MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Tips dan Cara Belajar Efektif di Sekolah

Tips dan Cara Belajar Efektif di Sekolah - Sekolah adalah tempat belajar yang menyenangkan, karena ada banyak teman, dan juga mungkin pengajar yang ramah dan sabar. Namun apa jadinya jika disekolah memiliki teman yang super duper usil, plus guru yang sangat tegas, bagaimana bisa belajar dengan efektif?

Yang perlu diketahui adalah walaupun lingkungan mempengaruhi pola belajar, tapi ingatlah bahwasanya guru baik adalah guru yang tegas dan disiplin tinggi. Apa jadinya bila guru tidak tegas dan disiplin, justru kitalah yang akan menjadi murid yang memiliki karakter biasa saja. Jadi, bersyukurlah bila memiliki guru yang tegas!!

Berbeda lagi dengan teman disekolah, yang menjadi pengaruh paling signifikan akan belajar kita. Apalagi jika ada teman yang suka usil dan jahil? Suka nyontek, suka marah? Arrrrrrrghh.

Jangan khawatir, dibawah ini ada beberapa cara belajar efektif disekolah yang bisa diterapkan:

Memilih tempat duduk paling depan
Berlomba-lombalah mencari tempat duduk paling depan, hanya orang bodoh yang tak berani duduk didepan. Kecuali memang kursinya sudah terisi, jika bisa duduklah disamping pengajar. Hehe
Mengapa harus mengambil posisi didepan? Pasti sudah tau kan alasannya? Selain lebih fokus mendengar dan melihat penjelasan pengajar juga lebih disiplin. Bayangkan saja bila duduk dibelakang, yang ada justru malas, ditambah teman kanan kirinya memiliki tingkat kemalasan yang lebih tinggi. Pokoknya, harus posisi paling depan!!

PDKT ke Pengajar
PDKT disini adalah sering pendekatan pada guru untuk meminta bantuan bila masih ada kesulitan dengan apa yang diajarkan oleh guru tersebut. Jangan takut dan jangan pula sungkan, dengan mendekati guru pasti juga akan mendapatkan nilai plus nantinya.

Disiplin Waktu
Lagi-lagi harus disiplin waktu ya? Disiplin jangan sampai telat datang dan masuk ke kelas. Tidak hanya disekolah, dirumah pun harus demikian? Hendaklah mempersiapkan betul alat dan buku tulis untuk pelajaran hari ini. Perlengkapan membantu dalam proses belajar, coba lihat bagi alat tulisnya atau bukunya yang tak lengkap, dijamin akan gelisah dan gagal fokus.

Berteman dengan yang teman yang baik
Teman yang baik pasti dia adalah teman yang pintar, kenapa begitu? Karena teman yang baik selalu memberikan nasihat yang baik, dan juga mengarahkan pada kebaikan. Dengan memiliki teman yang baik dan semangat dalam belajar, kita akan merasa bertambah energinya untuk belajar lebih giat disekolah.

Mudah dan gampang bukan cara agar belajar disekolah jadi efektif? Yang terpenting lagi, mulailah dari diri sendiri, jangan menunda untuk berubah, dan tetap jaga semangat!!!
Share This Article :
5437595235581986538