MGJaMaF4MGRaMGF5NGp5MqFaLSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

3 CARA JITU MENAKLUKKAN SISWA DI KELAS

3 CARA JITU MENAKLUKKAN SISWA DI KELAS - Keberhasilan dalam mengajar di kelas merupakan harapan dan impian setiap guru. Namun tidak sedikit guru yang gagal dalam mencapai keberhasilan itu lantaran kondisi siswa yang bandel dan guru tidak bisa menaklukkannya. 

Nah, bagaimana cara mengatasi hal ini? perlu diketahui bahwa siswa yang bandel dan cenderung rame di kelas disebabkan karena pembelajaran guru tidak menarik, bagaimana supaya guru bisa melaksanakan pembelajaran yang menarik? Terapkanlah pembelajaran yang berbeda dari biasanya atau berbeda dari pembelajaran pada umumnya. Nah, pembelajaran yang berbeda inilah yang kemudian disebut unik atau bahkan aneh. 

Berikut akan penulis paparkan model pembelajaran yang aneh tapi efektif untuk mengikat perhatian siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. 

Mengajar biologi sambil telanjang

Gaya mengajar guru ini tidak wajar untuk mengajarkan biologi materi anatomi tubuh manusia, jika pada umumnya guru mengaja menggunakan media gambar dan media power point atau video, maka guru ini tidak demikian, dia telanjang dan menggunakan tubuhnya sendiri sebagai media pembalajaran. Namun guru ini tidak benar-benar telanjang, dia mengenakan spandex yang sudah bergambar organ dalam tubuh manusia, kemudian mengajarkan dengan metode direct instruction / instruksi langsung.

Mengajar agama islam dengan injil

Mengajarkan agama memang sudah sewajarnya menggunakan kitab suci dari agama yang diajarkan tersebut. Namun hal ini tidak dijalankan oleh salah satu guru SMA di Jember. Rekan penulis adalah salah satu siswanya yang pernah menerima pelajaran agama islam namun diajarkan dengan menggunakan injil sebagai media pembelajarannya, baik perjanjian lama maupun perjanjian baru. Jika ketahui oleh orang awam mungkin hal ini dikatakan tabu dan keliru, tapi tunggu dulu. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan kepada siswanya tentang perkembangan agama dan perkembangan kitab suci menuju kesempurnan. Dengan berbekal ilmu teologi yang cukup, pembelajaran oleh guru dijamin tidak akan meleset dari target dan akidah agam islam.

Melakukan aksi sulap

Perlu ditegaskan lagi bahwa untuk melaksnakan pembelajaran yang efektif adalah diperlukan suatu gaya mengajar yang dapat menjaring dan mengikat antusiasme siswa. Untuk itu sah-sah saja jika mau menggunakan sulap, mengingat sulap adalah hal yang sangat jarang ditemui siswa, apalagi di kelas. Kebetulan tahun 2016 adalah tahun dimana penulis mulai mengajar di sekolah, kebetulan juga kelas yang menjadi tanggungjawab penulis adalah kelas dengan tipe siswa ekstrovet, maka penulis menggunakan sulap untuk mengambil kendali di kelas itu, seperti; membekukan air dalam botol tanpa freezer (untuk mengajarkan IPA), membuat benda mengapung-tenggelam dalam botol plastik (untuk mengajarkan IPA, konsep tekanan dan cara kerja kapal selam).

Tiga poin di atas hanyalah sekedar tiket masuk, adapun pengembangannya dapat disesuaikan dengan kondisi, tipe siswa, kemapuan guru, dan media pembelajaran yang ada di sekolah. Prinsip pentingnya adalah, “pembelajaran akan efektif jika siswa antusias, dan siswa akan antusias jika dia melihat apa yang tidak  biasa dia lihat”, maka sebagai pengajar guru harus inovatif-kreatif.

Demikian tadi sedikit pembelajaran jitu untuk menaklukkan siswa, semoga bermanfaat dan memberikan solusi atas masalah pengajaran di kelas.
Share This Article :
5437595235581986538