MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

PENGARUH REWARD TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA

PENGARUH REWARD TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SISWA - Guru dan siswa merupakan komponen utama dalam proses pembelajaran. Namun dalam kurikulum yang baru guru hanya berperan sebagai fasilitator. Siswalah yang dituntut untuk selalu aktif di kelas. Berbeda dengan kurikulum lama yaitu guru lebih dominan di kelas sedangkan siswa hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru.

Pertanyaannya adalah bagaimana membuat siswa menjadi aktif? Bagaimana menumbuhkan semangat belajar siswa? Selain mengemas pembelajaran dengan cara yang menyenangkan, menerapkan metode pembelajaran yang variatif, dan menggunakan pendekatan yang sesuai, pemberian reward ketika siswa sudah mencapai indikator yang diharapkan juga merupakan cara yang cukup bagus.

Reward atau penghargaan bukan hanya berupa hadiah misalnya makanan, barang, atau uang. Akan tetapi reward juga bisa berupa pujian, selain itu guru juga bisa memberikan bintang ataupun simbol yang lain sebagai bentuk pencapaian prestasi siswa. Ketika siswa mengerjakan project nya dengan tepat waktu, ketika siswa dapat melakukan presentasi dengan baik, atau siswa yang mendapatkan nilai tertinggi bisa mendapatkan bintang untuk ditempelkan pada papan bintang kelas.
Menurut pengalaman penulis yang juga pernah menjadi tenaga pengajar, cara ini dinilai cukup efektif untuk meningkatkan semangat bersaing siswa dalam hal prestasi. Jika salah satu siswa mendapatkan bintang maka siswa yang lain akan termotivasi, dalam hati mereka berkata “ si A saja bisa dapat bintang, kenapa aku tidak bisa? Oke sekarang aku akan rajin belajar supaya bisa mendapatkan reward dan menjadi bintang kelas”. Semakin banyak siswa yang mendapatkan bintang maka semangat siswa untuk belajar juga semakin meningkat.

Semangat belajar siswa juga sangat mempengaruhi prestasi. Jika prestasi belajar siswa sudah dinilai cukup baik maka tujuan pembelajaran yang diharapkan bisa tercapai. Untuk calon guru dan para guru di seluruh pelosok negeri bisa memanfaatkan reward dalam bentuk ini, tidak memerlukan banyak waktu dan biaya akan tetapi guru juga harus adil dalam menilai setiap pencapaian yang diperoleh siswa nya tidak boleh diskriminasi atau hanya condong kepada salah satu atau beberapa siswa. Karena setiap siswa memiliki hak yang sama untuk berprestasi. Semoga bermanfaat…
Share This Article :
5437595235581986538