MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

11 Tips Menyelesaikan Skripsi Kurang Dari 6 Bulan

11 Tips Menyelesaikan Skripsi Kurang Dari 6 Bulan - Hello guys, para pejuang toga…skripsi apa kabar? Sudah kelar? Kapan sidang? Kapan wisuda? Kapan nikah? Nah lo… horor kan pertanyaannya. Disini penulis punya tips jitu buat kalian yang mau menyelesaikan skripsi tepat satu semester atau kurang dari 6 bulan.

1. Pilih judul atau topik penelitian yang umum dan mudah dipahami jangan terlalu ketinggian.

Judul skripsi tak perlu layaknya profesor guys, menemukan ini itu dengan segala kerumitannya. Sebagus apapun skripsimu toh waktu sidang tetap akan ada yang salah di mata dosen penguji dan ini realita guys. Karena skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai tepat pada waktunya. So…jangan mempersulit diri sendiri guys yang penting sudah belajar bagaimana membuat karya tulis ilmiah.

2. Jalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing

Masalah yang paling kompleks dalam penulisan skripsi adalah dosen pembimbing yang ribet. Jadi cobalah untuk dekat dengan dosen pembimbing dengan segala pendekatan. Intinya kalian harus paham bagaimana karakteristiknya. Jangan hanya mencari beliau saat butuh bimbingan atau tanda tangan saja. Sesekali boleh lah basa basi chat menanyakan kabar atau sekedar mampir kerumah dosen sambil bawa buah haha. Bukan bermaksud menyuap ya guys tapi cara ini cukup populer dan ampuh dikalangan pejuang toga.

3. Perbanyak referensi buku, apalagi jika buku tersebut adalah tulisan dosen pembimbing dijamin lancar jaya mantab jiwa!!!

Meskipun kalian malas membaca guys tidak ada salahnya loh punya banyak buku referensi. Ketika sewaktu-waktu butuh sumber informasi kalian bisa langsung buka bukunya dan tentu saja lebih menghemat waktu daripada harus ribet cari buku lagi. Sama saja itu menunda kelulusan kalian guys. Poin plus nya jika buku referensi yang kalian gunakan adalah tulisan dosen pembimbing itu sendiri.. Oh My Goodness!!! Dosen tidak akan mempersulit kalian, karena beliau sudah tau betul isi dari bukunya dan meningkatkan rasa percaya terhadap mahasiswanya.

4. Kerjakan skripsi ditempat yang kondusif, dalam artian nyaman dalam versi masing-masing

Karakteristik setiap orang berbeda-beda termasuk tempat yang nyaman bagi sebagian orang untuk mengerjakan skripsi. Skripsi bisa dikerjakan di kamar, di perpustakaan, di kampus, di cafe atau warung kopi dengan fasilitas wifi gratis bisa menjadi pilihan yang okeeeee banget guys. Jaman sekarang sudah banyak toko atau swalayan yang menyediakan tempat duduk nyaman, colokan untuk charger, wifi, dan kopi instan yang murah meriah. Betapa beruntungnya mahasiswa jaman sekarang.
5. Pilih teman atau lingkungan yang mendukung kelulusanmu

Kita boleh berteman dengan siapa aja, tapi alangkah baiknya jika untuk sebentar saja (masa penulisan skripsi) cobalah untuk berada dilingkungan mahasiswa yang memang punya semangat segera lulus, sehingga kalian punya teman senasib seperjuangan saling mendukung dan membantu demi terselesaikannya skripsi tersebut.

6. Kurangi kegiatan ngetrip dan nongkrong

Sadar ngga kalau sekarang kita  berada di jaman my trip my adventure. Dengan adanya sosial media kita jadi update tempat wisata dan spot foto yang keren dan akhirnya kegiatan ngetrip menjadi hobi yang dapat menunda skripsi. Bahaya banget kan guys, demi predikat anak hits kalian rela jadi mahasiswa tua dengan banyak adik tingkat..hahaa. dari pada ngetrip keluar kota, banyak biaya, buang waktu sia-sia yuk segera selesaikan dulu skripsinya. Setelah lulus kalian bisa ngetrip sepuasnya mau umrah juga boleh kok guys.

7. Minta do’a dari orang tua

Meski tanpa diminta secara otomatis orang tua pasti mendo’akan anaknya untuk segera lulus, tapi tidak ada salahnya kan guys sering-sering telfon bagi anak rantau untuk meminta do’a dari orang tua. Ampuh banget guys yakinlah..

8. Rajin lah bimbingan walau itu terpaksa wahai para pejuang toga

Kasus yang paling sering terjadi adalah malasnya mahasiswa untuk bimbingan dengan berbagai alasan. Kalau bimbingan saja sudah malas bagaimana mau lulus? Padahal inti dari skripsi adalah bimbingan yang mempertemukan mahasiswa dengan dosen pembimbingnya demi mendapatkan ACC. Walaupun terkadang dosen sulit ditemui bersabarlah dan tetaplah semangat atasi kendala ini dengan semangat untuk wisuda. Yukk guys mulai catat jadwal bimbinganmu dan buat janji dengan dosenmu!

9. Jaga kondisi badan, istirahat cukup dan makan makanan sehat dengan teratur

Memperjuangkan skripsi butuh fisik dan mental yang kuat. Jangan sampai karena terlalu bersemangat akhirnya kalian tumbang. Kebiasaan mahasiswa jaman sekarang adalah mengerjakan skripsi sampai larut malam padahal itu tidak benar. Istirahatlah pada waktunya jangan memforsir otak kalian guys. Makan harus sehat dan teratur, serta sempatkan waktu untuk olahraga. Karena sakit juga bisa menunda kalian wisuda guys dan berarti menunda pernikahan juga haha. Jangan lupa hidup sehat ya!

10. Berdo’alah dekatkan diri kepada Tuhan YME

Ini adalah pamungkasnya guys, berdo’alah! Perbanyak ibadah agar penyusunan skripsi kalian selalu diberi kemudahan.

11. Seringlah hadir di acara wisuda dan pernikahan untuk meningkatkan motivasi dan kebaperan

Apabila ada teman kalian yang sedang wisuda atau sedang melangsungkan pernikahan usahakan untuk hadir sekedar memberikan ucapan selamat, penulis yakin jika didalam hati kecil kalian pasti juga ingin segera di wisuda atau ingin berada di pelaminan seperti mereka. Hal ini cukup menjadi motivasi untuk segera lulus.
Share This Article :
5437595235581986538