MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

PENDIDIKAN DI JEPANG DIKATAKAN UNIK

PENDIDIKAN DI JEPANG DIKATAKAN UNIK KARENA MENERAPKAN BEBERAPA HAL INI

1. Seni menjadi mata pelajaran wajib
Tidak seperti pendidikan di Indonesia yang mengesampingkan seni, bahkan menjad seni sebagai ektrakurikuler, di Jepang malah menjadikan seni sebagai pelajaran wajib dan utama. Siswa jepang dijari untuk bisa menggambar kaligrafi dan membuat puisi. Tujuannya adalah membuat siswa mencintai budaya dan kesenian tradisionalnya. Hal ini lah yang mugnkin menyebabkan siswa Indonesia merasa enggan melestarikan ke budayaan tradisional, namun ketika ada budaya Indonesia yang diklaim menjadi hak milik negara lain malah marah-marah. Terkadang Indonesia memang se lucu ni. Harapan penulis selaku orang pendidikan, kedepannya seni bisa menjadi mata pelajaran yang prioritasnya se level dengan MTK, IPA, dll.

2. Tidak ada tukang kebun
Sekolah di Jepang tidak ada tukang kebun, lalu siapa yang membersihkan sekolah? Tentu saja warga sekolah, terutama siswa. Siswa bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan sekolahnya, bahkan termasuk WC dan kamar mandi sekolah. Jelas tidak lain tujuannya adalah menjadikan siswa menjadi pribadi yang mandiri dan tenggung jawab atas kebutuhannya sendiri.

3. Sekolah menyediakan makanan sehat
Di Jepang, makan siang siswa sudah di sediakan oleh sekolah. Sekolah menyedikan menu makanan yang sehat dan mempekerjakan koki profesional agar anak didiknya menjadi sehat. Hal inilah yang baraangkali belum bisa untuk ditiru oleh Indonesia, sebab minimnya finansial untuk pendidikan, sebenarnya dana untuk pendidikan 20% dari APBN, namun entah mengalir kemana.

4. Seragam dalam pakaian, tas hingga sepatu
Tidak hanya pakaian yang dikenakan oleh siswa saja yang seragam, bahkan sepatu dan tas yang dibawa oleh siswa juga seragam. Ini disediakan oleh pihak sekolah, untuk melatih kedisplinan dan kekompakan diantara siswa-siswanya. Hal ini juga yang mungkin belum bisa ditiru oleh pendidikan di Indonesia, jangankan memiliki pakaian dan sepatu yang seragam, di daerah 3T Indonesia masih ada siswa yang tidak memiliki seragam dan bahkan sekolah idak bersepatu.

Bicara soal unik, sebenarnya pendidikan di Indonesia pun juga busa dikatakan unik, mengapa? Pendidikan di Indonesia juga memeiliki model pendidikan yang tidak dilakukan oleh negara lain, seperti; kejar paket, SMP Terbuka, komunitas belajar, dan lain-lain.
Share This Article :
5437595235581986538