MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Bagaimana Cara Belajar Yang Efektif?

Bagaimana Cara Belajar yang Efektif? - Setiap kita memiliki karakter yang berbeda, apalagi dari cara belajar? Ada teman yang suka belajar dimalam hari, ada juga yang lain belajar disiang hari, atau ada yang belajar dengan sistem kebut sehari. Kamu termasuk tipe belajar yang seperti apa? Atau jangan-jangan malah tidak belajar.

Bagaimana Cara Belajar Yang Efektif

Berbagai cara dilakukan oleh orang tua ataupun guru untuk menentukan jadwal belajar. Kita tahu, bahwasanya salah satu cara agar belajar menjadi efektif adalah dengan disiplin waktu. Ingat paribahasa yang mengatakan, waktu adalah uang? Sebegitu berharganya waktu sehingga siapa yang melalaikan waktu sama saja membuang-buang uang. Betul?

TIPS AGAR BELAJAR MENJADI EFEKTIF?

Apa sih belajar efektif itu? Belajar efektif adalah belajar dengan waktu yang cukup namun memberikan dampak yang baik. Bukan belajar yang berjam-jam namun tak menghasilkan apa-apa, atau belajar dengan cepat, malah mudah lupa dan sulit diingat.

Agar belajar menjadi efektif, lakukanlah tips berikut ini yang pasti mudah dilakukan:

MEMBUAT JADWAL BELAJAR
Waktu memiliki peran penting untuk mensukseskan belajar. Carilah waktu yang bagus disaat otak masih jernih dan fresh, yaitu waktu yang paling bagus adalah diwaktu shubuh. Wah, kan masih kantuk disaat shubuh? Berarti ada kebiasaan buruk yang harus diubah, seperti pada artikel “Bagaimana agar semangat dalam belajar.”

Itu adalah contoh waktu yang paling bagus. Apakah ada waktu yang lainnya? Misalkan malam, sejatinya memilih waktu untuk belajar bisa kapan saja. Yang harus ditekankan adalah yang terpenting kondisi tubuh dan otak yang tidak terlalu capek. Ketika sudah mengathui waktu yang pas dan sepakat untuk dipilih, hendaklah jadwal tersebut harus dipatuhi dengan kesadaran hati.

BELAJAR DIRUANG YANG CUKUP PENERANGANNYA
Bayangkan saja belajar ditempat gelap, yang ada justru kita tertidur. Apalagi belajar di ruang yang redup dan sedikit cahaya, sudah pasti mata ini jadi tidak sehat. Jadi, pilihlah ruangan atau beri pada ruangan tempat belajar dengan pencahayaan yang cukup.

PERHATIKAN POSISI BELAJAR
Belajar yang efektif salah satu tipsnya adalah dengan posisi yang benar. Cara duduk yang baik, dan jarak pandang anatar buku dan mata harus seimbang, tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh.

Itulah beberapa tips agar belajar menjadi efektif dan memberikan dampak positif. Sebagai penutup, agar tidak jenuh dalam belajar, bentuklah kelompok belajar dengan teman-teman Anda yang memiliki motivasi dan semangat yang sama. Dengan demikian, kita bisa meminta bantuan saat kesulitan dalam memecahkan masalah kuisioner pelajaran. Atau bisa dengan belajar dengan guru bimbingan yang terpercaya. Semangat belajar ya.
Share This Article :
5437595235581986538