Tips Memuat Material Yang Aman Pada Dump Truck

Tips Memuat Material Yang Aman Pada Dump Truck

Dalam proses pemuatan dan pembongkaran muatan, faktor keselamatan harus sangat diperhatikan. Jangan sampai prosesnya membahayakan pengendara dan orang lain.

Ingat, keselamatan jauh lebih utama dari apa pun. Ketelitian dalam mengoperasikannya pun dapat meminimalkan kerusakan pada kendaraan. Tentunya ini dapat mengurangi risiko kerugian yang lebih parah.

Pasalnya, kendaraan pengangkut ini harganya cukup menguras isi kantong. Sebut saja harga dump truck FAW yang nilai jualnya bisa mencapai 950 juta rupiah per unit.

Ketika Anda ingin mengoperasikannya di lapangan, ada beberapa hal yang sebaiknya diperiksa. Khususnya ini dilakukan sebelum memuat material. Berikut ini poin penting yang harusnya dicermati.

Suspensi Kendaraan

Perlu diketahui bahwa setiap dump truck sudah dilengkapi dengan suspensi sesuai kebutuhan. Ini menyesuaikan dengan kapasitas pengangkutannya.

Semakin berat bebannya, tentu suspensi yang dilekatkan jauh lebih baik. Tujuannya supaya dapat menopang beban tanpa mengalami kendala yang berarti.

Variasi dari jenis ini tentu mempengaruhi pada harga jualnya. Anda mungkin sudah mengetahui kisaran dari harga dump truck Mitsubishi atau sejenisnya.

Harganya sangat bervariasi. Menyesuaikan dengan jenis, kekuatannya hingga komponen pendukung lainnya.

Selama Anda tepat menentukan kendaraan, komponen pendukung seperti suspensi ini bakalan bekerja secara optimal. Bahkan, bisa berumur cukup Panjang sehingga kendaraan dapat dioperasikan dalam waktu yang lama.

Walaupun begitu, tetap saja Anda perlu mencermati bagian tersebut. Khususnya sebelum melakukan pemuatan.

Alasannya, komponen ini bisa mempengaruhi pada kestabilan kendaraan. Apabila mengalami kerusakan, usahakan untuk mengurungkan niat dalam mengangkut barang. Karena dikhawatirkan jika distribusi material di perjalanan akan terganggu atau cenderung mengancam keselamatan.

Tekanan Ban

Sama halnya dengan suspensi, Anda pun harus memeriksa tekanan dari ban. Usahakan agar tekanan udaranya cukup.

Sebaliknya, hindari mengoperasikannya bila tekanannya rendah. Karena, tekanan ban yang rendah tidak cukup untuk menopang beban dari muatan.

Kemungkinannya, kendaraan bisa goyah ketika dipacu di perjalanan. Apalagi jika masalahnya terjadi pada salah satu ban.

Sebelum masalahnya terjadi, pilihan bijaknya tentu saja mengisi udara ban sesuai ketentuan. Usahakan seluruh ban memiliki tekanan yang sama. Dengan begitu, keseimbangan kendaraan bisa didapatkan.

Area Parkir Dump Truck

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan sebelum memuat material adalah lokasi dari penempatan dump truck. Lokasinya harus di bidang yang datar.

Sebisa mungkin, usahakan agar kendaraan dapat terparkir secara sempurna. Areanya memungkinkan kendaraan tidak berjalan dengan sendirinya.

Alasannya, kendaraan tersebut akan diisi dengan muatan. Semakin lama, beban dari muatan ini bisa mendorong kendaraan untuk maju atau mundur.

Ketika kendaraan diletakkan pada posisi yang miring, ada kemungkinan jika kendaraan dapat berjalan. Bahkan, kendaraan bisa terguling sehingga membuat Anda kesulitan sendiri.

Kondisi ini tentu saja merugikan. Selain membahayakan keselamatan, ini bisa membuat kendaraan rusak parah. Salah-salah, Anda perlu menabung lagi untuk membeli kendaraan. Dan ini menyulitkan lantaran harga dump truck Hino ini tidaklah murah.

Kalau pun tidak menemukan bidang yang datar, pastikan agar tingkat kemiringan dari area tidak terlalu curam. Kemudian, pastikan jika tanahnya memang cukup kuat.

Setidaknya, roda dapat mencengkeram dengan kuat. Dengan begitu, kendaraan tidak mudah bergerak meskipun diisi dengan muatan.

Setelah semuanya dipastikan, pemuatan material bisa segera dilakukan. Selama pemuatan, pastikan kendaraan telah diparkir dan diposisikan secara terkunci rem.

Akhirnya, keselamatan kerja merupakan yang utama. Selagi Anda melakukannya dengan benar, risiko yang menimbulkan kecelakaan bisa diminimalkan. Sisanya, pastikan bahwa muatannya memang sesuai kapasitas kendaraan. Bagi Anda yang belum memilikinya, Anda dapat menemukan harga dump truck yang sesuai di website jual alat berat dot net.

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama