MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Pendengaran Baik Tanpa ke Dokter

Pendengaran Baik Tanpa ke Dokter - Panca indra yang dimiliki manusia ada lima. Pendengaran, peraba, penciuman, penglihatan, dan perasa. Lima panca indra ini perlu dijaga dengan baik. Telinga sebagai alat pendengaran, hidung untuk penciuman, mata untuk penglihatan, lidah sebagai perasa, dan kulit untuk peraba.

Telinga sebagai satu-satunya alat pendengaran manusia perlu dibersihkan setiap saat agar tak menghalangi kinerjanya dalam mendengarkan. Banyak orang yang kurang peduli dengan kesehatan dan kebersihan telinga karna kesibukan mereka. Padahal jika tidak sering dibersihkan, kotoran telinga akan menumpuk dan pastinya akan mengganggu pendengaran kita dalam berkegiatan segari-hari.

Mungkin bagi beberapa orang yang mudah membersihkan telinga karna kotoran telinga cukup lunak, tidak menjadi kekhawatiran yang serius. Tapi, tak sedikit orang yang di dalam telinganya ada kotoran yang keras. Kotoran telinga yang keras ini sulit dibersihkan sendiri dengan menggunakan cotton bud. Kita memerlukan orang lain untuk membantu membersihkan, karena kotoran keras yang menempel pada dinding telinga ini biasanya sakit untuk diambil. Tapi jika tidak sering dibersihkan, kotoran keras ini akan menumpuk dan membuat ketajaman kita dalam mendengarkan berkurang. Hal ini pasti ernah dirasakan sebagian orang yang memiliki kotoran keras.

Berbagai cara untuk membersihkan kotoran telinga yang keras ini bisa kalian lakukan. Cara modern atau tradisional menjadi pilihan. Banyak orang yang langsung dating ke dokter spesialis THT karna sudah terpercaya. Tetapi, orang modern sekarang cukup sibuk untuk sekadar antri di ruang tunggu pasien. Nah, cara tradional yang sederhana ini bisa kalian lakukan. Mudah saja. Siapkan nasi panas yang baru matang, tak perlu banyak-banyak. Kemudian gulung dengan daun pisang yang sudah disiapkan sebelumnya. Lalu, minta tolong orang lain untuk perlahan meniupkan lubang disisi lain kearah lubang telinga. Uap yang berasal dari nasi akan masuk ke dalam telinga dan membuat kotoran yang tadinya keras menjadi lunak.

Lakukan kebiasaan ini setiap pagi, rutin sebelum kalian melakukan aktivitas yang lain. Dalam waktu sekitar seminggu, kotoran telinga akan lebih lunak dan mudah dibersihkan. Cara ini bisa dilakukan mulai dari balita hingga orang dewasa. Selamat mencoba!

Share This Article :
5437595235581986538