jenis accu tersebut, jika disuruh memilih, kami memilih accu kering. Accu kering memiliki kelebihan bebas perawatan (Maintence Free), karena accu kering cairannya berbentuk gel, sehingga penguapannya lebih kecil. Harga accu Toyota Avanza yaitu Rp. 600.000 hingga Rp. 1.050.000.

Biaya Penggantian Ban Toyota Avanza

Untuk menjamin keselamatan dalam berkendara, Anda harus selalu mengecek kondisi ban sebelum melakukan perjalanan. Secara umum, ban mobil memiliki usia ideal kurang lebih 3 tahun. Jadi, apabila pemakain ban mobil mencapai 3 tahun, sebaiknya dilakukan penggantian.

Namun, jika ban mobil sudah terasa tidak nyamaan saat diguanakan sebelum 3 tahun, karena ban telah tipis, permukaannya pecah, atau ada benjolan, sebaiknya segera dilakukan pengecekan.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk penggantian ban mobil Toyota Avanza adalah sekitar Rp. 500.000.

Biaya Pajak Toyota Avanza

Pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan pembayaran pajak setiap tahunnya. Semakin mahal kendaraan bermotor, maka semakin tinggi tarif pajaknya. Apabila membahas mengenai biaya pajak, pasti Anda penasaran dengan tarif pajak mobil Toyota Avanza.

Dikutip dari pemerintahkota.com, Biaya pajak Avanza cukup murah, antara Rp. 938.000 hingga Rp. 2.948.000. Tinggi rendahnya pajak mobil Toyota Avanza tergantung dengan tipe mobil dan tahun produksinya. Untuk mengetahui lebih lengkap tarif pajak Toyota Avanza sesuai tahun produksi dan tipenya, bisa Anda cek di pemerintahkota.com.

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama