MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Mengapa Siswa Suka Bolos Saat Jam Pelajaran?

Mengapa Siswa Suka Bolos Saat Jam Pelajaran? - Kata bolos memang sudah tak asing lagi dikalangan masyarakat terutama untuk pelajar. Hal pertama yang terbesit dibenak ketika mendengar kata tersebut adalah negatif, buruk, jelek, dan pastinya melanggar peraturan. Ya pastinya bolos sekolah merupakan perilaku yang tidak patut dilakukan, entah pihak sekolah ataupun orang tua tidak menginginkan adanya pelanggaran tersebut.

Terlepas dari larangan untuk membolos, dikalangan sebagian pelajar menengah pertama dan menengah atas membolos merupakan hal yang cukup sering dilakukan karena mereka dapat terbebas dari sekolah dan tugas-tugas yang banyak namun tetap mendapatkan uang saku dari orang tua. Ada sebagian siswa yang membolos atau absen selama satu hari dengan berbagai alasan, ada juga siswa yang membolos hanya untuk jam pelajaran tertentu.

Kali ini penulis akan fokus membahas siswa yang membolos pada saat jam pelajaran tertentu. Why? Karena hal ini cukup menarik untuk dibahas, penulis yang dulunya termasuk dalam kategori siswa pendiam dan patuh bukan berarti tidak pernah bolos pada saat jam pelajaran loh ya..hahaha. Apakah pernah? Pernah dong, dan jangan pernah ditiru!. Umumnya siswa membolos dengan alasan malas ikut pelajaran dikarenakan bosan dengan materinya. Terutama pada mata pelajaran matematika, sejarah, dan Pkn kelas mendadak menjadi sepi karena ada sebagian siswa yang memilih untuk tetap berada di kantin atau tidur di UKS.

Faktor lain yang membuat siswa membolos adalah atmosfer kelas yang kurang menyenangkan saat jam pelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan padahal dalam satu hari siswa belajar di sekolah setidaknya selama 6 jam. Bosan? Jelas bosan, kelas di dominasi oleh guru sedangkan siswa hanya menerima apa yang guru sampaikan. Alasan yang paling sering di dengar adalah “gurunya killer jadi malas mau ikut pelajaran”. Padahal killer atau tidaknya guru juga tergantung oleh siswa itu sendiri loh hehe. Akan tetapi tetap saja bolos pada saat jam pelajaran bukan merupakan solusi di sela kebosanan. Beberapa sekolah sudah sangat memperhatikan fenomena ini, mulai dari dibentuknya tim tata tertib kelas dan sekolah, absen di setiap jam pelajaran, serta adanya hukuman yang cukup berat bagi pelanggarnya. Adanya konseling dari wali kelas dan guru BK juga bisa membantu mengurangi siswa yang bolos.

Kembali ke pembelajaran yang membosankan, perlu adanya kerjasama dari guru dan siswa. Yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran. Jadi jangan pernah mencoba untuk bolos yaa..! karena masa sekolah adalah masa yang paling indah gaes...
Share This Article :
5437595235581986538