MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Keikutsertaan Dalam Organisasi Di Kampus, Perlukah?

Keikutsertaan Dalam Organisasi Di Kampus, Perlukah? - Menurut kalian perlu atau tidak sih ikut dalam anggota organisasi di kampus? Sedangkan tugas utama dari mahasiswa adalah bertanggung jawab dengan studinya, yaitu belajar dan fokus kuliah , lulus dengan hasil yang memuaskan. Dengan fokus terhadap tujun utama itu saja sudah cukup membuat kalian pusing tujuh keliling. Kuliah setiap hari, apalagi jika menempuh 24 SKS pasti jadwal kuliah kalian akan padat. Tugas-tugas dari dosen yang cukup berat, praktikum, dan belum lagi kalau sudah magang dan memulai penyusunan tugas akhir. Ribet guys, pakek banget !!

Lantas bagaimana dengan organisasi kampus? Tujuan dari adanya organisasi kampus adalah untuk mengembangkan potensi mahasiswa diluar bidang akademik. Misalnya mengembangkan jiwa kepemimpinan, mengembangkan kemampuan publik speaking, dan untuk meningkatkan rasa percaya diri dari mahasiswa itu sendiri. Wawasan mahasiswa juga menjadi semakin luas karena mereka bisa bertemu dengan orang-orang dari banyak kalangan, seperti pejabat tinggi kampus, mahasiswa dari kampus lain, dan mungkin pihak sponsor jika akan mengadakan event.

Sangat bagus bukan? Manfaat dari organisasi. Seseorang bisa dikatakan sukses dalam masyarakat apabila mereka bisa menyeimbangkan antara kemampuan intelektual dan kemampuan sosial. Nah kemampuan intelektual dapat diperoleh dari kegiatan akademik di kampus sedangkan kemampuan sosial dalam artian memiliki kemapuan interaksi, sosialisasi, dan komunikasi yang baik dengan orang-orang disekitarnya dapat dilatih melalui organisasi kampus.

Sebelum kalian memutuskan untuk bergabung dengan organisasi di kampus kalian alangkah baiknya jika kalian sudah memahami karakter, bakat, dan minat dari dalam diri kalian. Kenapa karakter? Dengan memahaminya kalian akan tahu, apakah nantinya kalian bisa bertanggung jawab mengemban tugas yang dibebankan kepada kalian. Yang pastinya tanggung jawab sesuai bidang yang diamanatkan, dan tanggung jawab sebagai mahasiswa yang notabene memiliki tugas untuk belajar terkait dengan kegiatan perkuliahan. Selanjutnya adalah bakat, di kampus kalian bebas memilih organisasi mana saja yang akan kalian ikuti, namun lebih baik jika disesuaikan dengan kemampuan yang kalian miliki agar nantinya lebih mudah dalam menjalankan tugas sehingga tidak berada dalam tekanan ataupun paksaan. Yang terakhir adalah minat, meskipun kalian merasa mampu untuk menjadi anggota organisasi tersebut namun kalian kurang tertarik atau tidak menginginkan berada disana jangan sesekali untuk nekat. Karena nanti kalian tidak akan maksimal dalam bekerja dan pada akhirnya mempengaruhi kinerja dari organisasi itu sendiri. Bergabunglah dengan organisasi yang memang kalian inginkan.

Kesimpulannya menurut penulis keikutsertaan dalam organisasi itu perlu, karena dapat melatih jiwa kepemimpinan, tanggung jawab, serta kemampuan sosial mahasiswa sebagai bekal dimasyarakat nantinya namun tanpa mengganggu kegiatan perkuliahan.
Share This Article :
5437595235581986538