MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Jadi Sarjana Itu Ditempuh 4 Tahun kan?

Jadi Sarjana Itu Ditempuh 4 Tahun kan? - Sewaktu masih di bangku SMA banyak opini yang beranggapan bahwa kuliah itu cukup ditempuh dalam kurun waktu 4 tahun saja. Di masa putih abu-abu juga para siswa memandang kuliah itu santai, atau setidaknya tidak serumit ketika di bangku sekolah. Pertanyaannya, apakah pendapat-pendapat seperti ini benar adanya? Atau malah justru sebaliknya? Mari kita telisik lebih jauh.

Memang waktu 4 tahun merupakan waktu normal untuk menyelesaikan studi strata 1, namun pada kenyataannya tidak sedikit para mahasiswa yang lulus melebihi waktu standar yang telah ditentukan. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak menutup kemungkinan untuk lulus diatas 4 tahun dan itu merupakan hal yang sangat wajar. Namun apa saja alasan para mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikannya secara tepat waktu? Berikut beberapa alasannya:

1. Tidak maksimalnya SKS yang diambil, SKS adalah kepanjangan dari Satuan Kredit Semester. Jika seorang Mahasiswa tidak mendapatkan IP/nilai cukup di akhir semester, maka itu sangat menentukan batasan jumlah mata kuliah yang akan diambil di semester berikutnya. Jadi semakin baik nilai, semakin banyak SKS yang dapat diambil tentunya itu mempercepat kelulusan.

2. Sedang asyik berorganisasi, mahasiswa yang sangat addict dalam berorganisasi akan lebih banyak meluangkan waktunya untuk organisasinya semisal UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa. Jadi dapat dikata abai dalam perkuliahannya karena waktunya tersita untuk mengembangkan organisasi sekalipun di semester akhir.

3. Bekerja paruh waktu, tidak sedikit mahasiswa yang menggunakan waktu luangnya untuk menambah pundi-pundi pemasukannya. Ada yang menjadi guru les, penjaga toko, penjaga kafe dll. Ketika seorang mahasiswa tidak dapat membagi waktu dengan baik, maka dapat mengancam kelancaran perkuliahannya. Karena sebagian mahasiswa ada yang berfikir bahwa mencari uang lebih mengasyikkan sehingga sampai lupa kewajiban utamanya yakni belajar.

Beberapa alasan diatas sedikit banyak menggambarkan kemungkinan-kemungkinan yang biasanya terjadi di bangku perkuliahan. Bagi mahasiswa yang baik seyogyanya bisa memperhitungkan, membagi kesibukannya agar perkuliahannya tidak terganggu. Karena terlalu lama terkungkung di kampus juga tidak baik, masih banyak hal-hal baru yang bisa didapat setelah kelulusan. Semoga bermanfaat.
Share This Article :
5437595235581986538