MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menetukan Jurusan Kuliah

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menetukan Jurusan Kuliah - Apakah kalian pernah mendengar mahasiswa mengeluhkan kuliahnya? “duh sepertinya aku memang salah jurusan nih”, “kalau saja aku tidak ambil jurusan ini pasti aku sudah lulus”, “nyesel dulu ambil jurusan ini, cari kerja susah”.

Sebenarnya bukan jurusannya yang salah, namun pengetahuan dan persiapan yang kurang mengakibatkat hal ini sering terjadi. Banyak orang punya mindset yang penting kuliah masalah nanti setelah lulus mau kerja apa urusan belakangan, ada juga mereka mengambil jurusan tersebut dengan alasan seleksi masuknya mudah karena peminatnya sedikit, dan ada pula yang sekedar ikut-ikutan teman. Kasus yang paling sering terjadi biasanya hanya sekedar mengikuti kemauan orang tua. Fix itu akan menjadi masalah besar untuk kalian nantinya. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kalian menentukan jurusan. Diantaranya :

Mengetahui bakat dan minat

Seseorang yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi wajib mengetahui bakat atau potensi diri agar nantinya ketika sudah duduk dibangku kuliah bisa nyambung dengan apa yang akan mereka pelajari. Selain bakat seseorang juga harus memperhatikan minat atau keinginan dari dalam hati. Aku ingin ambil jurusan apa? Apa sih yang paling aku sukai? dan alangkah baiknya jika bakat dan minat tersebut bisa balance. Sehingga ketika kalian sudah menjalani masa kuliah tidak akan menjadi beban atau paksaan. Untuk mengetahuinya kalian bisa konsultasi ke guru BK di sekolah atau dengan wali kelas.

Musyawarah dengan orang tua

Musyawarahlah dengan orang tua, saling bertukar pendapat karena bagaimanapun juga orang tua yang akan membiayai kuliah kalian nantinya. Ketika berselisih pendapat, orang tua menginginkan kalian masuk jurusan yang tidak sesuai dengan bakat dan minat kalian, coba untuk pelan-pelan memberikan pengertian mengenai sebab dan akibat dari jurusan yang akan kalian ambil. Cobalah terus hingga menemukan solusinya.

Perhatikan kualitas kampus yang akan dituju

Oke..ini memang bukan bagian utama namun juga harus diperhatikan. Akreditasi fakultas dan program studi, fasilitas penunjang belajar, dan status perguruan tinggi. Kenapa harus? Karena ketika kalian lulus nanti di dunia kerja ijazah akan diperhitungkan guys. 

Percaya ngga percaya ini adalah fakta di lapangan. Jadi sebelum kalian menentukan pilihan jangan lupa kepoin dulu ya latar belakang kampusnya. Jangan sampai terjadi kasus sudah susah susah kuliah, bayar mahal ehh ternyata pada akhirnya ijazahmu tidak diakui. Serem banget kan?

Mengetahui gambaran kegiatan perkuliahan pada jurusan yang akan di ambil

Malu bertanya sesat di jalan peribahasa ini tepat sekali, jangan pernah malu atau takut untuk bertanya, jangan malas untuk mencari informasi perihal gambaran kegiatan perkuliahan kalian nanti. Apa tujuannya? Agar kalian tidak kaget guys, kalau hanya mengira ini dan itu bisa jadi kalian akan menyesal nantinya karena tidak sesuai dengan yang kalian harapkan. Misalnya kalian ingin kuliah di jurusan seni dengan anggapan bisa santai, nah pada kenyataannya anak seni ngga bisa nyantai karena banyak biaya dan praktik. Jadi bertanyalah agar tidak tersesat kemudian.

Setelah lulus nanti kalian akan bekerja dimana? Atau melanjutkan S2?

Rencana ini harus sudah dipikirkan mulai dari awal, ketika sudah lulus aku mau bekerja dimana? Apakah jurusan yang akan diambil sudah sesuai, apakah ijazah itu bisa digunakan untuk bekerja disana? Sangat fatal akibatnya jika kalian tidak memperhatikan hal tersebut. Berbeda lagi jika memang ingin melanjutkan ke jenjang S2, jurusan apa yang akan diambil sesuai dengan jurusan pada jenjang S2 biasanya di sebut linear atau berhubungan. 

Sedikit banyak dari apa yang sudah kami jelaskan diatas semoga ada manfaatnya ya?...
Share This Article :
5437595235581986538