Pusing Dengan Word Order In English? Yuk, Belajar Bareng!

Pusing Dengan Word Order In English? Yuk, Belajar Bareng!

Word order in English adalah salah satu aturan yang perlu kamu pahami ketika membuat sebuah kalimat. Sebagaimana bahasa Indonesia yang memiliki aturan ketika membuat kalimat, maka bahasa Inggrispun demikian.

Word order In English jika diartikan adalah susunan kata. Nah, susunan pembuatan kata inilah yang sangat penting untuk kamu pelajari supaya tidak ada kesalahan yang signifikan ketika merangkai sebuah kalimat dalam bahasa Inggris nantinya. Mau tahu bagaimana cara menyusun word order yang benar?

Cara Menyusun Word Order In English

1. Kalimat Positif

Word Order dalam bahasa Inggris penting, karena dapat mengubah makna atau kelancaran sebuah kalimat. Pada dasarnya, word order mengikuti pola SVO.

Kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris berpegang pada tatanan umum standar, yang secara sederhana dijelaskan sebagai:
  • Subject : pelaku dari kata kerja
  • Verb : tindakan, peristiwa atau keadaan
  • Object : apa yang dilakukan kata kerja
Contoh : I drink juice
“I” pada kalimat di atas menjadi subject, “drink” menjadi verb dan “juice” menjadi objek

Untuk kalimat dengan informasi lebih, maka informasi tambahan dapat dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih spesifik, termasuk objek tidak langsung, objek langsung, tempat/lokasi dan waktu.

Namun, tidak semua semua kalimat membutuhkan keterangan lebih lanjut. Sebuah kalimat dasar dalam bahasa Inggris setidaknya harus memiliki subjek dan kata kerja, meskipun terkadang subjek juga tidak diperlukan.

2. Kalimat Negatif

Word order dalam bahasa Inggris sendiri juga sama, terdiri dari SVO. Kalimat negatif bahasa Inggris mengikuti word order yang sama dengan kalimat positif. Perbedaan utamanya adalah membuat kata kerja menjadi negatif dengan meletakkan auxiliary verb dan 'not' di depan verb.

Aturannya adalah meniadakan kata kerja dan itulah cara untuk membuat kalimat menjadi negatif. Nah, supaya kamu tidak bingung, mari gunakan contoh kalimat yakni : I drink juice.

Jika dibuat menjadi negatif, maka kalimat akan menjadi “ I do not drink juice”. Kata “I” merupakan subject, “do” auxiliary verb yang harus disusun dengan “not” dan “drink” sebagai verb dan “juice” tetaplah menjadi object.

Sampai di sini apakah kamu paham atau masih pusing mengenai word order in English? Kalau masih pusing, yuk ikut kursus saja di EF ENGLISH CENTERS!

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama