MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

5 Manfaat Larutan Air Garam Untuk Kesehatan

5 Manfaat Larutan Air Garam Untuk Kesehatan - Kita tentu tidak asing dengan garam, karena garam merupakan salah satu bumbu makanan yang wajib berada di setiap makanan sebagai penyedap rasa. Indonesia sendiri merupakan salah satu penghasil garam, walaupun bukan penghasil garam terbesar di dunia. Tapi sejumlah daerah di Indonesia merupakan sentra garam. Sebut saja pulau Madura, berdasarkan data yang dihimpun portalmadura.com, produksi garam di Madura sendiri pada tahun 2019 saja 607.305 Ton.

Tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang garam sebagai bumbu makanan, tahukah Anda jika masyarakat Indonesia terutama yang menjadi petani garam telah memanfaatkan larutan garam yaitu air yang dicampur dengan garam untuk memulihkan kondisi tubuh dan berbagai macam khasiat kesehatan lainnya.



Apa saja manfaat larutan garam untuk kesehatan?, berikut ini kami sampaikan untuk Anda manfaatnya:

1. Mengobati sakit tenggorokan
Larutan garam atau air garam ternyata ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan yang disebabkan pilek atau flu. Baik untuk mereka yang mengalami gejala ringan ataupun gejala berat. Disarankan minum air garam hangat secara rutin agar sakit tenggorokan yang disebabkan efek pilek atau flu bisa sembuh dengan sempurna.

2. Meringankan efek sinus atau infeksi pernafasan
Larutan air garam telah terbukti dapat mengurangi tingkat infeksi virus maupun bakteri yang menyerang saluran pernafasan. Seperti pilek flu radang tenggorokan dan berbagai macam infeksi virus yang menular melalui air liur seperti ti epstein-barr atau mononukleosis. Sebuah studi kesehatan pada tahun 2013 lalu, tentang metode pencegahan flu non medis menemukan efektivitas obat kumur dari larutan air garam jauh lebih baik dibandingkan menggunakan vaksin flu. Jadi jangan remehkan kemampuan pengobatan air garam walaupun tampak sederhana.

3. Mengobati alergi
Banyak orang yang mengalami alergi tertentu dan menyebabkan terjadinya radang tenggorokan seperti alergi serbuk sari alergi bulu anjing dan kucing. Ternyata air garam dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi gejala sakit tenggorokan tidak nyaman yang disebabkan reaksi alergi tersebut.

4. Bermanfaat untuk kesehatan gigi
Air garam atau larutan air garam terbukti ampuh untuk menghalau bakteri. Sehingga banyak ahli kesehatan gigi merekomendasikan larutan garam sebagai obat kumur. Selain itu larutan garam ternyata mampu mencegah terjadinya radang gusi, gigi berlubang, dan periodontitis. Hal ini sesuai dengan sebuah studi yang dilakukan pada 2010 di India, gimana penggunaan obat kumur larutan garam setiap hari membantu menurunkan an-naml ah bakteri berbahaya di dalam air liur. Bahkan bagi Anda yang mengalami sakit gigi dan mengalami nyeri yang sangat luar biasa, disarankan untuk berkumur dengan larutan garam.

5. Bermanfaat mengobati sariawan
Sariawan atau juga yang dikenal sebagai bisul mulut ternyata dapat diatasi dengan berkumur larutan air garam. Berkumur dengan larutan air garam bagi Anda yang yang sedang mengalami sariawan bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak yang disebabkan oleh bakteri yang terdapat dalam air liur atau mulut.

Walaupun terkesan sepele dan sangat mudah membuat larutan air garam kadangkala kita tidak sadar manfaatnya. Semoga dengan informasi ini anda dapat bunga melati permasalahan kesehatan yang sedang anda alami.
Share This Article :
5437595235581986538