MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

SMA VS SMK - MANAKAH YANG LEBIH UNGGUL DIBANGKU KULIAH?

SMA VS SMK - MANAKAH YANG LEBIH UNGGUL DIBANGKU KULIAH? - Tidak sedikit lho orang yang salah paham tentang lulusan SMA atau sederajat dan kesempatan studi lanjutnya. Penulis sendiri banyak menemukan masyarakat masih perlu dibuka mind set nya agar menjadi lebih terarah dan tidak terjai miskonsepsi secara berkelanjutan, mereka bilang kalo lulusan SMA itu cocoknya kuliah di Universitas, sedangkan untuk lulusan SMK cocoknya kuliah di Politeknik atau institut atau malah bahakn tidak perlu kuliah karena lulusan SMK sudah dibekali dengan keterampialn bekerja. Apakah benar demikian? Apakah mereka yang lulusan SMK ketika masuk Universitas menjadi lebih tertinggal daripada mereka yang lulusan SMA? Atau jangan-jangan mereka berdua sama-sama tertinggal dan diungguli oleh mereka yang lulusan MA? Inilah yang akan kita bahas pada artikel kali ini, tentang siapa yang lebih unggul dibangku kuliah.

Langsung saja penulis sampaikan bahwa yang paling unggul adalah mereka yang paling serius menjalani studinya. Yups, ini adalah syarat wajib. Darimana pun asalnya, jika mereka serius dalam menjalani studi pasti akan berhasil. Rekan penulis tidak sedikit yang membuktikannya. Dia adalah lulusan SMA jurusan IPA, tapi pada saat kuliah S1 dia ngambil program studi pendidikan ekonomi, nggak nyambung kan? Tapi dia bisa lulus 3,5 tahun saat teman-teman yang dari jurusan IPS lulusnya 4,5 tahun. Mengapa dia bisa lulus secepat itu, dan IPK-nya pun Cumlaude loh, diatas 3,5. Karena dia serius dalam menjalani studi. Ada juga rekan penulis dari Jember yang lulusan SMK jurusan otomotif, tapi kuliahnya dia ngambil apa? Dia kuliah ngambil program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Hahaha.. melenceng jauh, dan dia memerlukan waktu sekitar 4,5 tahun untuk lulus S1. Penulis tahu betul bahwa dia saat kuliah emang nggak serius, dia kuliah atas tuntutan dari orang tuanya. Jadi dari sini dapat kita sepakati ya bahwa mereka yang unggul adalah mereka yang seius, kemudian bagaimana dengan kesempatan masuk perguruan tinggi idaman? Bolehkan anak lulusan SMK masuk ke universitas? Boleh saja, siapa yang melarang, misal ada anak lulusan SMK jurusan otomotif atau teknik bangunan, terus dia pengen mengembangkan kemampuannya agar lebih expert untuk menunjang karirya di masa depan, kemana lagi dia pergi kalo gak kuliah? Dan kuliah pun gak dibatasi harus ke Politeknik kok, mentang-mentang politeknik adalah institusi pendidikan vokasi tidak lantas lulusan pendidikan vokas masuk kesana, inversitas banyak yang membuka program S1 untuk bidang teknik, selain banyak diisi oleh siswa lulusan SMK, fakultas atau bidang teknik juga banyak diisi oleh mereka yang lulusan SMA baik IPA maupun IPS.

Oleh sebab itu, gak perlu mempedulikan latar belakangmu, yang perlu kamu pedulikan adalah passionmu, kalau passionmu cocok sama kampusmu, pasti keseriusanmu akan meningkat pula, which is akan berdampak pulan pada prestasimu di kampus. Sekian dulu ya, selamat kuliah dan semoga berhasil..
Share This Article :
5437595235581986538